Modifikasi Suzuki Satria FU 150 Drag Bike, Manipulasi Limiter

 

Maniakmotor – Salut, bisa hidup di dua alam, tapi bukan amfibi apalagi alam baka. Ini Suzuki Satria FU milik Tim Tebu Balap dari Jember, Jawa Timur  yang juara di Lumajang, Jawa Timur di kelasnya. Iya, dua kelas berbeda 2-tak dan 4-tak. Yup..tim yang disponsori H.Marzuki wakil ketua DPRD Jember ini, juara di bebek standar 4-tak 150 cc lokal dan bebek 2-tak 116 cc.

Wah jadi bingung, apa maksudnya reporter baru from Suroboyo iki? Mana ada FU yang 4-tak ikutan di 2-tak. Lacak punya lacak, ternyata doski mengirim dua naskah modif dragbike, satunya FU yang satunya lagi Yamaha F1-ZRItu yang dimaksud dua alam tadi, karena dua-duanya juara. Supaya tidak bingung seperti reporter itu, ceritanya FU 150 dulu. GS

PiICK-UP COIL DIPAPAS

Kelas Bebek Standar 150 cc, persis OMR Suzuki Satria FUPesertanya pake FU semua. Regulasinya membatasi pergantian part racingSo mekanik gak bisa main ganti-buang seenaknya. Makanya, pengapian diramu lewat manipulasi limiternya yang tepat. Waktu maen  di Lumajang, FU ini g tercepat. Time-nya 9,743 detik dikebut Munir Junior dan digeber Dedi Kenceng 10,181 detik. Kenceng kok, malah lebih pelan dari Munir.

“Saya pemilik tim Tim Tebu!” seru Kenceng. Iya pak, kenceng, walau pelan. Hehehe, katanya, spek motor sama dengan peserta lain. Cuma limeternya dimainkan secara konvensional. Zaman sekarang kan sudap pada pake mapping. Tinggal tombol-tombol saja yang digeser-geser untuk memaju mundur pengapian tersebut.

Yang ini, pick-up coil  diutak-atik biar limit rpm lebih panjang. Lilitan pengirim sinyal ke CDI itu dipotong 2 mm pada bagian depan. Itu tanpa mengorbankan bobot magnet yang dibaca pick-up.  Hhmm…pantesan saat di Lumajang, perpindahan tiap gigi gak ada mbrebetnya.

Pengapian yang lebih maju itu, cocoknya memercik kompresi yang dipadatkan sampai 13,5:1. Perbandingan itu didapat setelah memangkas kepala silinder 2 mm. Tentu saja dipangkas dengan pisau bubut, bukan gergaji, apalagi golok. Kalau yang terakhir itu  khusus memangkas tebu yang jadi nama tim FU ini.  

Sandra Halet selaku koki mesin bercerita dengan logad Jowo Timur yang kental. Katanya, pemangkasan 2 mm termasuk banyak. Untuk itu, harus mengatur ulang desain ruang kepala silinder bersama piston. Jika tidak, “Isi dalam head berubah jadi tebu pahit,” canda Sandra yang bermarkas di desa Paleran - Umbulsari Jember, Jatim itu.

Hahaha, bapak bisa melawak juga. Lanjut ah, kompresi dan pengapian tanpa diumpan bahan bakar, jelas akan tandus. Suplai bahan bakar pada 4- tak ditentukan desain kem atau noken-as alias poros bubungan. Sementara, kelas ini dilarang ganti. Yang ada boleh ‘merusak’ dua kem FU dan kemabli diperbaiki  sudut-sudut (lobe) kem. Tujuannya maksimal mengangkat klep lama-lama memberi kesempatan pada bahan bakar masuk dan secepatnya tertutup.

 Langsung saja Mas Sandra membawa dua noken-as ke tukang bubut.“Noken dibubut 2 mm untuk klep minyak dan api,” imbuh Sandra yang maksudnya untuk in dan ex. In pada zaman Belanda disebut jalur bensin dan ex adalah api. Tetapi, Sandra berubah jadi seperti orang triping, ketika ditanya hasil akhir derajat kem. Maksudnya, doski geleng kepala, tidak mengerti soal derajat. Yang penting hasilnya juara.

 

BERITA TERKAIT:
Modifikasi Satria FU Drag Bike (Dwi Batank), Volumetrik 200 cc, Time 7.5 Detik
Drag Bike Tegal, FU Solo Merontokkan FU Kontroversi Dan Jupiter Z Pele

Modifikasi Yamaha F1ZR, Motor Drag Bike Tiga Arena!

