Yamaha YZF R-250 R4; Terobosan Yamaha Mesin DOHC Di Indonesia

 

 

ManiakMotor – Double Over Head Camshaft (DOHC) satu-satunya tipe mesin yang belum diproduksi  PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Isu Yamaha YZF-R250 atau diisukan juga Yamaha 250 R4 akan diluncurkan tahun ini, boleh saja terobosan YIMM untuk teknologi tersebut. Yakinlah, mesin ini akan mengangkat nama YIMM di bidang DOHC. Toh, pasar di kelas 250 cc ini mereka yang mengerti motor, DOHC menjadi salah satu pertimbangan mutlak, lak, lak.

Entah itu dua silinder atau silinder tunggal, belum tahu? Entah sasisnya model apa, ya nggak jelas? Sebab sampai saat ini masih menduga-duga. Toh, performa DOHC dengan mesin 250 cc, dijamin tenaganya nggak jauh dari Kawasaki Ninja 250 cc dan Honda CB5 250 yang bermain antara 30 dk. Entah itu tunggal atau dua silinder. Sebab produksi tenaga 250cc memang bermain pada angka itu. Silinder tunggal dan ganda, keduanya punya untung rugi. Yang tunggal mesinnya capek duluan karena rpm lebih tinggi menghasilkan tenaga yang sama dibanding dua silinder. 

DOHC adalah teknologi  motor bakar yang dikembangkan untuk efesiensi pembakaran. Itu bahan bakar menjadi energi karena merata plus serentak masuk-keluarnya. Di kepala silinder ada dua kem yang mengelola bengsinnya. Derajat buka tutup kem atau durasinya tak perlu tinggi-tinggi untuk memberi kesempatan bahan bakar dan yang telah terbakar mengalir.

Berarti terjadi lagi efesiensi suku cadang. Mesin tidak perlu teriak-teriak minta bensin untuk mendapatkan tenaga. Makanya lihat saja, motor-motor yang DOHC ber-cc sedang sejak diproduksi 80-an masih ente dapat di pasar bekas moge sedang di Indonesia yang nota bene tidak diproduksi di sini. Awet bo...  

Tetapi portal ini bicara-bicara dengan petinggi YIMM baru lalu, motor mereka yang bermesin 250 cc baru akan keluar dua tahun lagi. Bicaranya awal tahun ini atau Januari 2013. Tapi isu yang santer sekarang saat tulisan ini dimuat, itu motor benar-benar keluar tahun ini. Mungkin saja dipercepat, masih tanda tanya?????? Dan siap-siap saja Indonesia menjadi target penjualan 250 cc Yamaha, karena belajar dari saksesnya Ninja 250 yang jualannya hanya bersaing dengan Amerika. Juga percayalah, nama YIMM akan wangi dengan mesin DOHC.

Bungkus... Ito

BACA JUGA

Yamaha R25 Dijual Juli, Agustus, Atau September 2014???

Yamaha YZF R250 (250 R4) 2013-2014, Katanya..!

Motor Baru TVS, Matik Atawa Matic India Ala Indonesia

Yamaha New Vega ZR 2013 Injeksi, Sebentar Lagi Tuh, Sirius..!

 

 

 


Written by Administrator