Kejurnas Grasstrack Pandeglang, Aturan Kelas Bebek Seperti MotoPrix

 

ManiakMotor – Diperkenalkan atau disosialisi aturan Bebek 4-Tak 115 cc dan 130 cc di grasstrack. Tepatnya di seri perdana kejurnas grasstrack region Jawa dalam MPS FIF GM Grasstrack di sirkuit MPS, Pandeglang, Banten, 2 – 3 Maret 2013. Aturan ini persis road race atau semacam MP1 dan MP2 beserta turunannya. Alasannya regulasi kelas ini lebih mudah diikuti motor yang dibikin produsen di Indonesia.

Namanya sosialisasi alias memperkanalkan, ya sebatas diperkenalkan, belum wajib. Makanya di kelas ini tidak ada pesertanya. “Tiap seri kejurnas akan ada kelas ini, mungkin seri pertama ini banyak yang belum tahu. Pembentukan kelas ini agar sesuai dengan motor yang dijual massal di indonesia. Saat ini tidak ada bebek keluaran terbaru yang 2-langkah,” tutur Frans Tanujaya dari Biro R2 Offtrack PP IMI yang ama kejurnas grasstrack region 2 (Jawa), di sirkuit MPS Motorsport, Pandeglang, Banten hari Minggu (3/3) lalu.

Maklumlah, di garuk tanah ini yang populer mesin 2-tak. Alasannya, membangun motornya lebih murah. Perawatannya pun hemat. Teknologinya tidak seruwet 4-tak sekarang yang sekali ngooook, macet mesinnya bisa menggali lubang dan tutup lubang pemilik tim grasstrck. Nah, “Ini juga yang mesti diperhatikan regulasi. Biar bagaimana pun, 2-tak akan lama hilang dari pasar motor Indonesia,” terang maniakmoto.com. Hehehe...   

Kelas baru 4-tak tersebut tim-tim kuat mulai siap dengan spek motornya. Apalagi, para tekniksi road race mulai bermunculan di garuk tanah.  M. Fachmy, punggawa MPS Honda Banten KYT IRC Try Ink memang bukan orang road race. Tetapi, induk MPS adalah Honda Banten yang lebih duluan kenal  road race, bahkan sampai ke IndoPrix. Wajar saja Facmy siap dengan motornya. “Kelas ini sebenarnya untuk memudahkan. Mudah untuk produsen masuk ke grasstrack dan mudah untuk ketersedian suku cadang,” alasan Fachmy yang kali ini sebagai tuan rumah.

Juga Temmy Mulyadi, selaku pemilik tim Kekar GM CLD IRC Tanggerang. Di dalam tim ada orang-orang road race. Misalnya Songga sebagai mekanik IndoPrix yang 2012 menangani Owie Nurhuda. Apalagi Meilan, pembalap IP yang baru menyerah 2012, doski menjadi manager tim. “Motor sudah siap, tinggal tunggu tanggal mainnya,” kata Meilan yang ditemui sedang mengawal timnya di Pandeglang.

Selama ini aturan teknik kendaraan di grasstrack diatur berdasarkan jenis motor (bebek dan sport) dan cara kerjanya (2-tak dan 4-tak). Volume silinder di bebek 4-tak di bebaskan asal tidak melewati 130 cc. Ke depan akan ada dua kelas bebek 4-tak, yaitu bebek 115 cc dan bebek 130 cc. Sama seperti aturan MotoPrix atau IndoPrix sekalgus. Lalu kedua kelas ini akan dibagi lagi menurut jenjang pembalapnya. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Kejurnas Grasstrack Pandeglang, Banten, 3 Maret 2013

MPS FIF GM Grasstrack Pandeglang, Sirkuit On Throttle

Jelang Kejurnas MPS GM Grasstrack Banten, Wisata Garuk Tanah!


Written by Administrator