Modifikasi Suzuki Satria FU 150 Drag Bike, Manipulasi Limiter

 

Maniakmotor – Salut, bisa hidup di dua alam, tapi bukan amfibi apalagi alam baka. Ini Suzuki Satria FU milik Tim Tebu Balap dari Jember, Jawa Timur  yang juara di Lumajang, Jawa Timur di kelasnya. Iya, dua kelas berbeda 2-tak dan 4-tak. Yup..tim yang disponsori H.Marzuki wakil ketua DPRD Jember ini, juara di bebek standar 4-tak 150 cc lokal dan bebek 2-tak 116 cc.

Wah jadi bingung, apa maksudnya reporter baru from Suroboyo iki? Mana ada FU yang 4-tak ikutan di 2-tak. Lacak punya lacak, ternyata doski mengirim dua naskah modif dragbike, satunya FU yang satunya lagi Yamaha F1-ZRItu yang dimaksud dua alam tadi, karena dua-duanya juara. Supaya tidak bingung seperti reporter itu, ceritanya FU 150 dulu. GS

PiICK-UP COIL DIPAPAS

Kelas Bebek Standar 150 cc, persis OMR Suzuki Satria FUPesertanya pake FU semua. Regulasinya membatasi pergantian part racingSo mekanik gak bisa main ganti-buang seenaknya. Makanya, pengapian diramu lewat manipulasi limiternya yang tepat. Waktu maen  di Lumajang, FU ini g tercepat. Time-nya 9,743 detik dikebut Munir Junior dan digeber Dedi Kenceng 10,181 detik. Kenceng kok, malah lebih pelan dari Munir.

“Saya pemilik tim Tim Tebu!” seru Kenceng. Iya pak, kenceng, walau pelan. Hehehe, katanya, spek motor sama dengan peserta lain. Cuma limeternya dimainkan secara konvensional. Zaman sekarang kan sudap pada pake mapping. Tinggal tombol-tombol saja yang digeser-geser untuk memaju mundur pengapian tersebut.

Yang ini, pick-up coil  diutak-atik biar limit rpm lebih panjang. Lilitan pengirim sinyal ke CDI itu dipotong 2 mm pada bagian depan. Itu tanpa mengorbankan bobot magnet yang dibaca pick-up.  Hhmm…pantesan saat di Lumajang, perpindahan tiap gigi gak ada mbrebetnya.

Pengapian yang lebih maju itu, cocoknya memercik kompresi yang dipadatkan sampai 13,5:1. Perbandingan itu didapat setelah memangkas kepala silinder 2 mm. Tentu saja dipangkas dengan pisau bubut, bukan gergaji, apalagi golok. Kalau yang terakhir itu  khusus memangkas tebu yang jadi nama tim FU ini.  

Sandra Halet selaku koki mesin bercerita dengan logad Jowo Timur yang kental. Katanya, pemangkasan 2 mm termasuk banyak. Untuk itu, harus mengatur ulang desain ruang kepala silinder bersama piston. Jika tidak, “Isi dalam head berubah jadi tebu pahit,” canda Sandra yang bermarkas di desa Paleran - Umbulsari Jember, Jatim itu.

Hahaha, bapak bisa melawak juga. Lanjut ah, kompresi dan pengapian tanpa diumpan bahan bakar, jelas akan tandus. Suplai bahan bakar pada 4- tak ditentukan desain kem atau noken-as alias poros bubungan. Sementara, kelas ini dilarang ganti. Yang ada boleh ‘merusak’ dua kem FU dan kemabli diperbaiki  sudut-sudut (lobe) kem. Tujuannya maksimal mengangkat klep lama-lama memberi kesempatan pada bahan bakar masuk dan secepatnya tertutup.

 Langsung saja Mas Sandra membawa dua noken-as ke tukang bubut.“Noken dibubut 2 mm untuk klep minyak dan api,” imbuh Sandra yang maksudnya untuk in dan ex. In pada zaman Belanda disebut jalur bensin dan ex adalah api. Tetapi, Sandra berubah jadi seperti orang triping, ketika ditanya hasil akhir derajat kem. Maksudnya, doski geleng kepala, tidak mengerti soal derajat. Yang penting hasilnya juara.

 

BERITA TERKAIT:
Modifikasi Satria FU Drag Bike (Dwi Batank), Volumetrik 200 cc, Time 7.5 Detik
Drag Bike Tegal, FU Solo Merontokkan FU Kontroversi Dan Jupiter Z Pele

Modifikasi Yamaha F1ZR, Motor Drag Bike Tiga Arena!

