Yamaha X-Ride 115 cc 2013, Matik Cross Pertama Indonesia, Harga Rp 14,4 Juta

 

 


ManiakMotor - Hidup hanya sekali. Makanya belilah matik yang bisa terobos ke sana ke mari. Bikinlah dia sebagai matik serba guna  yang berani menantang lubang atau jalanan rusak yang jadi penghias jalanan Indonesia, apalagi hanya genangan air. Namanya juga matik garuk tanah, ya ke tanah yang kribo juga dia sanggup.

Itu dia Yamaha Mio series yang berubah wujud jadi Yamaha X-Ride Crossover. Pengertian X bukan Mr X. Dia malah ‘sosok’  Xtrem,  Xciting, X yang artinya cross adalah motor yang dimaksud di atas. Tapi maaf ya, bukan xxx. “Gaul, keren dan tak ada dua-nya. X-citing buat performa yang memiliki akselerasi spontan. Tangguh di segala medan,” kata Dynosius, Executive Vice President Marketing  PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing pada peluncuran Yamaha X-Ride di  Cangkringan Resort & Spa, Jogja 27 Maret 2013.

Itu benar pak, benar sekali. Tipikal motor yang ada cross atau X tenaganya harus spontan. Tarikannya lebih awal, karena fungsinya untuk digas sebentar dan di depan sudah ada rintangan. Macam-macam rintangannya, ada tanah, jalan rusak atau polisi tidur di gang-gang. Maka dari itu, mesinnya wajib kontan, nggak kredit. Contoh saja roller dipilih yang ringan, hanya 8 gram. Agar puli CVT cepat bereaksi dan roda segera punya traksi. Tareeek...

Selalu begitu apa pun nama motor yang ground clearencenya tinggi, termasuk X-Ride. Motor semua medan yang jauh dari tanah pada dek paling bawah. Yang dikorbankan untuk motor jenis ini adalah top speed. Siapa yang mau kebut-kebutan dengan jalanan yang x-trem bro? Kecuali dia yang terlatih macam crosser dan tracker. Yang nekad juga bisa.

Ingat ya, kian jauh titik berat motor dari bumi, keseimbangannya berubah. Karena memang tujuannya untuk jalan yang acak kadut macam kamu itu, hehehe, becanda bro. Ya macam penulis. Bayangkan saja, jarak dari tanah 152 mm atau 22 mm lebih jauh dari Mio series versi aspal. Jarak itu didapat dengan meninggikan fork depan dan sokbreker belakang 20 mm.

M. Abidin, GM Service & Motor Sport PT YIMM membenarkan pengaruh roller 8 gram pada X-Ride dibanding Soul GT yang 9,5 gram.  Katanya tenaga awal naik 5% untuk mengejar karakter supermoto dan trail (adventure). “Juga top speed naik 2 persen,” kata Abidin. Lho, nggak salah pak? Kan putaran mesin sudah terangkat duluan dengan roller yang ringan. Kalau top speed naik, artinya bukan hanya roller perbaikan pada mesin X-Ride. Bisa jadi ada perubahan waktu pengapian dan sebagainya. Tapi ini belum dijawab. Juga nanti dibuktikan saat test ride besok atau 28 Maret 2013 yang diadakan YIMM ke jalur Merapi.

Itu tujuan discbrake atau cakram yang diameternya lebih besar 30 mm.  Pengereman lebih pakem dibutuhkan di jalanan tidak terkira (rusak), karena akan tiba-tiba di medan adventure berhadapan dengan jurang. Nah terus saja ke situ. Hehehe, jangan kelewatan.

Itu juga ada hubungan dengan yang disebut Pak Abidin akselerasi dapat, top speed juga nambah. “Tidak kalah menarik adalah piranti pendukung macam lampu depan khas penjelajah, lampu senja desain ‘V’ sporty, juga lampu belakang dan kenalpot undertail,” tambah  Beti sambil mewanti X-Ride ini hanya tersedia 1.000 unit (per Maret).  Ayo beli sekarang, nanti kehabisan, loh.

Seperti matik Yamaha modern, semuanya dipasangi Yamaha Mixture Jet Fuel Injection (YM Jet FI) yang injeksi, forged piston  dan DiAsil Cylinder. Katanya, dengan teknologi ini menjadikan X-Ride lebih irit dan kuat cabut-cabutnya. “Mesinnya sama dengan Soul GT. Semua model yang dijual  resmi adalah tipe ban aspal. Bila ingin ganti pacul silakan, ada juga versi modifikasi yang kami sebut Adventure Edition,” jelas doi yang bernama M Abidin.

Ada tiga varian  harga yang ditawarkan. Yakni standar Rp 14.4 juta (OTR Jakarta). Ada juga X-Ride special edition dengan dua pilihan harga. “Paket pertama Rp 15 juta, paket ini dapat 3 tambahan aksesori yaitu: protector muffler, visor dan guard panel set. Lalu, paket kedua dengan harga Rp. 16,56 juta, paket ini dapat tambahan 13 item terdiri dari:  visor set, guard hand, protector muffler, aluminium board, hook, handlebar stopper, cover reservoir, foot rest, protection fall, cover front, fender, guard headlight, guard panel set, guard cover set,” sebut Sutarya, Sales Director PT YIMM

Sementara, helm dan aksesoris X-Ride hadir bersama motor matik baru keluaran Yamaha itu. Aksesori ini mendukung sampeyan berlaga petualang sejati, bukan palsu, penampilan X-Ride layaknya off-road matik. Ada 13 suku cadang tambahannya yang bisa dikerjakan di rumah. Misalnya; visor set, guard hand, protector muffler, alumunium board, hook, handlebar stopper, cover reservoir, foot rest, protection fall, cover front fender, guard headlight, guard panel set, dan guard cover set. Ini barang langsung dikirim dari Thailand.

Ada 6 optional  yang memiliki fungsional. Guard hand set berguna melindungi tangan saat mengendarai motor, lemparan batu dan ranting pohon ala adventure dari depan tidak menghantam tangan langsung dengan alat ini. Guard headlight sama saja tapi melindungi lampu depan. Guard panel set melindungi bodi samping depan dari goresan akar kayu dan rat atau jalur tikus yang biasa di jalanan tanah. Protection fall mengurangi kerusakan/gesekan saat terjatuh pelan, kalau terjatuh kencang itu namanya melaju di aspal. Guard cover set melindungi bagian bodi samping belakang. Protector muffler melindungi kenalpot untuk menyusupi rat tadi atau got alias jalan sempit tapi berbentuk galian, pokoknya hanya muat dengan ban motor yang menyebabkan kenalpot tergesek tanah atau batu. Sedang 7 asesoris lainnya berfungsi sebagai kesan offroad yang sporty. Ardel

MOTOR BARU LAIN:

Yamaha X-Ride 2013; Matik Crossover, Matiknya Negara Tropis

Jelang Launching Yamaha TTX Atau X Ride 2013, Garuk Tanah Dulu Di Lido, Pakai Trail Dan ATV

Yamaha TTX Atau X-Ride 2013, Ganti Ban Pacul

Idling Stop Sytem (ISS) Honda Vario CBS125 2013, Prosesnya Halus

Kawasaki–Bajaj, Kerjasama Bikin Motor 200 cc

 

 


Written by Administrator