Kohar Bebek Yamaha 4-Tak, Pakai Piston Blitz Joy, Ngacirrrr..!

 



Maniakmotor – Bebek Yamaha tetap masih favorit untuk adu kebut, entah resmi, setengah resmi hingga no rule. Yang terakhir ini balap liar brosist. Bali! Speed lovers dan speed maniac  sampai maniakmotor.com coba mengulasnya. Eiii... (logat Ambon) ternyata pengguna motor harian Yamaha juga mau. Mereka  hanya ingin memperbaiki akseslerasi yang lebih mantap atau disebut korek harian yang kata gaulnya street racing.

Di tips sebelumnya  telah ditulis cara bore-up pake piston Kaze.  Sekarang selingkuh lagi dan akhirnya poligami dengan piston Kawasaki Blitz Joy, ya masih sodaranya Kaze juga. Silakan dicoba di Jupiter Z, New Jupiter atau Vega ZR. Tapi, kalau salah penerapannya, portal ini nggak tanggung jawab loh. Hehehe, becanda. Makanya teliti terhadap langkah-langkahnya.

Nggak perlu kawin siri ke penghulu dan resmi ke KUA, cukup  ke bengkel  58 Speed Genteng, Jember, Jatim untuk konsultasi. Di sana ketemu Mas Kusnul. Katanya untuk pasang seker Blitz Joy tadi tidak perlu duit banyak. Cukup Rp 500 rebuan. Itupun sudah termasuk piston (NPP) berikut ongkos pasang dan jasa tukang bubut.  Asyik aja, rek!! “Karena diameter pin piston sama-sama 13 mm,” terang Mas Kusnul.

Tentu bukan hanya itu keuntungannya. Jika cuma itu, buat apa ganti seher. Justru yang paling perlu  pakai piston standar Blitz Joy, diameternya lebih besar. Piston ini juga dikenal bandel. Jika disumpel pada sumur silinder Vega atau Jupiter Z yang punya spek satandar 51mm X 54mm (bore X stroke) kapasitasnya jadi 132,9 cc. Kian tokcer bin ngacir nikah lagi dengan New Jupiter, speknya sebelas dua belas dengan Vega ZR yang 50,0mm X 57,9mm, hasilnya 142,5 cc.

Namun tetap perlu penyesuaian. Namanya juga korek harian, pasti ada yang dikorek-korek. Paling tidak, dibawa ke tukang bubut buat ganti liner yang lebih besar. “Lebih mudahnya beli liner milik Blitz Joy yang pas dengan piston. Kan pasangannya, Mas,” tambah  Kusnul.  Tak ketinggalan puncak sehernya dibuatkan alur klep baru. Apalagi noken as sudah kena gerinda alias durasinya diutak-atik,  wajib bikin alur klep biar nggak duarrr, tabrakan dengan payung klep.

Meski pantat piston Joy terlihat lebih panjang dari satandar Jupiter atau Vega, tetap aman bila langsung dipasang. Namun, bila dipasang pada New Jupiter dan Vega ZR harus dipotong pantatnya 35 mm. itu diukur dari kepala piston. Pokoknya ongkos buat ganti boring, modif piston dan beli piston kit (NPP) total hanya Rp 300 rebuan, sisanya buat ongkos mekanik, pas kan dengan Rp 500 tadi.

Sekadar mengingatkan untuk menyeting ulang karburatornya. Jika tidak, ruang bakar jadi tandus seperti kepala botak tanpa rambut. Ya botak memang nggak punya rambut, bro. Ada-ada saja yang diada-adain seperti orang botak berambut gondrong, dong. Macam kepala piston.  “Udah-udah. Biasanya main-jet dan pilot-jet naik sekitar 2-3 step. Habis tinggal lihat businya, kalau masih putih tambah lagi main-jet sampai warna busi seperti batu bata,” jelas Masnul sambil kecikikan membaca tabok, eh botak.

Hahaha...GS

TIPS LAINNYA

Bore-Up Yamaha Vega ZR, Ala Street Racing, Pakai Piston Kaze

Kohar; Bikin Sendiri Alat Coakan Klep Pada Piston

Reamer Karbu Standar Jupiter Z

Kohar Bebek Yamaha 4-Tak, Pakai Piston Blitz Joy, Ngacirrrr..!

Intake Manifold Mesin Korek Harian 4 Tak, Tidak Mesti Pendek


Written by Admin