Modifikasi Ninja 150 Drag Eko Chodox, Piston KDX 66 Mm

Modifikasi Yamaha RX-Z Drag Bike, Dapat 7,395 Detik

Modifikasi Yamaha Mio Drag Bike, Jagoan 300 cc, Tomo Speed..!

Modifikasi Jupiter Z Rafid Topan, Juara IndoPrix 2012

Modifikasi Honda Blade, Disegani Di Indo Prix

 

 

 

DATA MODIFIKASI SATRIA FU 150

Piston                                     : Standart Satria F modif

Klep dan Per                         : Standart Satria F

Magnet                                   : Standar

Kampas kopling                   : Asli

Per kopling                            : Suzuki Smash

Karbu                                     : Standar korek

Main-jet                                  : 130

Pilot-jet                                   : 25

Reduksi akhir                       : 13-44

Knalpot                                  : Standar modif

Pelek dan ban depan         : 1.20-17 ban Swallow

Pelek dan ban belakang    : 1.60-17 ban Eat my dust

 


Written by Admin

News Update

28-12-2014
MotoGP 2015: Marquez Tak Ingin Buru-Buru Melawan Marquez
MotoGP 2015: Marquez Tak Ingin Buru-Buru Melawan Marquez

ManiakMotor – Itu judul sama sekali tak ngaco brosist! Mereka adalah Alex Marquez dan Marc Marquez, remaja Spanyol bersaudara yang bikin rekor juara dunia bersama musim 2014. Marc judun MotoGP dan sang adik jurdun Moto3. Kapankah mereka bisa berlaga di kelas yang sama? Memang sih saat test di Valencia keduanya menggunakan Honda RC213V, namun sang adik hanya dikasih kesempatan oleh HRC ...

Read more
28-12-2014
Drag Bike 2014: Macam Mana Nasib KTM250SX Pencatat Rekor FFA Indonesia 6.776 Detik?
Drag Bike 2014: Macam Mana Nasib KTM250SX Pencatat Rekor FFA Indonesia 6.776 Detik?

  ManiakMotor – Pertengahan 2014 tim Abirawa tiba-tiba tak nongol di event-event besar. Padahal tim yang diperkuat Eko Chodox itu  memiliki KTM250SX yang pegang rekor nasional di free for all (FFA).  Catatannya pun portal ini sampai hapal yakni 6.776 detik yang diperoleh di Senayan, Jakarta pada Maret 2013.

Read more
28-12-2014
Tangki Bahan Bakar Drag Bike; Model Depan, Jual Murah..!
Tangki Bahan Bakar Drag Bike; Model Depan, Jual Murah..!

ManiakMotor – Ada dua model tangki bahan bakar drag bike, yakni yang di bawah jok dan satunya lagi di depan. Ya persisnya dikonstruksi di depan setang kemudi. Macam yang ditawarkan HRP asuhan Hendriansyah ini yang punya harganya murah, kualitas terjamin dan model juga boleh diadu. Itu ketimbang sampeyan bikin sendiri yang butuh waktu dan dana.

Read more
27-12-2014
Suzuki Indonesia Challenge/OMR Suzuki Satria FU 2014 CImahi Bandung: Nih Aturan Mainnya..!
Suzuki Indonesia Challenge/OMR Suzuki Satria FU 2014 CImahi Bandung: Nih Aturan Mainnya..!

  ManiakMotor – Aturan main Suzuki Indonesia Challenge (SIC) atau one make race Suzuki Satria FU sangat sederhana. Pembalap yang mendaftar cukup membawa perlengkapan balap. Tentu saja umur tak lebih dari 23 tahun dan lebih wajib lagi memiliki Kartu Izin Start (KIS). Sebab motor sudah disediakan 2W PT. Suzuki indomobil Sales.

Read more
27-12-2014
MotoGP 2014 & 2015: Tahun Penentuan Buat Valentino Rossi, Belajar Jadi Pembalap Baru
MotoGP 2014 & 2015: Tahun Penentuan Buat Valentino Rossi, Belajar Jadi Pembalap Baru

  ManiakMotor – Biarpun lagi libur Natal dan Tahun Baru, Valentino Rossi terus bekerja. Ldah dan mulutnya yang terus bekerja agar selalu dapatkan publisitas. Itu  seperti harapan para sponsornya, sekaligus kesempatan The Doctor lancarkan perang urat syaraf menjelang musim 2015.

