Kohar Satria FU-150, Lepas Dekompresi Pada Kem, Kompresinya Utuh

 

Maniakmotor –  Hasil riset mekanik yang ikut kelas standar drag bike, mudah dijadikan acuan buat kohar alias korek harian. Niscaya bisa membantu cepat ke rumah sakit bila dipakai harian. Hehe, becanda brosist. Makanya, walau motor sudah kencang, tetap waspada di jalan umum. Kohar itu hanya membantu akselerasi mengendara, misalnya menyalib lebih cepat, bukan untuk ugal-ugalan.

Ini dia tips sederhana dari Masrukin dari KINS Motor  di Jember,  Jatim.  Jauh memang, tetapi menjadi dekat bila dibaca di portal ini. Dia sesekali turun di drag bike resmi kelas standar Suzuki Satria FU150. “Cuma sesekali balap, Mas. Soalnya event di sini (Jember) jarang. Paling dalam setahun 2 kali,” kekeh Masrukkin seperti bercanda.

Masrukkin sering melepas dekompresi pada FU-nya. Aslinya alat ini untuk membocorkan sedikit kompresi pada ruang bakar. Cara kerjanya  membuka payung klep exhaust. Tujuannya, mesin  gampang dihidupkan dan tidak melawan kompresi, saat distarter kaki. Alat ini terletak pada bagian ujung kem alias noken-as bagian out-nya(gbr-1).

Ide Masrukin ini masuk akal juga, ya iyalah. Tips ini nggak asal-asalan. Ini buah dari riset selama dia ikut standar FU di trek lurus. Jika alat ini masih terpasang, ada kemungkinan komporesi bocor pada putaran tinggi setiap kali  piston ke TMA. Dengan melepas alat ini tekanan kompresi pada ruang bakar bisa utuh. Ujung-ujungnya ledakan tenaga makin gede.

Masih menurut Masrukin untuk menon-aktifkan alat tadi, caranya cukup sederhana. Bongkar dulu head dan noken-as-nya. Kalo sulit bongkar sendiri, mending motornya dibawa ke bengkel yang sudah ahli. Jangan lupa siapkan ongkos kerja mekanik yang tak sampai Rp 100  rebu.

Suruh dia melepas dekompresi. Caranya lepas dulu penguncinya pake tang jepit(gbr-2). Lalu lepas pegas  berikut pin penguncinya dengan tang (gbr-3). Agak berat memang buat copot pin tadi. Tetapi bila minta tolong ahlinya tadi, pasti eces.Bila sudah terlepas jangan dibuang , disimpan saja dirumah siapa tau ada yang membutuhkan. Kan bisa gantikan ongkos mekanik tadi. Setelah itu dirakit kembali mesin tadi.

Sekarang coba dislah pake kick starter maka akan terasa lebih berat. Itu tadi kompresinya sudah nggak bocor.Nah, silakan dikombinasi dengan tips kohar Satria FU yang lain yang pernah ditulis di portal ini atau ilmu brosist sendiri. Dijamin tarikkan lebih enak.  GS

TIPS LAINNYA:

Satria FU Susah Netral, Obatnya Ganti Oli

Tips Injeksi, Setel Langsam Sendiri, Cukup Pakai Obeng!

Korek Kem Standar Semua Motor Harian

Ganti Kabel Spidometer Jupiter Z, Tinggal Sebut Obengtang!

Bikin Membran Standar RX-King Jadi Racing

 

 


Written by Administrator