Tips Motor; Cara Rawat Rem Cakram, Cek Karet Braket Kaliper

 

ManiakMotor – Karet braket kaliper atau dudukan kaliper dan sering disebut karet engsel master rem bawah, selalu dicek setiap saat. Pengecekannya juga nggak butuh aksi bongkar, kelihatan kok dari luar. Kecuali sudah koyak dan getas, nah butuh diganti dengan cara bongkar coy.

Dari karet ini elastistas atau celah alias speleng bergeraknya master rem saat piston bekerja jadi terganggu. Maklum kaliper di dekat roda jadi sasaran lumpur di kala hujan, kering dan saat dicuci. Beda kalau diisi di kantong sampeyan, ya nggak kotor-kotor bro. 

“Jadinya engsel ini ditumpuki pasir dan tanah, pengereman terasa bagel. Itu sama dengan berat, speleng master sudah tak berfungsi. Cara mengatasinya mengganti karet pelindung kotoran dan membersihkan engselnya. Sebab, karet ini juga pelindung atau sil pelumasan engsel,” kata Agus dari Mawar Motor, Cinere yang menyebut masalah ini bisa dialami semua motor yang aplikasi rem cakram.

 Flash File http://maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahavixion.swf is not found

Bila kondisi ini dibiarkan terlalu lama atau cuek beibeh, kotoran akan membuat engsel tergores. Kalau sudah begini, kaliper jadi longgar dan akan ada bunyi yang mengesalkan. Ujung-ujungnya pengeremannya kapan-kapan saja berhenti, hehehe.

Maka Agus menyarankan untuk segera diperbaiki dengan cara membuka kaliper. Cara bongkarnya sampeyan sudah pada tahulah atau minta tolong bengkel. Yang penting biang keroknya sudah ketahuan dari karet braket atau dudukan kaliper.

Tinggal bersihkan as-nya dari debu dan karat dengtan cairan perontok karat macam WD-40 atau sejenisnya. Jangan gunakan ampelas untuk merontokan kotoran dan karat, karena akan melukai engselnya.

Tinggal ganti karet pelindungnya dan lumasi dengan grease alias stempet, lalu rakit kembali, “Rasakan apakah tuas rem masih keras, jika masih keras, bisa saja bagian  tadi sudah ‘cidera’. Jika seperti itu sampeyan harus menggantinya dengan yang baru,” tutup Agus.

Makasih mas tipsnya. Adit

BACA JUGA

Karet Vakum Karbu Motor; Ampun... Jangan Kena Bensin Melulu, BBM Mahal, Bro..!

Balancing Pelek Digital, Ongkos Rp 30 Ribu, Presisi..!

Bersihkan Karburator, Harus Dirojok

Alat Deteksi Kerusakan Injeksi Motor Berbahasa Indonesia, BBM Naik...?

Tips Ergonomik Dengan Ganti Raiser Setang Kemudi


 


Written by Administrator