Yamaha New Mio GT 2013, Benar-Benar Matik Yang Mudah, Nyaman Dan Aman

 

ManiakMotor –  Yamaha New Mio GT 2013 memberi kemudahan dan keamanan simpulnya kenyamanan berkendara.  Misalnya MIL (malfunction indicator lamp),  bukan sekadar lampu. MIL pintar untuk memberi sinyal  situasi  mesin injeksi (YMJET-FI). Bila proses sensor-sensor injeksi dikomando ECU mengalami gagal fungsi setelah dialiri listrik (kunci kontak on),  lampu MIL yang kuning akan menyala terus.  Sebaliknya, bila 2-3 detik kemudian lampunya koit, tandanya elektronik injeksi aman-aman saja. Ya, semoga dia nyala terus setiap kunci kontak on dan mati lagi sepanjang motor di tangan brosist.

Itu baru salah satu contoh instrumen kemudahan yang ditawarkan PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada Mio GT. YIMM  ingin membuat  motor matik benar-benar menyandang roda dua yang mudah segalanya. Bukan hanya mudah pada operasional girboks otomatisnya. “Tuntutan dan perkembangan pasar matik adalah, konsumen yang ingin teknologi serbamudah. Itu tanpa megabaikan sisi penampilan (fashion) dan performa,”  kata Eko Prabowo, Manager Marketing YIMM pada peluncuran Mio GT, Selasa 12 Februari 2013 lalu di bilangan Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Panel instrumen Mio GT  dengan sekali lirik akan terpantau dengan gampang pada siang dan malam. Dasar panelnya merah dan karbon. Sedang tulisan indikator kecepatan, jarak tempuh,  bahan bakar,  lampu jauh, dan sein menggunakan putih dan hitam yang kontras dengan merah. Jadi tidak perlu memoloti panel yang membuat brosist nabrak, cukup dilirik. Itu sesuai pengamatan pada Mio GT yang dipinjamkan YIMM pada portal ini.

Panel menyatu dengan batok lampu utama (depan) yang simpel mirip generasi F1-ZR, tapi dikemas modern. Desain ini mulai nongol pada Mio J Sporty. Beda dengan lampu depan pada generasi awal Mio yang ditempel bersama tebeng, memang cantik. Toh,  kalah fungsionalnya. Yang ini saat setang belok sorotan lampu akan ikut. Yang dulu lampu malah menyorot terus ke depan sesuai arah bodi.  Lampu tebeng saat ini hanya lampu ‘kecil’ atau lampu senja. Simpel kan...

FUNGSIONAL BODI

Minor change pengertiannya ganti tampang, tetapi bodi Mio GT yang dirancang para insinyur pilihan YIMM sekaligus fungsi. Tampang yang sporty futuristik, jelas tuntutan pasar. Tapi harus ada temanya? Ya temannya kenyamanan, keamanan dan kemudahan tadi. Lampu senja dan sein diinspirasi dari aerodinamka anak panah. Ya iya, bila nggak aerodinamis mana bisa disebut panah melesat dari hambatan angin. Jadi dari depan ia ramping, dari samping ia langsing dan dari belakang ia bikin pusing. Ah, itu sih artis cewek sebagai brand ambassador-nya Mio GT, Indah Dewi Pertiwi (IDP).

Udah jangan berisik, kesan sporty itu membuat bodi kiri-kanan agak lebar ala  anak panah. Keuntungannya, celana yang necis, sepatu yang modis dan kaki mulus IDP aman dari terpaan angin,  percikan becek dan air. Teman-temannya IDP yang gadis suka pakai rok mini, ayo pakai Mio GT. Dari depan tak masuk angin, roknya tidak tersingkap dan paling utama tak diintip mata jelalalalatan, kebanyakan ‘la’-nya. “Itu namanya bodi aerodinamika yang fungsional, Mas,” sebut M. Abidin, General Manager Technical PT YIMM.

