Yamaha Xeon 2013, Injeksi, Bro..!

 

ManiakMotor – Yamaha Mio125i  2013  (Xeon di Indonesia) jadi injeksi.  Tapi maaf,  baru di Thailand dan dikipas-kipas dengan ‘katanya’ akan dilempar ke pasar oleh Yamaha Motor Company Limited Thailand. Itu sesuai rilis mereka pada 19 Oktober 2012 yang disebut Xeon YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection) 2013. Ya, Xeon injeksi lah...

 

Sesuai perdagangan Asean Free Trade Area (AFTA), ya, kapan saja bisa dijual ke Indonesia, itu kalau Yamaha Indonesia mau. Thailand selalu jadi proyek utama, semata  soal teknologi dan ekonominya. Sebelum ada AFTA, Thailand mengembangkan teknologi atas perpanjangan tangan prinsipal Yamaha di Jepang.  

Sedang ekonomi atau pasar, Thailand penggunaan motornya 1 banding 3 dengan penduduknya. Ya, dalam tiga orang penduduk Thailand ada satu motor. Sedang Indonesia masih 1 banding  8, bro. Uji coba pasar di Thailand lebih mendekati kenyataan. Laku di Thailand, ilmu kira-kiranya laku juga di Indonesia. Maaf ini hanya kira-kira, portal ini bukan ahli ekonomi.   

Makanya Xeon 2013 meluncur duluan di sana dan proyek-proyek terdahulu motor Jepang. Jelas kapasitas dan injeksinya yang digemborkan ke pasar. CVT butuh rpm tinggi sama dengan tenaga besar untuk menariknya. Maklum tidak mempunyai gigi rasio mereduksi ulang tenaga. CVT hanya tergantung puli yang membuka dan menutup sesuai kecepatan. Bila kapasitas mesin membesar, jelas tenaga lebih awal didapat dibanding  Yamaha Mio J yang 110 cc. Kalau ini, bukan ilmu kira-kira, yang pernah naik motor juga tahu.

Untuk itu, matik di Indonsia berlomba bikin injeksi pada kapasitas yang kecil, agar pengabutannya pas. Tetapi tetap saja masih kalah irit dengan bebek yang berkapasitas sama karena setiap tingkatan putaran direduksi sejak dari gigi primer. Termasuk di dalamnya ‘irit mesin’ dan onderdil penggerak dayanya.

Xeon 125 dengan injeksi bisa jadi lebih irit dari matik 110 cc. Karena itu tadi, rpm tidak perlu tinggi-tinggi amat untuk menggerakkan CVT-nya. Apalagi Xeon ini sudah direvisi dari bobot sampai teknologinya. Itu nantinya yang akan dipromosikan pada Xeon 2013 sesampainya di Indonesia. Terbukti dijual di Indonesia dengan nama Yamaha New Xeon RC yang tak lain sama dengan dijual di Thailand itu. Ito

PRODUK BARU LAIN:

Harga Yamaha New Xeon RC Injeksi 2013, Lebih Murah Sejuta Dari Lama, Tenaga Naik

Honda BeAT Programmed Fuel Injection (PGM-FI) 2013

Honda Teralis 2013, Membaca Speksifikasinya..?

Injeksi Mio J Sederhana

Honda CRF250R 2013, Asli Penggaruk Tanah, Bro..!

All New Jupiter Z1, Turun Di IndoPrix Kenjeran



Spesifikasi Xeon RC

Dimensi

    PxLxT                                       : 1855 mm x 700 mm x 1070 mm
    Jarak sumbu roda                : 1265 mm
    Jarak terendah ke tanah     : 135 mm
    Tinggi tempat duduk            : 760 mm
    Berat isi                                  : 101 kg
    Kapasitas tangki bensin     : 3.8 L

Mesin :

    Tipe                                          : 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin cairan
    Jumlah/posisi silinder         : Cylinder tunggal
    Volume silinder                     : 124,86 cm3
    Diameter x langkah              : 52,4 x 57,9 mm
    Perbandingan kompresi     : 10.94 : 1
    Daya maksimum                  : 11,4 PS (8,4 kW) / 9000 rpm
    Torsi maksimum                   : 10,4 Nm (1.06kgf.m) / 6500 rpm


 

 


Written by Admin