MotoGP Amerika, Understeer The Doctor

ManiakMotor – Understeer..! Kata yang sering diucapkan Valentino Rossi sejak pegang Ducati. Sampai berangkat ke Laguna Seca, Amerika, juga dikaitkan. Understeer momok berhadapan dengan sirkuit teknikal seperti Laguna. Sirkuit yang akan dipakai ronde 10 MotoGP, 29 Juli 2012 itu, butuh motor lincah. Juga sirkuit teknikal lain.

Understeer gejala motor yang malas belok saat diurut atau pun tiba-tiba. Ketika distribusi bobot motor  pindah ke depan akibat pengereman dan deselerasi di mulut  tikungan, bobot malah menekan kinerja sokbreker depan dan akhirnya lurus (out). "Trek Laguna mempunyai benjolan (turun-naik), elevasi perubahan laju dan arah motor sangat tinggi. Tetapi ini jadi indah, jika motornya agresif. Semoga paket perubahan dari latihan di Mugello bermanfaat, terutama menghilangkan  understeer,” kata The Doctor.

Jadi, mau mesin baru atau tidak seperti diributkan media pada Ducati, percuma bila gejala understeer belum bisa diatasi. Para teknisi Ducati tahu persoalan itu. Mereka pasti punya mesin kilat. Tetapi, mesin kencang justru musuh utama understeer, Rossi akan dipaksa mengerem lebih awal dari musuh-musuhnya.

Itu demi menjaga motor tetap pada racing line  alias tidak out dan  overshoot. Dipaksakan, hasilnya pelan, karena Rossi repot melakukan pengereman keras menyesuaikan kecepatan menikung, padahal itu bukan gayanya. "Kita lihat saja nanti hasil di Laguna," tandas Rossi.  

Understeer sama dengan motor ‘diam’ yang nyaman, tidak pecicilan. Kalau motor terlalu lincah hasilnya oversteer, lawannya understeer.  Itu persoalan dihadapi Ducati sejak Desmosedici dibikin. Era Loris Capirossi, ini tidak pernah tuntas. Kebetulan di tangan Casey Stoner, cocok. Trik Stoner 'berangasan', tutup gas ya tutup, buka gas, ya buka. Ducati dipaksa belok dengan roda belakang. Betolak belakang dengan Rossi yang membalap dengan halus, tapi suka motor yang agresif.

Untuk bikin motor seperti itu, harus merancang ulang dari nol, menyesuaikan dengan Rossi. Itu berhubungan dengan desain mesin, rangka, suspensi dan semuanya deh. Di saat sama keuangan Ducati lagi sekaraaaaaaaat. Malah Rossi berubah jadi marketing pabrikan Italia dengan bertemu Audi, Marlboro dan sponsor lain. Puyeng dia... Miolo   

BERITA TERKAIT:
Di Yamaha Atau Ducati, The Doctor Tetap Berjudi
Hasil Semua Sesi MotoGP Laguna Seca, 27-29 Juli 2012
Catatan MotoGP Sirkuit Teknikal, Termasuk Rossi Korbannya
Rossi Ke Yamaha...
Rossi, Bukan Gara-Gara Uang
Antara Rossi, Marlboro, Yamaha dan Ducati
The Doctor Terpaksa Mencontek
MotoGP Amerika, Lorenzo Busung Dada..!
Catatan MotoGP, Harga Diri Rossi Dicolek..!
Attack Performance Racing, Tim Wild Card di Laguna Seca
Rossi Bikin Tim Sendiri dan Cal Crutchlow Ditarik Ducati, Diulur Yamaha




Written by Admin