Yamaha New Vega ZR 2013 Injeksi, Sebentar Lagi Tuh, Sirius..!

 

 

ManiakMotor – Semua produk PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang karbu, sebentar lagi jadi injeksi. Kan begitu janji YIMM pada produknya untuk menginjeksi jualannya.  Setelah melaunching bebek kelas satunya atau Yamaha All New Jupiter Z1, pasti generasi Vega yang ‘kelas dua’-nya jualan YIMM  juga jadi injeksi. Sirius... nggak bohong.

Perhatikan baik-baik, serius apa Sirius?  Jika Sirius sih, itu nama bebek sebangsa Vega ZR di Vietnam. Ia telah muncul lebih dulu dengan nama Yamaha Sirius Fi atau injeksi. Bukan hanya desain, spesifikasi mesin persis Vega ZR. Bebek yang mesinnya mengutamakan torsi meletup-letup pas buat meliuk-liuk. Kapasitas 113.7 cc, tapi langkah toraknya lebih jauh 7.9 mm dari diameter silinder, spesifikasi datanya lihat di bawah tulisan ini.

Injeksi selalu ditunggu karena terbukti di Jupie Z1 dapat membantu cabut-cabut tenaga yang halus. Maklumlah brosist, suplai bahan bakar tidak diperintah  jarum skep dan jarum pelampung. Juga tidak ditentukan ketersediaan bahan bakar pada mangkuk karbu  yang kerap berubah terhadap guncangan dan situasi sekitar. Injeksi tergantung dari pompa bensin dan throttle body yang memerintah debitnya setiap putaran mesin, konsisten cui. Kan diatur electronic control unit alias ECU.

Bicara halus dan penuturan di atas ujung-ujungnya adalah efesiensi pembakaran. Maksudnya semua bensin dimanajemen jadi energi atau tenaga. Tidak ada yang terbuang. Karena tenaganya full terus, ya hasilnya adalah irit bensin/oli, irit spare part, dan irit fisik buat pengendaranya untuk mengendalikan motor.

Karena itu, Sirius yang memang serius keluar di Vietnam disambung-sambung ke Vega ZR. Konsumen ingin segera merasakan cerita di atas seperti Jupiter Z1, tetapi dengan harga sesuai Vega ZR. Apalagi portal ini sudah memergoki ketika test durability bersama Yamaha X-Ride, tampilannya memang menggunakan pelek CW yang persis Jupiter Z1 dan Sirius di Vietnam tersebut.

Vega injeksi ini disetting untuk menggempur pasar bebek kelas low end. Wah, berarti akan berhadapan langsung dengan Suzuki Shooter 115 FI yang juga injeksi. Adit

BERITA TERKAIT:

Yamaha X-Ride 2013, Tangguh Buat Warga Bekasi Yang Jalannya Keriting

Yamaha Mio GT 2013, Konser Bareng 'Ariel' Noah, Ubah Hidupmu..!

All New Honda BeAT-Fi 2013 Bersama Cherrybelle, I Love You So Much 33 Provinsi

New Honda Supra X 125 2013, Grafis Racing

MACHINE

Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara

Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Mendatar

Volume Silinder : 113,7 cc

Diameter x Langkah : 50,0 × 57,9 mm

Perbandingan Kompresi : 9,3 : 1

Daya Maksimum : 6.0 kW / 7500rpm

Torsi Maksimum : 8,3 Nm / 4500rpm

Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter

Sistem Pelumasan : Basah

Kapasitas Oli Mesin : Total : 1 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter

Sistim Bahan Bakar : Karburator VM17SH x 1

Tipe Kopling : Basah, Kopling Sentrifugal, Multiplat

Tipe Transmisi : Seesaw, 4 Kecepatan 

Pola Pengoperasian Transmisi : N-1-2-3-4


Written by Administrator