Ganti Oli Transmisi Matik


ManiakMotor – Pada bebek atau sport 4-tak umumnya menggunakan satu pelumas untuk mesin dan girboks. Beda dengan skuter alias matik yang olinya terpisah. Posisi girboks yang bahasa Ingrissnya gearbox atau gigi transmisi dan mesin berdiri sendiri.

Jelasnya begini bro, di mesin matik yang bahasa UK-nya matic, berisi piston dan kruk-as saja. Kruk-as tadi terhubung ke gearbox yang berada di roda belakang melalui CVT alias ce pe te  yang di dalamnya terdapat V-belt dan puli-puli (puli depan-belakang). Puli tadi terhubung dengan gigi-gigi dari kruk-as. Walau namanya matik tetap punya gigi-gigi yang menurskan putaran kruk as ke puli. Kurang lebih begitulah gambarannya. Gigi-gigi ini punya pelumas tersendiri.

Sama dengan mesin, penggantian oli transmisi dilakukan secara berkala. Penggantiannya  setiap 6.000 km, itu berdasarkan keterangan di buku manual. Lebih cepat diganti ndak masalah, asal jangan terlambat. Kali ini panduan ganti oli transmisi pada matik  Honda, baik Beat, Scoopy atau Vario sama saja.

Cara  gantinya tergolong mudah dikerjakan sendiri. Lha kalo mudah kenapa dibikin tips-nya?? Iya meskipun mudah tapi masih banyak yang bingung, dari pada tambah bingung mending langsung praktek.

Siapkan kunci T atau ring 12 , tang/gunting dan ember/kaleng bekas untuk wadah oli. Siapkan AHM Transmission Gear Oil, merek lain juga ada. Belinya pake uang Rp 20 rebuan. Harga olinya Rp 10 rebu, sisanya silakan beli minuman. Mantap daahhh....Lanjut.

Kendurkan baut tap dengan kunci T atau ring 12 (gbr-1). Mutarnya ke kiri atau berlawanan dengan  jarum jam. Awas keliru soalnya ada 2 baut yang sama. Letak baut pembuangan tap tadi ada di bawah, sedang atasnya nanti buat ngisi oli yang baru. Jelasnya lihat gambar. Sambil menunggu oli terkuras, silakan siul-siul jangan sruput dulu minumannya. Kalau peokok, silakan dua isap tiga isap, puntungnya jangan dibuang, masih bisa diisap lagi saat istirahat sejenak. Awas jangan banyak-banyak, merokok dapat berakibat pada janin. Wah... cewek ya?

Setelah habis olinya, tutup kembali lubangnya, tentu saja dengan baut tadi. Selagi masih pegang  kunci T atau ring 12 tadi (gbr-2) langsung buka baut oli pengisiian. Gunting plastik oli dengan tang atau gunting pada jungnya (gbr-3) kemudian masukkan lewat lubang tadi sembari memiringkan matik (gbr-4). Bila sendiri kesulitan, panggil tetangga untuk membantu memiringkan ke kanan. Asal jangan istri tetangga yang dimintai tolong. Habiskan sebotol oli AHM yang memang sesuai takarannya. GS  

TIPS LAINNYA:

Tips Darurat, Atasi Sil Sokbreker Depan Lepas

Deteksi Lampu Sein Padam

Bikin Stopper Ban Untuk Pelek Kecil

Setting Karburator Motor, Pasang Kenalpot Racing (Harian)

Tips Standar, Ganti Roller CVT Sendiri

 


 


Written by Admin