Modifikasi Ninja 150 Drag Eko Chodox, Piston KDX 66 Mm

Modifikasi Yamaha RX-Z Drag Bike, Dapat 7,395 Detik

Modifikasi Yamaha Mio Drag Bike, Jagoan 300 cc, Tomo Speed..!

Modifikasi Jupiter Z Rafid Topan, Juara IndoPrix 2012

Modifikasi Honda Blade, Disegani Di Indo Prix

 

 

 

DATA MODIFIKASI SATRIA FU 150

Piston                                     : Standart Satria F modif

Klep dan Per                         : Standart Satria F

Magnet                                   : Standar

Kampas kopling                   : Asli

Per kopling                            : Suzuki Smash

Karbu                                     : Standar korek

Main-jet                                  : 130

Pilot-jet                                   : 25

Reduksi akhir                       : 13-44

Knalpot                                  : Standar modif

Pelek dan ban depan         : 1.20-17 ban Swallow

Pelek dan ban belakang    : 1.60-17 ban Eat my dust

 


Written by Admin

News Update

01-11-2014
IRS 2014 Sentul Seri 5: Poin Premium Cup (Bebek) 110 Dan 125 Masih Sengit
IRS 2014 Sentul Seri 5: Poin Premium Cup (Bebek) 110 Dan 125 Masih Sengit

  ManiakMotor – Premium Cup 110 dan Premium Cup 125 di IRS 2014 sampai akhir seri tetap ketat. Di dua kelas yang aturannya persis IndoPrix - lantaran di IRS nama kelasnya kelas berubah – poinnya beda-beda tipis.  

Read more
01-11-2014
Kata Rilisnya Yamaha R25 Paling Laku di Indonesia Motorcycle Show 2014
Kata Rilisnya Yamaha R25 Paling Laku di Indonesia Motorcycle Show 2014

ManiakMotor – Kata rilisnya masuk hari ketiga (Rabu – Jumat) di Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2014, Yamaha R25 paling laris. R25 sudah terjual 33 unit di booth Yamaha. Sekali lagi itu kata rilisnya, karena portal ini belum melakukan pendataan pada semua merek. Ooo mungkin maksudnya terlaris di antara Yamaha.

Read more
01-11-2014
MotoGP: Kata Gibernau, Tantangan Marquez Berat 2015, Bila Rossi, Pedrosa, Dan Lorenzo Di TOP Performa
MotoGP: Kata Gibernau, Tantangan Marquez Berat 2015, Bila Rossi, Pedrosa, Dan Lorenzo Di TOP Performa

  ManiakMotor – Kesimpulan dari pandangan Sete Gibernau ada benarnya. Katanya, tantangan Marc Marquez   meraih gelar tahun lalu dan tahun ini, tidak terlalu berat. “Saya tahu betul, tahun ini permainan Jorge (Lorenzo) dan Dani (Pedrosa) di bawah form. Sedang Valentino (Rossi) baru dapat ritmenya setelah akhir-akhir ini,” jelas Gibernau yang bermain balap prototipe sejak 90-an, pastilah sekara...

Read more
31-10-2014
Asia Talent Cup 2015: Indonesia Dapat Jatah Dua Pembalap, Gerry Dan Andi..!
Asia Talent Cup 2015: Indonesia Dapat Jatah Dua Pembalap, Gerry Dan Andi..!

    ManiakMotor – Dua pembalap yang memang memperkuat tim Honda di Indonesia terseleksi di Asia Talent Cup (ATC) di Sepang baru lalu. Keduanya wakil dari Indonesia di format utama ATC tahun depan atau 2015. Dialah Gerry Salim dan Andi Farid Izdihar.

Read more
31-10-2014
Indonesia Motorcycle Show 2014: Tentang Honda CB150R StreetFire
Indonesia Motorcycle Show 2014:  Tentang Honda CB150R StreetFire

      ManiakMotor – Sebenarnya ada juga yang baru pada Honda CB150R StreetFire. Saat tampil di Indonesia Motorcycle Show 2014, dia punya grafis yang lebnih dinamis. Stripingnya menggambarkan motor yang lincah dan cepat dan memang seperti itu karakternya untuk sehari-hari. Bahkan awalnya, mesin CB150R ini telah direvisi untuk kemudahan mengendara di Indonesia dari asli mesin CBR150R yang lam...

Read more
31-10-2014
IRS 2014 Sentul Seri-5: Juara Nasional Supersports 600, Pasti Ninja 600 Yudhistira
IRS 2014 Sentul Seri-5: Juara Nasional Supersports 600, Pasti Ninja 600 Yudhistira

ManiakMotor – Yudhistira from Kawasaki Rextor Manual Tech sudah pasti juara nasional supersports 600 di IRS Sentul. Seri terakhir minggu ini, nggak ngaruh lagi dari kejaran Dimas Ekky Pratama dari Astra Honda Motor yang menggeber CBR600. Kendati event yang berlangsung 1 – 2 November tersebut masih menyisakan 2 race yang setiap race pointnya 25.

