Tips Motor; Cara Bikin Lampu Utama Terus Terang

ManiakMotor - Ada tradisi unik dari komunitas  perantau ‘The Gipyak’. Sudah tiga tahun ini mereka  punya tradisi mudik bareng. Tentu saja pakai motor, lha wong tulisannya di maniakmotor.com kok. Kumpulan tapi bukan geng onar ini, selalu start malam hari.

Kalau malam-malam butuh penerangan lebih dari standar. “Saat begini kita punya ritual menurunkan spek lampu utama, tujuannya biar lebih terang. Supaya lebih awas di malam hari,” kata Barkah Ardiono, ketua komunitas perantau di Jakarta asal Banjarnegara, Jawa Tengah tersebut.

 Flash File http://maniakmotor.com/images/IklanYamaha/yamahapromo.swf is not found

Yang dimaksud adalah menurunkan watt bohlam. Misalnya stanadar  35W/12V bisa ganti jadi 25W/12V atau dari 25W/12V pakai bohlam 18W/12V. “Trik turunkan watt itu hanya untuk motor  sistem kelistrikannya AC,” kata Arif Syaifudin, S.Pd, ketua jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Panca Bhakti Banjarnegara.

Menurunkan spek watt ini, jangan berlebihan. Disebut berlebihan itu, misalnya dari 55W/12V menjadi 18W/12V. Ya, kemampuan bohlamnya tidak akan tahan menerima arus, akhirnya mudah putus, “Walau ada kiprok yang membatasi arusnya,” kata bro guru.

Namun, untuk motor dengan sistem kelistrikan DC seperti pada Honda Tiger, “Lampu utama bisa lebih terang, bila wattnya diganti yang lebih besar. Kebalikan dari yang AC. Tapi semua tadi juga tergantung dari kemampuan aki motor tersebut,” tutupnya.

Pak guru ini mewanti jangan digunakan terus yang terang terus, karena lama-lama merusak rumah lampu. Itu saking terangnya dan otomatis lebih panas. Kecuali dudukan lampu dan batok-batoknya didesain untuk lampu tengangan tinggi. Ardel

Foto; Istimewa

BACA JUGA

Tips Motor; Bagasi Tambahan Mudik

Tips Motor; Korek Harian Yamaha New Vixion, Reamer Throttle Body Versi BRT

Tips Motor; Slipper Clutch, Ada Tuh Di Indonesia, Cuma Rp 2,5 Juta..!

Tips Motor; Quick Shifter Murah, Pakai Switch Lampu Rem, Silakan Coba..!

Tips Motor; Cara Atasi Suzuki FU Susah Hidup, Ganti Pilot-Jet

 


Written by Administrator