Read more
27-12-2014
Suzuki Indonesia Challenge/OMR Suzuki Satria FU 2014 Cimahi: Benang Merah Ke MotoGP 2015
Suzuki Indonesia Challenge/OMR Suzuki Satria FU 2014 Cimahi: Benang Merah Ke MotoGP 2015

  ManiakMotor – Ada beberapa sasaran dituju  2W PT. Suzuki indomobil Sales (PT.SIS) pada Suzuki Indonesia Challenge (SIC). SIC ini alias one make race (OMR) Suzuki Satria FU150. Langkah awal untuk pencarian bakat segar dikirim ke Asia Road Race Championsip (ARRC) 2015 yang seri pertamanya mulai April 2015.

Read more
27-12-2014
Drag Bike 2014 Jelang Pasuruan: Cebonk Vs Chodox, Chodox Pamitan Dari Drag Bike!
Drag Bike 2014 Jelang Pasuruan: Cebonk Vs Chodox, Chodox Pamitan Dari Drag Bike!

  Maniakmotor - Eko Chodox memang benar pamitan. Ia ikut Drag Bike di Pasuruan, Jatim minggu 28 Desember 2014 ini, untuk terakhir kalinya. Ia akan menantang yuniornya Alvan Chebonk. Ya kebetulan tim MPK Speed yang dibela Chodox sebagai tuan rumah.

Read more
27-12-2014
Drag Bike Catatan 2014; Pesat Walau Rekor 6.7 Detik Tak Pecah
Drag Bike Catatan 2014; Pesat Walau Rekor 6.7 Detik Tak Pecah

  ManiakMotor - Tahun 2014 memang tak menghasilkan rekor baru di kelas-kelas bergengsi. Di FFA bahkan time Eko Chodox  yang 6,776  detik nyaris tak tersentuh. Jangankan 6.7 detik, menyentuh 6.9 detik saja sangat luar biasa di FFA, itu pun nggak konsisten.  Sama juga dengan kelas-kelas unggulan lain.

Read more
26-12-2014
Grasstrack 2014 Semarang: Bebek Standart Open, Rizky HK Vs Lontar Mardianto!
Grasstrack 2014 Semarang: Bebek Standart Open, Rizky HK Vs Lontar Mardianto!

  ManiakMotor - Rizky HK (Wonosobo) dari tim Rehebot HK 88 Jaton, sakses mendominasi di  grand final Norifumi Jaton IRC GM Grasstrack. event ini berlangsung di sirkuit Gedungsongo, Bandungan, Jawa Tengah pada saat liburan Natal 25 Desember 2014. Tanda tahun ini sepertinya memang milik pembalap yang menggeber korekan tuner senior asal Semarang, Imam  Syafi’i.

Read more
26-12-2014
Tips Motor: Kompresi Rendah Diakali Dari Knalpot Racing, Monggo Yang Motor Harian
Tips Motor: Kompresi Rendah Diakali Dari Knalpot Racing, Monggo Yang Motor Harian

    ManiakMotor – Masuk akal kompresi rendah boleh diakali dari knalpot racing. Tentu mengakali punch atau hantaman mesin yang bukan menghantam seperti sampeyan main tendang dan tinju, namun akselerasi yang kuat. Maksudnya akselerasi yang gile aje tak melulu harus kompresi tinggi.

Read more
26-12-2014
Kaus (T-Shirt), Kemeja, Jaket, Tema Balap Dan Drag Bike, Modelnya Cewek Bukan Cabe-Cabean
Kaus (T-Shirt), Kemeja, Jaket,  Tema Balap Dan Drag Bike, Modelnya Cewek Bukan Cabe-Cabean

ManiakMotor -  Kalau kaus, jaket dan kemeja digantung doang pada gantungannya, gimana geetu. Produk yang sudah menari akan makin menarik lagi bila gantungannya seperti jualan Hendriansyah Racing Produck (HRP). Ya gantungannya cewek yang cantik and seksi, langsing pula. Eh jangkung juga. Namanya siapa neng? Jangan pegang knalpot neng, panas ntar....

Read more
26-12-2014
MotoGP 2014: Suppo Tantang Pedrosa Yang Diam Saja, Buktikan Diri di 2015
MotoGP 2014: Suppo Tantang Pedrosa Yang Diam Saja, Buktikan Diri di 2015

ManiakMotor – Dani Pedrosa sama sekali tak koar-koar soal perebutan gelar tahun depan. Diam dan tak banyak cincong. Sementara Marc Marquez, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo sudah pancang target jurdun musim 2015. Tentu ketiganya dengan berbagai alasan soal performa mereka.

Read more
25-12-2014
MotoGP 2015: Pesan Natal 2014 Valentino Rossi, Racing Spirit..!
MotoGP 2015: Pesan Natal 2014 Valentino Rossi, Racing Spirit..!