Read more
31-10-2014
MotoGP 2014 Jelang Valencia: Stoner Tuntaskan Misi, Siapkan Motor Marquez Dan Pedrosa
MotoGP 2014 Jelang Valencia: Stoner Tuntaskan Misi, Siapkan Motor Marquez Dan Pedrosa

ManiakMotor – Test RC213V di Motegi, Jepang, memang bukan tes biasa. Testernya bukan orang biasa dan hasilnya pun pasti nggak biasa. Dengan status dua gelar dunia dan kondisi fisik masih oke, Casey Stoner tuntaskan misi spesial di Motegi. Ia geber RC213V dengan setingan milik Marc Marquez dan Dani Pedrosa saat GP Jepang dua minggu lalu, kemudian membuat analisa dan seterusnya membandingkan d...

Read more
31-10-2014
Tips Motor: Kem Honda Cielio Di Jupiter Z, Meterial Paling Kuat !
Tips Motor: Kem Honda Cielio Di Jupiter Z, Meterial Paling Kuat !

  Maniakmotor - Noken as racing atau balap tidak sekadar kuat, tapi lapisan metal atasnya harus konsisten agar durasi tak berubah-ubah. Ya tak berubah oleh panas dan tingginya putaran mesin. Sebab itulah mekanik balap pada rame cetak kem berbahan dasar dari noken-as mobil yang dicetak ulang seperti asli Jupiter Z.

Read more
31-10-2014
Launching KTM RC390 Indonesia: Langsung Coba Jalanan Dan Sirkuit
Launching KTM RC390 Indonesia: Langsung Coba Jalanan Dan Sirkuit

  Maniakmotor.com – Model launching KTM RC390 memang siplah. Langsung ujicoba performa di jalan raya Jakarta, tepatnya dari Sudirman Central Business District (SCBD), RC390 dikebut sampai sirkuit Sentul pada 30 Oktober 2014. Tak peduli lagi sibuk-sibuknya pameran roda dua, hehe.

Read more
31-10-2014
Variasi Motor: Knalpot Pelangi Ala Titanium 2-Tak
Variasi Motor: Knalpot Pelangi Ala Titanium 2-Tak

  ManiakMotor – Macam sebutan knalpot soal warna. Awal munculnya yang meyerupai pelangi, lantaran bekas panas dari gas buang. Macam knalpot-knalpot MotoHP itu kan. Nah itu pelat titanium benaraan yang akan berubah warna saat doski semakin panas.

Read more
30-10-2014
Modifikasi Satria FU Drag Bike; Baru Bikin, Kedua Digeber Chodox Di Senayan, 7,3 Detik Bebek 200!
Modifikasi Satria FU Drag Bike; Baru Bikin, Kedua Digeber Chodox Di Senayan, 7,3 Detik Bebek 200!

    ManiakMotor – Over bore. Angka diameter silinder lebih besar dari angka langkah piston. Dipilih karena sudah umum digunakan Suzuki Satria FU yang berlaga di Bebek TU 4T 200. Umumnya pakai piston LHK yang diamternya 70 mm. Sedang stroke atau langkah torak 51 mm yang hasilnya belum sampai 200 cc. Tepatnya 196 cc.

Read more
30-10-2014
IRS 2014 Jelang Seri-5 Sentul: Yamaha Ikut ARRC 250 cc, R25 Ketemu Ninja 250 Dan CBR250
IRS 2014 Jelang Seri-5 Sentul: Yamaha Ikut ARRC 250 cc, R25 Ketemu Ninja 250 Dan CBR250

  ManiakMotor – Jelang seri 5 IRS atau seri terakhir minggu ini 1 – 2 November  2014, kelas kejurnas 250 cc, ya begitu-begitu saja. Pada seri 4 lalu, hanya ada enam peserta yang terdaftar. Para pemerhati kelas ini meminta aturan kejurnas 250 disamakan saja dengan OMR atau supersports.

Read more
30-10-2014
Indonesia Motorcycle Show 2014: Motor Konsep AHM Paling Pas Untuk Indonesia
Indonesia Motorcycle  Show 2014: Motor Konsep AHM Paling Pas Untuk Indonesia

  ManiakMotor – Dimensi seperti motor sport rata-rata berkapasitas 150 cc, naik sikit jadi 250 cc deh. Penampilannya  futuristik ala moge yang harganya selangit. Suspesnsi up side down, lengan ayun tunggal dan naked bike dengan model cruiser-nya. 

