Modif Dan Tips Kohar FU Standar, Ilmu Dari Drag Bike..!

 

ManiakMotor Aturan FU standar drag bike di Jogja dan Jawa tengah memang berbeda. Di Jogja masih standar habis, cuma  atur shim, porting  dan  bobok kenalpot.  Makanya Suzuki Satria FU dari tim CMC Jogja yang juara di event VSC Drag Bike 2013 (VDB) lalu, bisa jadi panduan untuk korek jalanan. Untuk ikut drag bike benaran juga bisa.  Itu terlepas Eko Chodox yang dapat 7.868 detik sebagai jokinya. Makanya tulisan ini disebut modifikasi dan tips, karena keduanya saling terkait.

Bambang Muryanto selaku mekanik menceritakan langkah-langkah yang sebenarnya sangat ringan untuk ukuran dia. Ya maklumlah dia mekanik. Itu akan akan berat kalau sampeyan tukang masak benaran, apalagi tukan salon kencantikan. Khusus ketebalan shim, portal ini pernah ulas cara setel klep dan ganti shim sendiri. Makanya silakan ini diklik; Setel Klep Satria FU Dan Ganti Shim-nya.

Dengan atur ulang ketebalan shim, maka akan ngaruh pada kinerja klep. Ketebalan shim ada hubungan dengan kerenggangan celah klep.  Umumnya makin renggang klep, tarikannya akan panjang, karena akan ikut memperlama bukaan klep. “Kerenggannya kan sudah diatur sim, bukan sembarangan renggang. Tinggal pilih shim sebagai pengganjal yang pas. Kalau setelah pas, akselerasi FU standar akan manyus,” kata Bambang yang doyan bercanda itu. Tapi kok nggak lucu ya?

Shim yang dipakai Bambang  190 ex dan 170 in. Kombinasi ini membuat mesin FU sangat enak di street racing lovers. Apaan tuh? Ya buat jalanan bisa, buat balapan seperti aturan di Jogja ini tinggal langsung mendaftar. Asal, diikuti alur porting pada lubang masuk dan buang. Maksudnya diutak-atik sikit saluran bahan bakar masuk dan sisa gas bakarnya, nggak bayak-banyak.

Bila proses porting tidak bisa dilakukan sendiri, karena ketiadaan alat dan sebagainya, jangan menyerah. Gunakan akal untuk minta tolong mekanik ahli.  Jangan lupa kasih uang rokok dia. Salam tempel, juga monggo.  “Porting yang saya pakai 28 mm untuk lubang masuk dan bung 25 mm. Itu pas dengan ketebalan sim tadi. Rissetnya sudah begitu dan hasilnya juara,” tambah Bambang. 

Kenalpot  tampak luar tetap standar, ya sebab pipa pelepas gas buangnya standar korek. Itu kenalpot sudah dibedel, bahasa umumnya dibobok.  Sekat-sekat  kenalpotnya dipukul rata alias dihilangkan. Saringannya  dibikin ulang dengan panjang 9 cm. Diameter saringan sama dengan ukuran corong kenalpot bagian luar.

Bayangkan, dengan mengubah final gear 13-45 sesuai bobot Chodox dan langkah-langkah di atas, spuyer pada karbu mintanya tetap standar. Maksudnya regulasi Jogja ini tak menguras dompet dan bisa diikuti siapa saja tanpa menghilangkan fungsi motor sebagai trasportasi harian! Ardel

MODID DAN TIPS LAIN:

Modifikasi Suzuki Satria FU 150 Drag Bike, Manipulasi Limiter

Mesin DOHC Honda CB150R StreetFire Dan Suzuki Satria FU, Sama-Sama Efisien

Modifikasi Kawasaki Ninja 150 Drag Bike, Pakai Kit GP125, Sport Tune-Up s/d 155 cc

Modifikasi Suzuki Satria FU Drag Bike (Dwi Batank), Volumetrik 200 cc, Time 7.5 Detik

 

 


Written by Administrator