Setting Karburator Drag Bike Ala Bowo Samsonet

 

ManiakMotor - Selain ahli betot gas di drag bike, Bowo Samsonet juga punya feeling menyeting karburator. Tentu saja karbu untuk trek lurus.  Pemilik nama asli Prabowo ini, merangkap joki juga mekanik MC Racing TDC. Makanya soal setelan homogen campuran udara dan bensol, doski mengerti, sangat..!

Misalnya, rahasia menentukan  pilot-jet  (PJ) dan main-jet (MJ) pada kelembaban udara saat itu atau di temoat bertanding. Bahasa bule kelembaban adalah humidity. Itu kadar air yang terkandung dalam udara.

Semakin besar persentasenya semakin besar pula kadar air yang akan mencampuri bahan bakar. “Bowo nggak pakai lama setang-seting karbu, sangat cepat dan pas,” puji Aconk Samsonet, M. Saiman, dan Daniel Samsonet yang satu tim dengan Bowo.

Bowo yang berasal dari tanah Bugis alias Sulsel itu, tidak membawa-bawa pendeteksi kelembaban seperti di tim besar road race. Dia hanya berpatokan pada BlackBerry (BB). “Di BB kan ada indikator humidity. Semakin tipis persentase kadar air, justru spuyer makin besar,” yakin Prabowo yang mendukung Jokowi. Walah, salah bro, nama saja yang sama.

 Menurut Bowo, dirinya tidak begitu memerhatikan suhu udara.  Misalnya di Sentul yang terkenal lebih dingin dibanding Senayan, tetapi, di Sentul justru minta spuyer besar. Itu tadi, Bowo kirim pesan dulu lewat bbm pada udara, langit dan darat. Ssst... bencanda, cui. Yang benar, kelembaban di seputaran sirkuit Sentul di bawah 60 persen. Itu ia contohkan pada  Honda LS yang turun di sport tune-up s/d 140 cc. Biasanya ia pakai PJ 45 dan MJ 148 seperti Senayan, eh, di Sentul malah minta spuyer besar 53/155.

Kelembaban jika menunjukkan 45% - 50% berarti itu dianggap rendah. Sedang 60% - 70% itu tinggi. “Setiap setingan harus dicoba langsung di sirkuit.  Tetapi patokan indikator humidity tidak banyak meleset,” cocor Bowo.

Selamat berjuang pak. adit

BERITA TERKAIT:

Modifikasi Ninja Drag Eko Chodox, Piston KDX 66 Mm

Modifikasi Yamaha F1ZR, Motor Drag Tiga Arena!

Drag Bike Sentul, Tidak Ditimbang, FFA Matik 7,063 Detik

Drag Bike Sentul FFA, Special Engine Mencetak 6.975 Detik

Drag Bike Sragen, Trek Licin Satu Jalur..!



Written by Admin