Efek lanjutannya ruang pijakan kaki jadi luas.  Tatakan kaki  hanya milik pengendara, karena boncenger disediakan tersendiri agak ke belakang  dari  alumunium yang bisa dilipat. Dasar deknya sengaja dibikin kasar (bergerigi) agar kaki tidak mudah terpeleset. Model begitu juga jadi tumpuan saat terjadi pengereman deras. Desain macam ini juga ada pada Mio J dan Soul GT.

Bagasi jadi besar. Belanjaan si ibu seperti terigu 1 kg, gula 1 kg, dan beras 5 kg masih muat di situ. Apalagi cuma tas sekolah. Bila nggak muat, sebagian bisa digantung di bawah jok bagian depan. Di atas bagasi adalah jok model two tone alias dua warna. Itu pembeda dengan Mio J. Tipis memang, namun tetap empuk. Membuka joknya kudu cabut anak kunci dari lubang kunci kontak. Mekanismenya belum seperti  Soul GT yang bisa dioperasikan dari rumah kunci kontak.

Mio GT memunculkan grafis striping carbon look seperti nyata. Padahal itu asli digital printing, bukan serat karbon benaran. Ini tidak dimiliki Mio J dan Soul GT.  “Pelek cast wheel hitam diberi lis merah mirip Yamaha New Vixion. Pegas sokbrekernya dicat merah tersendirii,” tambah Abidin yang soal sobreker mengigatkan per kompetisi.

AMAN

Aman sama dengan nyamann sama dengan mudah. Ini motor tahu diri, tidak mau membuat pemiliknya gelisah. Boleh di parkir dan ditinggal  di depan rumah, lalu brosist boleh tidur nyenyak, ya pasti ngiler. Sebab, pencuri akan berpikir dua kali, karena kunci kontak dilengkapi pengaman ganda. Untuk membongkarnya perlu waktu. Kunci ‘T’ andalan curanmor akan sulit tembus.

Tapi mudah pengoprasiannya yang memiliki anak kuncinya. Untuk menguncinya cukup memutar rumah kunci kontak berlawanan jarum jam,  maka lubang kunci kontak akan tertutup. Untuk membukanya harus menggunakan kunci magnetic yang menyatuh  dengan anak kunci. Peranti ini terdapat pada Mio J dan  Soul GT, namun bentuknya berbeda dengan Mio GT.

Kuncian lain yang hanya ada pada Xeon RC adalah smart lock system (SLS) atau rem parkir. Ini berguna buat perempuan dan ‘pemula’. Peranti ini ada di tuas rem belakang. Tugasnya menahan  rem terus aktif. Dengan rem ini, saat motor menanjak dan terpaksa berhenti, Mio GT tidak akan mundur. Juga saat diparkir, jangan khawatir bila tersenggol anak dan siapa saja.

Ya, tapi jangan lupa aktifkan SLS-nya. Mudah, caranya terlebih dulu tarik tuas remnya. Kemudian tekan tombol yang berada pada bagian atas tuas rem,  maka rem belakang akan aktif. Membebaskannya  dengan  hanya menarik tuas rem ulang, maka kuci akan terlepas sendirinya.

Bila bangun-bangun motornya raib dari depan rumah, tenang saja brosist, jangan panik, kan ada asuransi. Apalagi yang kredit, asuransi malah jadi syarat utama dari harga dasar Mio GT Rp 13.3 juta. Adit




MOTOR BARU LAIN:

Yamaha X-Ride 115 cc 2013, Matik Cross Pertama Indonesia, Harga Rp 14,4 Juta

Test Ride Yamaha New Mio GT 2013, Konsumsi BBM Dalam Kota

Injeksi Mio J Sederhana

Yamaha New Mio GT 2013, Teknologi Mutakhir, Irit Dan Awet

Launching Yamaha New Mio GT 2013, Harga Rp 13.3 Juta, Ganteng Tampan

Yamaha Jupiter MX135 2013, Bebek Berotot Racing Champion

 

 


Written by Admin