Tips Akali Sil As Sokbreker Teleskopik

Maniakmotor -  Sokbreker bocor akibat as teleskopiknya aus apalgi tergores, di bengkel  resmi sudah dibuang ke tong sampah. Bagi yang malas ke bengkel, ya pakai terus walau hendling nggak enak dan baru sadar jika terjadi insiden fatal. Nyaho kan... 

 

Padahal sil dan as bisa diakali bro. Tinggal mengobati as sokbreker yang lecet dan simsalabim silnya.  “As sokbreker baret atau aus, tidak perlu ganti baru. Bisa diperbaiki kok,” jelas Masrukin mekanik yang juga gape bikin motor drag dan roadrace di Jember, Jawa Timur.

Anggap saja sampeyan bisa membongkar as dan silnya. Toh, kalau ndak bisa silakan ke bengkel umum, jangan ke bengkel resmi karena di sana akan 'dipaksa'  ganti. Ajarin saja bengkel umum ini mengerjakan langkah-langkah seperti di bawah ini. 

Caranya as yang baret atau lecet diampelas hingga lukanya memudar atau permukaannya rata (Gbr1). Gunakan kertas 500 dulu, baru diperhalus dengan kertas ampelas 1.000 yang paling halus. Usahakan sampai goresannya hilang.

Bila tidak ada yang lecet dan hanya aus, tinggal diampelas supaya halus permukaannya. Biasanya kasus begitu, walau sil diganti  baru tetap oli akan meler. Terpaksa mengakali pegas sil agar lebih ketat lagi mendekap as. Caranya per ulir pada sil di bagian dalam dipotong agar lebih pendek dan jadi kuat membendung rembesan oli. 

Pemotongnya tidak sembarangan. Gunakan tang potong agar per mudah saat disatukan kembali (gbr2). Selain itu memotongnya tidak boleh terlalu banyak. Sebab kalau terlalu kuat justru karet sil bagian dalam cepat terkikis bahkan sobek. Biasanya dipotong 3 ulir.  

Untuk pengujian sil tadi dimasukkan ke dalam as sambil digerakkan ke bawah dan ke atas (gbr3) “Bila masih terasa longgar bisa dipotong lagi, maksimal 5 ulir,” saran mekanik berkulit gelap sekali itu.

Silahkan  dicoba deh.GS

TIPS LAIN:

Tips Bore-Up Honda Beat, Murah Dan Aman, Pakai Piston Kaze

Tips Meredam Bunyi CVT Matik

Tips Bungkam Petasan Di Jupiter Z

Tips Cegah Stater Matik Macet

Tips Daurat, Membangunkan Busi Mati


Written by Admin