Honda Racing Championship (HRC) 2013, Jelang Tangerang, Ada OMR CB150R SreetFire

 

 

ManiakMotor - Baru di one make race (OMR) Honda atau Honda Racing Championship (HRC) ada balapan full frame (sport). Itu di luar Circuit Sentul International atau Sentul Besar. PT Astra Honda Motor (AHM) akan menurunkan Honda CB150R StreetFire di trek dadakan. Bidikannya, akan menuntun pembibitan balapan yang sebenarnya. Bibit sejak awal telah menggunakan kuda besi yang punya tangki di depan badan pembalap, tangkinya bukan di pantat seperti bebek dan matik.

CB150R ini akan tampil di HRC 2013 seri pertama yang rencananya diadakan di Tigaraksa, Tangerang, Banten pada 27 – 28 April 2013. Tetapi dikabarkan sirkuit tersebut masih akan disurvei lebih lanjut. “Lebar sirkuit menentukkan karena tahun ini ada CB150R. Di sisi lain, motor-motor saat ini teknologinya cepat berkembang, termasuk MP1 dan MP2. Karena itu, kondisi sirkuit harus aman,” kabar Anggono Iriawan, manajer motorsport AHM.

Menurut Farryd Sungkar yang berada di lokasi yang akan dijadikan arena balapan, semua sudah oke. Izin-izin yang berhubungan dengan lomba pun, lengkap sudah. Paling utama lagi, “Sirkuit memenuhi syarat untuk OMR CB150R, MP1 dan MP2. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” jelas Faryyd yang berbendera  FR Action Event selaku event organizer (EO) HRC khusus untuk lomba.

Speksifikasi CB150R yang tampil di Tigaraksa ini sama dengan yang ikut OMR serupa di event IRS Sentul. Sebagian besar masih satandar hanya yang berhubungan dengan ergonomik pembalap yang diubah. Termasuk di dalamnya kotak elektronik piggy back (PB) yang memerintah ECU (Electronic Control Unit) untuk mengubah injeksi dan pengapian, agar rpm bisa lebih tinggi.

Inilah terobosan AHM dalam pembibitan sejak dini dengan motor yang sesungguhnya untuk balap. Jadi jenjang pembalapnya bertingkat naik ke 250 cc IRS di Sentul, berlanjut Asia Dream Cup, superpsort 600 atau bahkan dunia. Pendeknya, tidak kagok dengan sport. Juga sudah tidak ada lagi alasan hanya lulusan  bebek. "Pembalap yang wajib naik mereka yang di bawah 18 tahun," ingat Anggono.

Tunggu dulu, di HRC ini juga tersedia berbagai acara di lokasi, termasuk kunjangan paddock buat penonton. Silakan minta tanda tangan pada Wahyu Widodo dan Gerry Salim, dua pembalap Honda yang melejit di IndoPrix baru lalu. Ito

BERITA TERKAIT:

Jelang IRS Sentul 2013, OMR CB150R StreetFire, Saat Test Top Speed 145 Km/jam

IRS Sentul 2013; OMR Honda CB150R Dan CBR250R, Motor Petarung

 




Written by Administrator