Bikin Stopper Ban Untuk Pelek Kecil, Buat Korek Harian

ManiakMotorMotor liaran, korek harian apalagi untuk drag bike,  ban luarnya sering bergeser. Ketika mendapat  power, ban luar jadi diam akibat nempel di aspal dan hanya peleknya yang berputar. Itu disebut bergeser. Maka butuh penahan (stopper) antara ban luar dan pelek.

Tanpa itu, pastilah ban dalam akan bocor, lantaran tergesek pelek dan ban. Belum lagi, bagian pentilnya ikut sobek.   “Pusing juga jadinya, ngeset motor tapi bolak-balik ban dalam belakang  bocor melulu. Bukan nilai rupiahnya, tapi repotnya,”kesal Darmo, dragbiker asal Banjarnegara, Jawa Tengah yang pakai RX-King.

Dugaan awal,  tekanan ban terlalu rendah, nyatanya setelah  dinaikkan tetap saja bocor. Darma pakai ban Comet 60/80 (dalam) dan HUT 60/90 (luar). Juga pelek Zipp 1.60 x 17 diduga pemicunya. Zipp yang melengkung tidak cocok, pentil ban dalam sering miring, tanda ban luar dan pelek bergeser sendiri. “Tenang, itu bisa diakali dengan pasang stopper macam ban motor trail,” jawab Edi Sauntasa dari bengkel Shan Motor Sport, Banjarnegara, Jateng.

Dari pada penasaran, Darmo pun membuktikannya. Dia beli stopper yang untuk pelek 1.60inci yang  Rp35 ribu.  Pemasangan stopper penahan ban luar itu, tinggal bikin lubang baut diameter 6 mm. Jarak lubang dari pentil sekitar 15 cmn (searah jarum jam).  “Pemasangan harus pentil dulu baru stopper.  Eh, penyakit ban bocor melulu hilang tuh bro,” yakin Darmo.

Siplah. Ardel

TIPS LAIN:

Bobok Kenalpot Standar Mio, Atur Suara Dan Tenaga

Cuci Motor Sendiri, Cat Dan Anda Sehat

Filter Bensin Dari Sloki

Ganti Per Kopling! Tarikannya, Cing..!

Tips Standar, Setel Klep Yamaha Mio


Written by Admin