Final Matic Race Cianjur, Ini Yang Bikin Ramai Di Jabar

ManiakMotor – Pasar pertama yang dibuka matik adalah DKI dan Jawa Barat. Penetrasinya ada di dua daerah ini dan otomatis booming matik memang dari sini. Terutama lagi dengan Mio-nya yang ada merek Yamahanya. Kalau motor matik awal sih adalah Corsa, bukan Mio yang disusul Kymco. Kebetulan saja Mio yang jual Yamaha, laku di DKI dan Jabar.

Karenanya jangan linglung Jabar dan DKI ramai dengan peserta balap matik. Semua balapan jenis matik di sana dikerubuti peserta. Macam Grand Final The Maser Of Matic Race (TMOMR) 2012 yang berlangsung di Terminal Pasir Hayam, Jebrod, Cianjur, Jawa Barat, 18 November, pesertanya bujubune, 385 starter,  itu matik semua.

Penjualan banyak, pasti akan disusul terbentuknya komunitas atau klub. Jabar dan DKI lumbung klub matik. Di antara anggota pasti ada yang hobi racing. Mereka maunya balap,” buka Firman Qchenk, Manajer tim CLD dari Bandung. Ini orang baru ikutan balap matik, dulunya balap liaran. Di event ini timnya sekaligus turun dengan 14 motor. Pembalapnya dominan pemula.

Ssst... penjelasannya  belum selesai bro.  Persis yang selalu disuarakan Helmy Sungkar dari Trendypromo Mandira, promotor TMOMR. Katanya, setiap produk yang laku, selalu diikuti bisnis sampingannya yang juga laris. “Balap matik adalah sampingan yang juga laris di Jabar dan DKI, karena uji coba pasar awalnya dari sini. Mungkin juga matik paling laku di dua daerah ini,” hitung Helmy yang  hujan-hujanan saat balapan TMOMR diguyur hujan. Namanya juga hujan Pak. Kalau terik ya, kepanasan.

Balap matik yang pertama juga berasal dari Jabar. Mau tahu siapa pelakukanya? Mauuuu...! Lha kok dijawab sendiri. Ya karena yang memulai tulisan ini yang bisa menjawabnya.  Coba panggil Kang Delly Efendy, promotor tarkam dari Jabar yang entah ke mana sekarang. Juga Benny ‘Boang’ Pria, pembalap lumutan dan sampai jenggotan tetap membalap.

Dengan hanya pagar tali rapiah, Kang Delly dan Benny membuka kelas matik yang awalnya hanya diikuti enam peserta. Aturannya pun suka-suka. Sorry portal ini sudah lupa entah kapan. Yang jelas dicoba di sirkuit Brigif, Cimahi, Bandung. “Saya termasuk peserta awalnya. Kisaran 2006,” kata Arie Octane sembari meluruskan yang sudah lupa itu. Octane sampai sekarang membalap dengan matik dan sempat melambung di balap bebek.

Dari lima seri TMOMR yang ramai, ya hanya Jabar dan DKI. Pernah dibawa keluar dari daerah ini, hasilnya adalah sepi. Peserta yang ke sana, tetap dari Jabar dan DKI juga. “Karena ini balapan bermula dari arisan enam matik, setiap peserta bayar Rp 100 ribu.  Namanya arisan semua dirembuk bersama soal aturan mainnya. Pokoknya harus kompak,” timpal Deden Gantar, mantan pembalap bebek dan sekarang hanya balap matik sekaligus  manajer  Honda Golden di OMR Honda.

Ditunjang kinerja Trendypromo Mandira yang tetap memelihara kekompakan komunitas, bikin balapan matik ini berkibar di DKI dan Jabar. Malah sekarang sudah menyebrang ke Banten.  Maksudnya pada akhirnya tetap profesional penyelenggaraan yang menentukkan. “Sebagai promotor, ya harus membaca pasar juga. Mau ke mana ini matik akan dipelihara,” tambah Helmy yang mandi basah. Maksudnya, setiap basah ya mandi, Pak. Tapi hati-hati sakitnya kambuh.

Dari sejarah inilah balap matik ramai di DKI dan Jabar. Pasar adalalah induknya, hobi adalah anaknya. Selanjutnya jadi lahan orang, ya, karena pasar juga. Tapi bicara jadi maniak balap matik, ingatlah sejarah itu, supaya tetap maniakmotor.com. Hehehe, salah..! Adib

BERITA TERKAIT:

Hasil Lomba Final Matic Race Cianjur, 18 November 2012

Indonesia Super Matic Race Serang, 1 Joki Dua Kelas, Hadiah Mobil

Road Race Purwakarta, IRC Bara Open 400 Starter



 

Written by Admin

Adventure

Rally Dakar 2014: Rider Belgia Tewas di Etape 5
  ManiakMotor – Sudah banyak korban celaka di ajang reli gendeng yang bernama Dakar ini. Tapi, petualangan seru itu justru semakin ... Baca Selengkapnya

Grasstrack

Rally Dakar 2014: Rider Belgia Tewas di Etape 5
  ManiakMotor – Sudah banyak korban celaka di ajang reli gendeng yang bernama Dakar ini. Tapi, petualangan seru itu justru semakin ... Baca Selengkapnya

Motocross

Rally Dakar 2014: Rider Belgia Tewas di Etape 5
  ManiakMotor – Sudah banyak korban celaka di ajang reli gendeng yang bernama Dakar ini. Tapi, petualangan seru itu justru semakin ... Baca Selengkapnya