Tips Standar, Setel Klep Honda Megapro

ManiakMotor-Pemilik Motor ‘batangan’ macam Honda Mega-Pro, cerminan pribadi yang laki. Mereka identik macho yang berarti pemberani. Apalagi pas boncengin gadis pujaan hati, suit..suit..suit! Makin sejati bila berani menyetel klep sendiri.

Wah, kian dipuji setengah mati sama si doi tuh, itu kalau berani, bro?Lihat motor besar dan bobot kaya gini, terkadang kebayang susahnya melakukan setel sendiri sendiri, takut salah, jujur Dony Ardiansyah pemilik Mega Pro 2005.

 

Kalau melakukan kesalahan hukum, itu ke penjara. Tapi kalah hanya salah setel klep, ya, nggak apa-apa bro, motor sendiri kok. Apalagi, mengikuti petunjuk tips ini, masbro  pasti bisa, sangat bisa. Hayo ganti celena pendek dan kaos oblong harian. Jangan pakai yang masih baru. Yang penting nyaman bergerak. Jangan lupa sediakan cemilan dan air putih.  

Tapi yang lebih penting disediakan obeng min (-) besar, kunci tutup klep/ring 24, kunci sok 14, kunci ring 10, kunci ‘L’ khusus klep dan feeler gauge (gbr-1). Di antara alat ini ada yang kurang jangan lanjutkan perkerjaan. Pasti tidak bakalan selesai. Bila ada, sediakan penampang alat-alat yang khusus kunci tersendiri dan bagian dari motor tersendiri juga.  

Posisikan motor dengan standar tengah dan di ruang yang bebas. Supaya, masbro juga leluasa bergerak. Langsung, buka busi dengan kuncinya. Buka kedua tutup klep in dan ex (gbr-2) dengan kuncinya. Klep masuk atau in yang sejajar karbu dan keluar atau ex  yang di depaan. Atur posisi kunci pada tutup, tangan dan badan senyaman mungkin biar mudah membukanya. Baca doa dulu juga dipersilakan,” kata Ragil Pamungkas, mekanik di bengkel SMK Panca Bhakti, Banjarnegara.

Tahan sebentar, maksudnya ambil nafas dulu dan silakan minum air putih, supaya tidak tegang. Kan takut salah.

Lalu, buka dua tutup lubang untuk memutar kruk-as pada bak mesin kiri dengan obeng min besar (gbr-3) dan satunya lagi di atasnya (gbr-4). Setelah terbuka, posisikan agar kondisi valve alias katup klep bebas atau piston pada Titik Mati Atas (TMA), pakai kunci sok 14 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam (gbr-5).

Nah, sambil memutar poros engkol tadi, intip dari lubang intip (gbr-6) sampai tanda ‘Tsearah dengan garis yang bisa diintip dari lubang intipnya (gbr-7). Pokoknya kali ini rajin mengintip, bro. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.

Tinggal setel klep dengan ukuran feeler0,10 mm (gbr-8). Tekniknya, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan ring 10. Jangan buru-buru  menyelipkan  feeler gauge sesuai ukuran uang 0,10 mm tadi di celah klep. Tapi bilahnya dilap dengan kain bersih dengan tenang dan konsentrasi. Putar tappet adjuster dengan kunci ‘L’ khusus klep sembari menahan murnya sampai  feeler terasa seret (gbr-7) saat ditarik dan apabila didorong tidak bisa alias bilah akan bengkok.

Untuk memastikan dan mebandingkan, silakan intip cara menyetel klep Supra dan klep-klep lainnya pada  BERITA TERKAIT. Sebab trik menyetel klep Honda sama semua langkah-langkahnya. Persoalannya, konsumen maunya diurai sesuai motornya. Ya, seperti sampeyan yang punya Mega Pro.

Terakhir, keraskan lagi mur stelan klep sembari menahan pelatuknya. Cek ulang hasil setelan sampai hasilnya tepat. Bila bilah pengukur atau feeler gauge terasa seret ditarik dan sulit didorong. Jangan lupa, tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka. Nah, minum lagi air putihnya dan lap keringatnya! Ardel

BERITA TERKAIT:

Setel Klep Honda Supra 125

Tips Standar, Setel Klep Jupiter Z

Tips Standar, Setel Klep Yamaha Mio

Tips Bore-Up Honda Beat, Murah Dan Aman, Pakai Piston Kaze

Tips Cegah Stater Matik Macet



Written by Admin