New Honda MegaPro Injeksi 2014; Teknologi PGM-FI Harga Rp 20.4 Juta

ManiakMotor – Nongol sudah Honda Mega Pro Injeksi atau Astra Honda Motor (AHM) menyebutnya Honda New  MegaPro FI, singkat saja NMP FI. Huruf FI di belakangnya adalah PGM-FI atau Programmed Fuel Injection. Motor sport ini dirilis 27 Januari 2014 di Jakarta. Mesin 150 cc SOHC yang spesifikasinya sama saja dengan pendahulunya, namun bahan bakar dipompa injeksi yang otomatis dimanajemen oleh ECU atau electronic control unit.

Hasilnya memang lebi irit 10 persen dari karburator pada tipe sport ini. Pasti juga akan lebih bertenaga karena campuran udara dan bahan bakar yang homogen. Disebut homogen, pengabutan presisi antara hawa dan bengsing, sehingga tidak terjadi kerugian energi. Singkatnya, bahan bakar tuntas dibakar, maka wajarlah AHM mengklaim ramah lingkungan sesuai standar EURO3.

Injeksi akan menggerek kemampuan NMP FI dari sebelumnya, walau portal ini belum mencoba atau test ride. Kan, kan, kan... semua bahan bakar berubah jadi tenaga yang diproduksi mesin 149.2 cc. Kapasitas ini lahir dari diameter silinder 57.3 mm dan langkah piston 57.8 mm yang memiliki torsi 1.31 kg-m pada 6.500 rpm.

Nah makin mudah dihendling tuh dengan pemasangan FI, puntirannya cepat dapat. Pengendara tak akan cepat pegal, apalagi didukung konstruksi setang, pijakan kaki dan jok yang membuat pengendara tegak ala cruiser.

 Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan, AHM berkomitmen soal strategi PGM-FI. Sejak memperkenalkan injeksi pertama, Honda Supra X125 PGM-FI pada 2005, hingga Desember 2013, total penjualan motor Honda  PGM-FI tercatat 4,9 juta unit.  “AHM mempersembahkan New Honda MegaPro FI sebagai produk ke-12 berteknologi PGM-FI,” kata Inuma dengan intonasi pria Jepang yang menekankan kata ‘macho’ pada NMP FI.

Tepat  juga NMP FI mengusung konsep Mass Forward Gravity dengan garis-garis tajam yang agresif. Desain terbaru ada pada shroud dan side cover yang bernuasa sesuai mesinnya yang tangguh. NMP FI kini juga punya konstruksi pijakan kaki baru dengan sistem gantung. Katanya itu menghasilkan getaran yang minim pada kaki penumpangnya.

Nah untuk mendapatkan NMP FI siapkan dana Rp 20.450.000. Ada empat pilihan warna yaitu Active White, Brave Black, Renegade Red, Brace Blue. AHM menargetkan dapat menjual model ini 5.000 unit/bulan. Semoga sampeyan termasuk di dalamnya. Adit

BACA JUGA

Motor Baru Honda 2014; Honda New Mega Pro PGM-Fi (Injeksi), Tunggu..!

 

 


Written by Administrator