MotoPrix 2013 Purwokerto; Race MP1, Doanya Sulung Giwa, Sirkuit Banjir Berat

 

ManiakMotor - Jangan pernah remehkan kekuatan doa’a, apalagi restu ibu. Yeee, siapa yang remehkan? Sulung Giwa  yang membela Yamaha Yamahalube NHK 3M FDR Ridlatamamerasakan betul hal itu. “Sebelum  final MP1, aku sholat dulu dan minta restu ibu. Alhamdulliah, dengan penuh perjuangan podium pertama,” sumringah Sulung dalam lomba yang berlangsung di seri 2 MotoPrix Region Jawa di GOR Satria, Purwokerto, 21 April 2013.

Sulung di seri pertama di Serang, di kelas ini sudah memmpin, tapi  lima lap sebelum finish dia terjatuh. Makanya, di seri ini tim mendorongnya dengan motivasi tinggi. Sebab, “Peluang untuk MP2 sudah tertutup, lantaran tak finish di babak penyisihani,” sambung Novi , bos  Ridlatama seraya bilang kebersamaan tim adalah kuncinya.

MP1 alias bebek tune-up 125 cc 4-tak seeded ini memang menegangkan. Baru masuk lap kedua, bendera merah harus dikibarkan, kecelakaan di tikungan pertama yang melibatkan banyak pembalap menjadi pemicunya. R1 sirkuit GOR Satria Purwokerto, Jateng bisa disebut tikungan cepat, kecepatan pembalap masih belum turun di situ.  Agus Setiyawan dari Yamaha Yamahalube TDR FDR NHK Yonk Jaya yang punya kans, jadi salah satu korbannya.

Dengan menahan rasa sakit Agus dan pembalap lainnya kembali ke grid awal. Tadinya 20 lap, dipangkas jadi 19 lap. Lepas start, Willy Hammer (Honda Rinjani MPM NHK Kawahara) melesat cepat, ditempel ketat Sulung Giwa, R Fadhil, Gilang Pranata Sukma sampai beberapa lap. Namun, setelah itu fokus perhatian ribuan pasang mata tertuju pada duel Sulung Vs Willy.

“Aku coba main tenang dalam memilih jalur. Dua kali Sulung saya overtake di tikungan putar balik, tapi aku berhasil diambil kembali,” bilang Willy yang makin dibikin penasaran dengan hasil ini. Tujuh lap menjelang finish Sulung berhasil ambil alih Willy di tikungan putar balik. “Sejak itu, aku pakai strategi tenang, apalagi tahu motor Willy sudah melemah,”ungkap Sulung.

Widya Krida Leksana selaku mekanik coba membeberkan settingan motor. Dia pilih kompresi 13,5:1, karena bermain di trek dadakan dengan bahan bakar avgas. Dengan komposisi itu, memang mengejar putaran bawah-menengah. Tak kalah penting setting suspensi , oli tabung sok depan 60 ml, rebound belakang ditaruh pada klik tengah dengan pegas normal pada suspensi Penske. “Itu suspensi balap sekelas Ohlins,” jelas Krida yang bertubuh gempang bangat ini alias ini bangat.

Usai race MP1 berlansung, turun hujan sangat lebat di seputaran GOR Satria. Sejurus kemudian sirkuit banjir. Sampai berita ini diketik, lomba dihentikan untuk sementara dan masih menunggu keadaan mereda. Listrik mati dan sebagainya sehingga distribusi berita dari lokasi ke maniakmotor,com juga terganggu. Pawang hujan gagal menolaknya. Tapi, tetap saja pawangnya dibayar, Rin.  Ardel

BERITA TERKAIT

Hasil MotoPrix 2013 Purwokerto, Semua Sesi, 20 - 21 April 2013

MotoPrix 2013: Launching TIM NHK MotoPrix Region Jawa, Helm Para Juara

MotoPrix 2013 Purwokerto; QTT MP2, Zaki Yang Banter..!

MotoPrix 2013 Purwokerto; QTT MP1, Dicaplok Tammy Pratama



Written by Administrator
SYS