Tips Motor; Bikin Rangka Drag Bike Kawasaki Ninja 150

 

ManiakMotor - Percuma tenaga gede bila power terbuang percuma. Terutama di drag bike. Makanya, supaya tenaga nggak tumpah-tumpah, rangka pegang peranan penting juga. Tenaganya jadi energi semua yang hasilnya kecepatan. Nih, simak tunggangan Eko Chodok yang melompati jarak 201 m dalam tempo 7,055 detik menggunakan Ninja Tune-up 155 di FFA. 

Dulu, pemain karapan motor masih enggan mainkan rangka. Hasilnya begitu-begitu saja. Timenya juga di kisaran 7,2-7,4 detik. Sebab mesin Ninja 150 dikorek-korek, powernya dari dulu sampai sekarang enggak banyak bergeser, tetap di kisaran 45 dk saat diukur dyno test. Tetapi time-nya makin tajam, ya itu karena permainan rangka, tanpa mengabaikan skill joki. 

Rangka asli Ninja 150 memang ‘ngangkang banget, terutama di area deltabox antara komstir depan sampai dudukan jok belakang. Posisi selangkangan joki kurang kuat mengapit rangka yang kelewat lebar.  Joki dibuat kesulitan mengontrol motor saat akselerasi dadakan karena paha kurang kuat jepitannya. Keseimbangan jadi ngaco. 

Sekarang perhatikan Ninja dipacu Chodox tadi yang belum dicat. Deltabox dipotong lebih ramping, hanya menyisakan ruang di sekitar mesin saja. Besi penguat dudukan mesin atas juga dibuang. Dipastikan kekuatan rangka tetap oke, karena jarak deltabox makin mepet.  

Keuntungannya, ruangan di atas dan di belakang mesin justru lega. Leluasa bagi mekanik membongkar pasang karburator. Sedang ruang di atas mesin cukup untuk menaruh tangki bahan bakar setara 1 liter. Jangan lupa atur ulang posisi jok ya? Kalau sudah jadi dan dirapikan, rangka, tangki dan mesin terlihat dari satu kesatuan utuh. Tapi ingat ini bukan untuk frame standar, hehe. Tapi tune-up 155 cc dan boleh naik ke FFA. Kyaipradah

BACA JUGA

Tips Motor: Cara Pasang Hidrolik Jok, Terangkat Sendiri, Modal Rp 25 Ribu..!

Tips Motor; Cara Karburator Standar Jadi Joss, Hanya Main Lem..!

Tips Motor; Cara Usir Bunyi Cieeeeett Pada Cakram...!

Tips Motor: Cara Bikin Gerinda Kem Yang Simpel Bin Presisi, Ya Untuk Korek Kem

Tips Motor; Ninja 150 Pakai CDI Suzuki RC, Simpel, Murah Dan Yahud. 2-Tak Lain Juga Bisa!

 


Written by Administrator