Yamaha All New Scorpio Z 2013 YM-Jet- Fi (Injeksi), Apakah Berikutnya?

 

 

 

ManiakMotor – Line-up Yamaha sebagian sudah menggunakan pengabutan bahan bakar modern atau injeksi. Yamaha menyebutnya YM-Jet Fi. Mio GT yang Februari 2013 lalu di launching merupakan produk Yamaha ke-6 yang injeksi. Urutannya Vixion, Mio J, Soul GT, Jupiter Z1, Xeon RC dan terakhir Mio GT. Nah, menunggu yang lain.

Baru Vixion yang mewakili tipe sport dipasangi injeksi, sementara sport Yamaha masih tersisa dua. Ya dua ini masih menggunakan pengabutan ‘kuno’ (karburator), misalnya  Byson dan Scorpio Z. Sementara di tipe matik masih ada Mio Fino dan di bebek Vega ZR.

Tahun ini Yamaha punya rencancana memperkenalkan sekitar 2 - 3 produk baru. Launching ini nggak jauh dari muke lu pada penyeragaman injeksi, semoga termasuk di dalamnya Scorpio Z. Hampir semua penikmat motor sport tahu, kuda besin ini awalnya  dimunculkan pada  2001 sebagai pengganti RX- King. Tetapi dari segi kapasitas di jajaran motor ‘laki’ Indonesia, ia bersaing dengan Honda Tiger. Nah tinggal kebut-kebutan tuh, siapa yang injeksi duluan, Tiger atau Scorpio? Yang duluan pasti akan dapat porsi promosi gratis dari dunia maya dan cetak.

Konversi kapasitas dirancang mendekati King 135 cc yang 2-tak dan Scorpio Z 4-tak jadi 223 cc atau bulat 225 cc. Rancangan mesin Scorpion Z pun karakternya seimbang si ‘Jambret’.  Ini motor minta putaran mesin lebih tinggi untuk mendapatkan tenaga full. Tetapi torsi lumayan duluan didapat. Karena basis mesinnya dari Yamaha XT250 untuk garuk tanah jalanan. Padahal, speksifikasinya lebih mengutamakan diameter silinder yang banyak. Silakan lihat speksifikasi mesin.

Bila suplai bensin terhadap mesin didorong injeksi, tenaga di atas akan berubah. Yang pasti  'rasa' King. Dia akan cocok dengan postur bodi dan rangka yang sport turing tetapi tidak mengorbankan kelincahan. “Lihat saja nanti apa yang akan keluar. Setiap ada model terbaru, itu melayani permintaan pasar,” singkat Eko Prabowo, Manager Marketing YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) saat pengenalan pasukan racing Yamaha di Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Sama-sama menunggu. Adit

MOTOR BARU LAIN:

Honda CBR250 2013, Jadi Naked Bike StreetFire..?

Test Ride Yamaha New Mio GT 2013 Freestyle, Dibanding Honda Beat Dan Suzuki Spin..?

Honda New Scoopy 2013 Injeksi, Mapping Ulang Timing Pengapian

 

SPEKSIFIKASI MESIN

Tipe Mesin

:

4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara

Jumlah / Posisi Silinder

:

Cylinder Tunggal / Tegak

Volume Silinder

:

223 cc

Diameter x Langkah

:

70,0 x 58,0 mm

Perbandingan Kompresi

:

9,5 : 1

Daya Maksimum

:

13,4 kW / 8000 rpm

Torsi Maksimum

:

17,5 Nm / 6500 rpm

Sistem Starter

:

Electric Starter dan Kick Starter

Sistem Pelumasan

:

Basah

Kapasitas Oli Mesin

:

Total : 1,4 Liter / Penggantian Berkala : 1,2 Liter

Sistim Bahan Bakar

:

Karburator BS30 x 1

Tipe Kopling

:

Basah, Kopling Manual, Multiplat

Tipe Transmisi

:

Return, 5 Kecepatan

Pola Pengoperasian Transmisi

:

1 - N - 2 - 3 - 4 - 5


Written by Administrator