ManiakMotor – Mau liburan, istirohat atau hari Natal tetap racing. Terutama Natal yang dirayakan Valentino Rossi, tetap dikaitkan dengan semangatnya yang beruhubungan dengan ambisinya di MotoGP. Dia memang bukan pimpinan agama seperti di Roma, tapi bagi maniak MotoGP, pesan Natal dari Rossi punya arti khusus.

Read more
25-12-2014
Variasi Motor: Knalpot Titanium Untuk Honda CBR150 Lokal/Impor
Variasi Motor: Knalpot Titanium Untuk Honda CBR150 Lokal/Impor

ManiakMotor – Titanium efesien untuk onderdil motor karena banyak lebihnya. Pertama dalam dimensi yang sama, ia punya bobot yang lebih ringan dari metal biasa untuk suku cadang. Kedua, walau dibikin lebih kecil, tetap lebih kuat dari yang besar pakai metal biasa.

Read more
25-12-2014
FUN Race Sentul 2014: Yamaha MX135 UMA Racing Pro-Liner, Podium Lagi 150 cc 4-Tak
FUN Race Sentul 2014: Yamaha MX135 UMA Racing Pro-Liner, Podium Lagi 150 cc 4-Tak

ManiakMotor – Bila tulisan di rubric MODIFIKASI Yamaha MX135 UMA Racing warnanya masih hitam polos dengan stiker-stiker sponsor. MX 135  itu, kini sudah corak merah. Terutama saat tampil di FUN Race Sentul pada 20 Desember lalu di Sentul Besar.

Read more
25-12-2014
Modifikasi Mio Drag Bike, Tercepat di Jatim Matic 200, Mesin Doang Rp 27 Juta
Modifikasi Mio Drag Bike, Tercepat di Jatim Matic 200, Mesin Doang Rp 27 Juta

  Maniakmotor - Yamaha Mio milik tim AMS saat ini pegang rekor tercepat di Jatim. Dibilang begitu lantaran sebelumnya belum pernah satupun Mio lokal yang berlari di bawah 7,7 detik. Pemiliknya adalah Jefri yang bos  warung onderdil bernama Aneka Motor Speed di Kertosono, Jatim. Mio ini baru ia beli dari Vincent bos tim VRG Vincent's Jakarta. Oooo pantas, sudah pastilah tak asing di telinga sa...

Read more
24-12-2014
MotoGP: 4 Tahun Tenggelam, Rossi Lahir Kembali Sebagai Bintang 2014
MotoGP: 4 Tahun Tenggelam, Rossi Lahir Kembali Sebagai Bintang 2014

ManiakMotor – Ini tulisan terakhir dari 10 Besar MotoGP Star of the Year versi pembaca crash.net. Ndak usah ditebak-tebak karena posisi number one jelas ditempati Valentino Rossi seperti tulisan kemarin di portal ini.

Read more
24-12-2014
OMR Suzuki Satria FU 2014 Jelang Cimahi Bandung: Balapan Bebek Super Seleksi ARRC 2015
OMR Suzuki Satria FU 2014 Jelang Cimahi Bandung: Balapan Bebek Super Seleksi ARRC 2015

  ManiakMotor – Sengaja one make race (OMR) Suzuki Satria FU atau bebek super DOHC dikebut akhir tahun 2014 sampai awal 2015. Event yang oleh  PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) disebut  Suzuki Indonesia Challenge (SIC) itu, untuk mengejar seri pertama Asia Road Racing Championship (ARRC). “Seri pertama ARRC akan berlangsung awal April 2015,” kabar Ron Hogg, direktur Two Wheel penyelenggara ARR...

Read more
24-12-2014
Drag Bike 2014 AHRS: Chebonk Juara Umum Dituntaskan Di FFA 7.164 Detik
Drag Bike 2014 AHRS: Chebonk Juara Umum Dituntaskan Di FFA 7.164 Detik

  ManiakMotor – Alvan Chebonk benar-benar membalik keadaan di final  Drag Bike AHRS di Indramayu. Jabar, Ahad 21 Desember kemarin. Di datang ke event tersebut dengan ketinggalan 37 angka dari total klasemen dari Dwi Batank.

Read more
24-12-2014
Tips Motor: Arti Tulisan Pada Dinding Ban, Sederhana Dimengerti From FDR..!
Tips Motor: Arti Tulisan Pada Dinding Ban, Sederhana Dimengerti From FDR..!

  ManiakMotor -  Sebenarnya hanya dengan melihat grafik pada foto sampeyan sudah mengerti artinya. Ya arti tulisan pada setiap ban yang Mas, Mbak dan kamu beli. Yang perlu dijelaskan sikit adalah persentase tinggi profil ban.

Read more