Ganti Kampas Rem Cakram Honda Supra X125

Maniakmotor – Pengecekan rem bukan lagi harus, tapi wajib. Terutama kenali sejak dini ketebalan kampas remnya. Ada dua tipe pengereman, tromol (drum brake) dan cakram (disc brake).  Saat ini, cakram sudah dipakai pada depan dan belakang, seperti Honda Supra X 125, Suzuki Satria f-150 dan banyak lagi.

Rata-rata perintah cakram depan sudah sistem hidrolik. Terus, cara mengganti kampasnya ya sama saja semua motor, termasuk mendeteksinya. Kali ini alat peraganya Supra X125 yang dikerjakan di bengkel Hard’s Motor Banyuwangi di Jatim. Waduh jauh amat tipsnya.

Di sana ketemu M. Lutfy salah satu kru bengkel. Mekanik berambut kribo ini juga kasih ilmu cara  mengetahui kampas sudah tipis. “Periksa tinggi permukaan minyak rem pada tabung reservoir dalam posisi motor tegak. Pada tabung minyak rem ada tanda batas terendah atau tertulis lower (gbr-1). Bila permukaan minyak rem berada  di bawah tanda itu, indikasi utamanya  kampas sudah menipis,” jelas Lutfy.

Itu tandanya harus hati-hati. Sebab sebentar lagi nyawa juga sudah tipis. Jangan sampai sudah bunyi motor beradu dengan mobil,  baru diganti. Ayo langsung cek kampasnya. Langkah pertama lepaskan pin pengunci kaliper (plug cover) dengan obeng minus (gbr-2). Lanjut dengan melepas pin hanger atau baut pegangan kampas dengan kunci L5 (gbr-3).  Kemudian lepas baut kepala babi alias kaliper dari tabung sokbreker depan dengan kunci L10 (gbr-4), ada dua baut yang harus dilepas di situ.

Cabut kampas dari dudukannya, copot juga penjepitnya (gbr-5). Setelah terlepas langsung cek ketebalan kampas.  Ada dua alur di tengah daging kampas (gbr-6).  Alur ini fungsinya sebagai indikator kapan waktunya ganti kampas. Bila got alur sudah tak dalam apalagi sudah rata,  itu tandanya kampas harus dilembiru alias dilembar beli baru.

Bersihkan kaliper sampai ke sisi dalamnya. Paling bagus membersihkan dengan air dan sabun colek sembari dikuas (gbr-7). Begitu juga cakramnya dibersihkan. Gunakan obeng buat ngusir kotoran sisa-sisa kampas yang menyelinap di lubang-lubang piringan (gbr8). Lubang ini fungsinya buat melepas panas.   

Silakan pasang kembali,  jangan lupa memberikan gemuk pada pin bolt-nya (gbr9). Lanjutkan memasang kampas baru. Nah sekarang tinggal memasang kembali, silahkan lanjutkan sendiri kalo bingung baca lagi tulisan ini, pokoknya kebalikan dari urutan tadi.

Soal menyetel angin pernah ada tipsnya di portal ini, tinggal cari. Ya, nyarinya di maniakmotor.com, bukan di portal lain. Caranya tekan berulang-ulang tuas rem, lalu tahan sembari mengendurkan sekrup penyetelnya (screw bleeder) dengan kunci ring 8 (gbr-10). Lakukan berulang sampai muncratnya minyak rem lurus!!! GS

TIPS LAIN:

Tips Setel Minyak Rem, Sampai Muncrat….

Tips, Jurus Membunuh Bunyi Pada Rem

 

Bikin Stopper Ban Untuk Pelek Kecil

Tips Setting Karbu Motor, Pasang Kenalpot Racing (Harian)

Tips Standar, Membersihkan Karburator Vakum







Written by Admin