Read more
30-10-2014
MotoGP 2014 Jelang Valencia: Ngambek Pada Yamaha, Akhirnya Rossi Ngaku Salah
MotoGP 2014 Jelang Valencia: Ngambek Pada Yamaha, Akhirnya Rossi Ngaku Salah

  ManiakMotor – Setelah 4 musim berlalu, mulai musim duren, mangga, dukuh sampai musim duren lagi, akhirnya Valentino Rossi berterus terang. Dia jujur soal rivalitas ‘kotor’ dengan Jorge Lorenzo musim 2009 dan 2010. Dibilang kotor karena berlangsung tak sportif, tak saling tegur meski berada dalam satu tim, bahkan garasi keduanya pun harus dibatasi dinding khusus agar tak bisa saling lirik se...

Read more
30-10-2014
MotoGP 2014 Jelang Valencia: Stoner Mulai Ngetes RC213V Spek 2015
MotoGP 2014 Jelang Valencia: Stoner Mulai Ngetes RC213V Spek 2015

  ManiakMotor – Kalau yang mantan juara dunia yang ngetest, hasilnya memang tokcer. Apalagi mantan yang bukan sembarang mantan, tapi mantan yang sebenarnya masih produktif. Kalau dia mau, bisa saja masih bermain di papan atas MotoGP masa kini. Jadi ngerti kali dia soal motor yang enak dan layak juara dunia.

Read more
30-10-2014
Suzuki Address: Matik Konsep Efisien Di IMOS 2014, Harga Di Bawah Rp 14 Jeti
Suzuki Address: Matik Konsep Efisien Di IMOS 2014, Harga Di Bawah Rp 14 Jeti

  ManiakMotor -  Motor matic dalam ukuran 110 cc, coba digebrak 2W Suzuki Indomobil Sales (SIS). Mereka menawarkan Suzuki Address. Modal semangatnya matik yang telah mendunia, lantaran dipromosikan lebih dulu di Eropa dan baru masuk Indonesia saat tulisan ini diketik. Tepatnya diperkenalkan di Indonesia Motorcycle  Show (IMOS) pada 29 Oktober 2014.

Read more
29-10-2014
MotoGP 2014 Jelang Valencia: 12 Podium 2014, Rossi Serasa Juara Dunia
MotoGP 2014 Jelang Valencia: 12 Podium 2014, Rossi Serasa Juara Dunia

  ManiakMotor – Memang bukan juara dunia, runner-up saja pada usia 35 tahun tentu sukses besar buat Valentino Rossi. Musim ini doski 12 kali podium bos! Besar peluang The Doctor akan raih podium ke-13 di GP Valencia, 9 November, sekaligus mencatatkan sebagai runner-up 2014 di bawah Marc Marquez. Prestasi terbesar Rossi sejak terakhir kali jadi juara dunia pada 2009 dengan Yamaha.

Read more
29-10-2014
Yamaha WR250R Di Indonesia Motorcycle Show 2014, Jualnya 2015, Ergonomiknya Weenak
Yamaha WR250R Di Indonesia Motorcycle Show 2014, Jualnya 2015, Ergonomiknya Weenak

ManiakMotor – Yamaha WR250R bakal jadi pesaing Kawasaki KLX250 di jalanan, enduro, trabas-trabasan yang pokoknya tanah dan aspal.  Motor bermesin 250 cc DOHC ini tipenya memang trail namun dilengkapi peralatan lalu lintas. Kira-kira seperti era Yamaha Enduro yang dikebut oleh Ali Topan Anak Jalanan atau 'Roda-Roda Gila' yang dibintangi Rano Karno, hehe.

Read more
29-10-2014
Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2014: Setiap Merek Punya Andalan Moge Dan Konsep
Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2014: Setiap Merek Punya Andalan Moge Dan Konsep

ManiakMotor – Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2014 telah mulai pada 29 Oktober dan berakhir 2 November. IMI, eh IMOS diikuti empat pabrikan terbesar di Indonesia utuk produksi masal. Yakni Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. Plus juga sukucadang, aksesori dan pokoknya yang berhubungan dengan motorlah.

Read more
29-10-2014
MotoGP 2014 Jelang Valencia: Marquez dan Rabat Tinggal Tunggu Alex Jadi Trio Jurdun
MotoGP 2014 Jelang Valencia: Marquez dan Rabat Tinggal Tunggu Alex Jadi Trio Jurdun

  ManiakMotor – Hanya dalam selang dua minggu dua sohib karib, Marc Marquez dan Esteve ‘Tito’ Rabat, menjadi juara dunia. Jika Alex Marquez jurdun di GP Valencia, 9 November, maka lengkap sudah trio muda Spanyol itu.

Read more