MotoGP 2013 Silverstone Inggris (Jelang); Harusnya Cerita Rossi-Lorenzo, Sirkuit Kilat..!

 

ManiakMotor – Yuk tengok sirkuit Silverstone yang jadi tempat seri 12 MotoGP 2013. Nggak perlu ke Inggris, baca saja di sini. Disebut-sebut sirkuit cepat. Ada 18 hambatan atau tikungan sepanjang 5.900 meter rata-rata kecepatan dalam 1 lap adalah 174 km/jam. Ingat, itu waktu rata-rata yang sudah diakumulasi dari tikungan sampai trek lurusnya. Sirkuit Brno kemarin 166 km/jam. Ini hanya salah satu indikasi trek cepat. Masih ada parameter lain.

Sirkuit Mugello dan Assen yang bisa menandingi sirkuit ini dalam kecepatan rata-ratanya. Dua sirkuit itu pula Jorge Lorenzo da Valentino Rossi jaya di jok Yamaha M1. Seperti itu pula pernyataan bos Yamaha dan Honda soal pembagian kekuasaan saat evaluasi paruh musim 2013. Suaranya sama. Di bebera sirkuit unggul, di beberapa lainnya kalah. Salah satunya Silverstone yang di atas kertas milik Yamaha. Itu kalau bicara data 11 ronde yang lalu.

Itu di atas kertas, di atas aspal beda cerita. Namanya teknologi MotoGP setiap detik selalu berubah. Ya, bisa berubah kencang dan bisa pula jadi pelan, tergantung settingan saat menuju lomba. Masih ingat kan pernyataan Valentino Rossi dari Indy dan Brno yang katanya coba jurus baru, tapi tidak ideal di dua sirkuit itu, artinya Rossi saat itu berjudi. “Kami harus mengalisa lagi paket itu,” jelas Rossi.

Flash File http://maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahapromo.swf is not found

Sirkuit cepat juga tidak melulu ditentukan panjang trek lurus. Silverstone trek lurusnya hanya 770 meter, tapi tetap disebut cepat.  Mungkin ini jawabannya, kalee, mudah-mudahan tepat. Dari 18 tikungan sirkuit ini yang 8 ke kiri dan 10 ke kanan dodiminasi tikungan yang betot gas terus. Hanya ada satu tikungan di  R13  yang bikin kusut (pelan). Menuju R14 motor seperti balik arah, tapi nggak balik ke rumah, hehe. Ya cuma itu, selebihnya tancap terus. Tikungannya mengalir, kayak air, memang di R8-9 ada chicane, namun bolak-baliknya berjauhan.

Lebar rata-rata Silverstone usai dimodifikasi pada 2011 dan tahun itu juga digunakan MotoGP,  jadi 17 meter. Lumayan lebar dari spesifikasi sirkuit-sirkuit yang dilewati 11 seri lalu. Cerita lebar, keluar dari tikungan nggak tanggung-tanggu memelintir selong gas. Jadinya cepat, makanya disebut sirkuit cepat.

Yamaha bisa melakukan perlawanan, karena epek dari seamless shift gearbox (SSG) milik Honda akan berkurang di sirkuit cepat. Kan motor sudah meluncur duluan, penggunaan gigi rendah juga jarang. Pindah-pindah di gigi atas bukan hambatan karena motor telah berhasil melaju. Maksudnye, jeda saat pindah gigi nggak banyak ngaruh.

Tetapi itu hanya analisa. Dilihat dari kecepatan Honda saat ini juga bisa melakukan hal sama di sirkuit cepat. Buktinya di sudut-sudut kencang Brno, masih imbang. Juga di Silverstone ini, rekor best pole dan fastest lap atas nama Casey Stoner saat di Honda. Jangan lupa juga, ini kandangnya Cal Crutchlow sejak kanak-kanak. Pastilah di sesi-sesi latihan awal dia akan mengejutkan. Entalah kalau lomba. Ito  

BACA JUGA

MotoGP 2013 Silverstone Inggris (Jelang): Yamaha Serius ‘Balas Dendam Nih..!

MotoGP 2013 Jelang Silverstone Inggris; Pedrosa Menantang Siapa Saja..!

MotoGP 2013 Jelang Silverstone: Marquez Masih Takutkan Lorenzo

MotoGP 2014: Yamaha Sewakan M1 Plus Swingarm dan Sasis

MotoGP 2013: Espargaro, Kakaknya Seharusnya Pengganti Rossi Kemudian

MotoGP 2013: Wildcard Buat Stoner, Masih Dibantah Honda


Written by Administrator