Moto2 2013 Le Mans (Race): Spanyol Amburadul, Doni Ke-19

 

 

ManiakMotor – Salah satu grid di front  row Moto2 diisi pembalap tuan rumah Prancis, Johann Zarco (Come Iodaracing Project). Itu bikin penonton bergelora saat lomba Moto2 di sirkuit Le Mans, 19 Mei 2013.

Apalagi, dua terdepan lainnya juga bukan dari Spanyol. Pole sitter adalah Takaaki Nakagami (Italtrans Racing Team) yang dari namanya sudah jelas Jepang. Grid 2 diisi Scott Redding (Inggris/Marc VDS Racing Team). Di belakang mereka baru terdapat gerombolan Spanyol macam Esteve Rabat, Nicolas Terol, dan Pol Espargaro. 

Komposisi itu menarik karena rasa sentimen penonton pada dominasi Spanyol yang sudah ‘keterlaluan’ saat ini. Terlebih podium di Moto3 sebelumnya dikuasai Spanyol semuanya. Tersembul harapan agar ada variasi di podium Moto2.  

Dan, doa penonton terkabul. Kali ini tak satupun rider Spanyol ke podium. Setelah bendera merah pada lap 24 (dari 26 lap dijadwalkan) karena hujan, Redding jadi juara. Ini gelar perdananya. Dua podium lain diisi Xavier Simeon (Belgia) dan Mika Kallio (Finlandia).

Lho kemana Nakagami dan Zarco?  Sayang, Nakagami terjatuh di lap 3 dan gagal teruskan lomba. Zarco sendiri cukup lama menempel di belakang Redding, namun akhirnya juga keteteran dalam lomba yang menyajikan banyak kecelakaan  ini. Zarco akhirnya finish ke-5.

Sementara itu, Doni tata Pradita dapat hasil lumayan di wet race ini dengan finish urutan 19 meskipun tertinggal satu menit lebih dari pemenang. Rekannya sesama Indonesia, Rafid Topan Sucipto, tampil tak seapik sesi warm up. Ia finish urutan 24 dari 26 finisher. Pembalap Malaysia Hafizh Syharin lebh baik di urutan 22. "Topan masuk pit dulu, karena foot step patah," jelas sumber dari Prancis.

Entah mengapa, kali ini rider Spanyol sama sekali tak berkutik. Dari 16 Besar finisher, hanya satu Spanyol di dalamnya, yakni Julian Simon di urutan 8. Untuk detilnya, lihat RESULT.  

Buat Redding, kemenangan ini melambungkannya jadi pemimpin klasemen sementara dengan total poin 76. Jadi mencolok karena musuh terdekatnya macam Espargaro dan Rabat gagal memetik poin kali ini. Rabat dan Espargaro terkunci di angka 52 dan 41. Andro

Berita Terkait

Hasil MotoGP Le Mans Prancis, Semua Sesi, 17-19 Mei 2013

Moto2 2013 Le Mans Prancis; Topan 20 Besar Di Warm Up (Hujan)

Moto2 2013 Le Mans Prancis: Pole Position Milik Asia, Sayangnya Bukan Topan atau Doni

Moto2 2013 Le Mans Prancis (FP3): Dominasi Redding Terputus, Doni-Topan Tetap Belajar


Written by Administrator