Yamaha Cup Race Seri 1 Bandung, Safety Riding Dulu Baru Balap, Bukti Pengereman..!

 



ManiakMotor – Sebelum kebut-kebutan di Yamaha Cup Race (YCR), pembalap diminta memperagakan berkendara aman di jalan raya. Mereka adalah pembalap-pembalap  top Yamaha. Ini dalam rangka seri pertama YCR disirkuit Brigif, Cimahi, Bandung, Jawa Barat 19 Mei 2013, yang bersamaan dengan safety riding harus dimulai dari arena balap. Fokusnya pada titik pengereman.

Bila pembalap langsung yang jadi alat umpama, itu ilmu pasti. Berbagai macam pengereman biasa ia lakukan. Ini penting, YCR bukan promosi dan balap saja. Kita fokus pada motor matik yang perlu edukasi soal rem. Penjualan matik kan tinggi, kita merasa perlu safety riding-nya," bilang Andri Saputra, koordinator Yamaha Racing Academy (YRA).

Makanya dipanggil lah Anggi Permana, itu pembalap IndoPrix. Juga ada Tammy Pratama, yang berlaga di MotoPrix, sebagai mentor. Anggi menggunakan Mio J, Tammy cocok pakai X-Ride yang ototnya sama. Mereka melakukan 2 putaran sirkuit, disusul berikutnya mempraktekan 3 pengereman berbeda.

Pertama rem belakang saja, yang hasilnya 9 meter dari titik pengereman baru berhenti. Kedua hanya menarik rem depan, yang hasilnya sama saja. Sementara kecepatan motor juga sama 45 Km/jam dalam pengereman berbeda itu. Yang ketiga gimana? "Belakang 50 persen, depan 50 persen dan hasilnya berhenti dalam jarak 3 meter," jelas Tammy, pembalap asal Jawa Barat, yang kemarin juara Motoprix seri 2 region Jawa.

Tammy dan Anggi berkendara layaknya sehari-hari. Bedanya pakai baju balap, kan sembari persiapan race pertama bebek 4T 125 cc Tune Up Seeded.  Dengan alat penghitung jarak, hasilnya ya akurat. Tuh ada fotonya. "Safety riding ini juga mengundang perwakilan OSIS dari seluruh SMA di Bandung. Kurang lebih ada 25 orang," tutup Andri, sembari bilang juga tersedia arena safety riding untuk anak-anak dengan menggunakan Yamaha TTR 50, juga umum.

Makanya gunakan rem yang seimbang depan dan belakang. Bila hanya belakang, juga roda belakang akan ngepot yang membuat keseimbang motor hilang. Sebaliknya depan saja, motor akan menukik tajam yang bikin sampeyan panik. Jika keduanya, motor berhenti tegak dan lebih pendek jarak berhentinya.  Adib

BERITA TERKAIT:

Hasil Yamaha Cup Race Cimahi, Bandung, Jabar, 18 - 19 Mei 2013

Yamaha Cup Race (YCR) 2013 Jelang Seri-1 Cimahi, Temanya Balap Murah Dan Canggih


Written by Administrator
Ohlins