Tips Motor; Membersihkan Knalpot 4-Tak, Modal Lakban Dan Oli

 

ManiakMotor  – Tarikan motor melemah bukan berarti dompet ikut melemah. Kolo ini karena lubang buang yang menyempit akibat sampah’ dari ruang bakar yang nyangkut. Sampah ini yangkut di sekat-sekat kenalpot. Sudah tahulah risikonya, tarikan motor bakalan lemotdan gak gesit. Kan pembuangannya tak lancar.

Salah satu sebabnya, cuma gara-gara pemakaian gak pernah ngebut. Nah buat bapak-bapak  yang  jarang betot gas lalu motornya tiba-tiba gak bisa ngebut, ya salah sampeyan sendiri. Ada juga akibat  pemakaian mencapai angka 80.000 sampai 100.000 km baru. Kalau itu mah wajar, kang. Kotoran pembakaran menumpuk.

Cara membersihkannya bagi yang sibuk tak perlu bongkar knalpot. Cukup sediakan lakban, oli dan pelat bekas kaleng minuman ringan,” ujar Budi yang nggak pakai Ini Ibu Budi dan Itu Bapak Budi. Ia mekanik yang markasnya di Jl. Jagakarsa Raya, Jakarta Selatan.

Oli ini yang akan mencuci sendiri bagian dalam kenalpot. Wah macam sabun detergen ya. Caranya, oli mesin baru  kira-kira seper empat gelas air mineral  dituang dalam kenalpot. Sebelumnya, lubang kecil pembuangan di bagian bawah  knalpot ditutup dulu. Ya, nutupnya pakai pelat kecil. Pelat ini lalu dilakban kertas jangan yang plastik.

Kemudian hidupkan mesin, tapi jangan digeber-geber biar olinya gak muncrat. Kalau oli sudah panas, bawa jalan saja, tapi jangan ngebut-ngebut biar oli juga gak muncrat. “Bila sudah puas jalan-jalannya, baru dah tutup lubang pembuangan dibuka, hati-hati membukanya, yang pasti itu panas olinya,” cetus Budi. 

Sestelah itu pakai helm. Soalnya sudah siap-siap ngebut pak. Juga cara ini bisa mengawetkan pelat kenalpot standar lho. Apalagi musaim hujan yang banyak genangan dan kenalpotnya tergenang,  Tapi, cara ini dilarang digunakan pada kenalpot yang memiliki peredam suara yang menggunakan glasswool seperti kenalpot racing harian. Ghalib

BACA JUGA

Tips Motor; Atasi Baret Pada Kaca Lampu, Cukup Main Kompon!

Tips Motor; Tebal-Tipisnya Glasswol Knalpot Racing Harian

Tips Motor; Kurang Tekanan Angin, Ban Dalam Hancur

Tips Motor: Setting CDI Rextor Limited Edition (Programable) Sendiri Pada Korek Harian

Tips Motor; Cara Sederhana Deteksi Kompresi Melemah

 


Written by Administrator