Setel Klep Honda Injeksi, Ayo Coba Sendiri!

ManiakMotor - Servis berkala 5.000 km, Supra X 125 PGM FI Helm In salah satunya adalah melakukan penyetelan klep. Diamati secara visual yang dilakukan mekanik bengkel resmi Honda, sama saja dengan penyetelan klep semua turunan Honda yang versi karbu. Karena klep tidak berhubungan dengan injeksi bro. Dia tetap mekanikal  yang butuh penyetelan setiap saat untuk memulihkan kondisi  klep masuk dan buang agar tetap segar.

Seperti tips-tips sebelumnya soal penyetelan klep, ya, langkah-langkahnya persis. Pertama siapkan mental brosist, apa sudah siap merusak klep?  Hehehe becanda.  ”Bila celah klep terlalu renggang timbul bunyi  tidak normal. Jika  terlalu rapat klep akan tertekan terus, akibatnya kompresi berkurang. Penyetelan klep pada injeksi tidak berbeda dengan karbu,” urai Basirun dari Shinta Motor di Purwareja-Klampok, Banjarnegara, Jateng.

Yang sudah mantap hati, ayo berdoa untuk melakukannya sendiri. Karena kerja selalu diawali dengan doa dan berdoa juga tidak terjadi kesalahan dalam penyetelan. Jangan lupa gunakan pakaian ‘ngebengkel’, kaos oblong dan celana pendek, agar mudah bergerak. Juga siapkan telepon darurat bengkel terdekat bila pekerjaan buntu, ssst.

“Penyetelan klep dilakukan dalam kondisi mesin dingin (di bawah 35ºC/95ºF), kemudian juga dilakukan saat piston berada di TMA (Titik Mati Atas) pada langkah kompresi,” wantinya seraya menyebutkan beberapa peralatan yang diperlukan antara lain: obeng min  besar, T17, ring 8-9, ring 24, feeler gauge (1 set) dan kunci klep. Tanpa alat ini jangan coba-coba melakukannya sendiri, mendingan hubungi telepon tadi.

Posisikan motor dengan standar tengah dan di tempat yang lapang ya. Di tengah lapangan bola juga bisa. Silakan buka cover depan dan samping, buka secara perlahan saja, jangan buru-buru. Semua mur-bautnya ditaruh pada wadah yang telah tersedia. Khusus Supra X 125 PGM FI Helm In pada bagian belakang pelat nomor polisi depan ada teknik sendiri melepasnya. Bila  ragu, minta tolong mekanik ahli, soalnya akan berisiko patah bila salah tekniknya. Lho, kalau minta tolong mekanik ahli, mendingan dia saja yang setel klep sekalian. Ah, ada-ada saja ini penulis.

Cover bodi jangan ditaruh disemberang, terinjak pecah deh, rugi. Langkah awal, buka kedua tutup klep in dan ex (gbr-1A dan 1B). Penutup ini diikat dua baut kecil yang bisa dilepas dengan kunci ring 8. Ya, pelan-pelan juga membukanya. Makanya, untuk mengerjakan tips harus punya waktu luang. Misalnya di hari lubur, supaya tenang.  

Posisikan klep agar tidak saling tekan pada Titik Mati Atas (TMA), caranya  buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan  obeng min besar (gbr-2). Lantas  dengan kunci ring 17  putar poros engkol berlawanan dengan jarum jam (gbr-3). Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat klep  in bergerak. Jangan lupa juga siul-siul kecil untuk menenangkan diri, nyanyi-nyayi kecil juga bisa.

Intip lubang kecil di blok magnet. “Tanda T harus sama dengan garis lurus di lubang kecil blok magnet (gbr-4),” terang mekanik berkulit sawo matang ini seraya bilang pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas (gbr-5).

Tinggal setel celah klep masuk dengan ukuran feeler 0,03 mm (gbr-6). Tekniknya, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan kuni 'L' khusus tappet dengan kombinasi kuci ring 8 – 9, coba saja keduanya mana yang tepat. Jangan buru-buru  menyelipkan  feeler gauge sesuai ukuran tadi.

Jangan lupa  bilahnya dilap dengan kain bersih dengan tenang dan konsentrasi. Putar tappet adjuster dengan kunci ‘L’ khusus klep sembari menahan murnya sampai  feeler terasa seret saat ditarik. Tetapi saat didorong bilahnya akan terlipat. Langkah yang sama dan ukuran yang sama juga untuk celah buang.  

Kencangkan mur setelan klep dan cek ulang hasil setelan klep tadi, sampai hasilnya tepat. Eit, jangan lupa tutup kembali semua komponen tadi ya. Selamat mencoba. Intinya, klep tidak ada hubungan dengan injeksi, penyetelannya sama dengan Honda lainnya. Sebagai referensi silakan klik tips setel klep yang di TIPS LAINNYA. Sekian dan terima kasih, macam pidato. Ardel


TIPS LAINNYA:

Setel Klep Honda Supra 125

Tips Standar, Setel Klep Honda Megapro

Setel Klep Yamaha Mio

Setel Klep Jupiter Z



Written by Administrator