Drag Bike VSC (Jogja), Angin Dingin Tapi Panas

 

ManiakMotor – Drag bike digeber malam di pinggir pantai,  pasti dingin tapi tetap panas. Dingin suhunya, panas persaingannya. Tantangan untuk menyetting mesin dan seting joki untuk melawan angin khas pantai.

Seperti itu VSC Drag Bike Saturday Nite Race (VDBNR) 2012 digelar di sirkuit pantai Depok, Parangtristis, Jogja, 29 September 2012. Ya, dari judulnya memang malam. Berarti malam-malam di tepi pantai. “Memang punya nuansa khusus drag malam, di pinggir pantai pula,” jelas Nadjib M. Saleh, selaku bos VSC dengan sangat serius, saking serius tinggal kumisnya yang bergerak. 

Ada 287 starter yang mengisi 17 kelas yang ramai-ramai cerita angin pantai. Keterampilan melawan angin agar dapat catatan bagus. “Sejak start posisi badan harus cepat tiarap. Jangan lama-lama badan tegak, agar motor tidak goyang kena angin,” kata Hendra Kecil, dragbiker Magelang yang terpaksa begadang hingga dinihari di usia belia (15 tahun).  Waduh, kena angin malam tuh...

 Itu berarti Hendra menerapkan prinsip aerodinamika yang meminimalkan gesekan angin. Ya, kalo anginnya dilawan berarti bikin berat, “Teknik balap seperti itu tak mudah, apalagi dilakukan malam hari yang juga butuh konsentrasi pada lampu penerangan,” sambung Bowo Samsonet, yang coba hadapi angin dingin malam denga yang anget-anget. 

Untungnya lintasan Depok ini agak menurun, jadi impas dengan hambatan angin. Untungnya lagi, ini bukan angin nakal, tapi angin dari Tuhan. Iya, kalau nggak ada angin mana bisa sampeyan bernapas? “Setelan sekrup angin juga harus dibuka ¼. Padahal spuyer turun satu step dari biasanya. Dapatnya begitu. Saya tidak bisa menjelaskan secara ilmiah,” jelas Eko Chodox, pendekar dragbike yang turun di Jogja yang melaju seperti angin, juara dia.

Termasuk tekanan angin ban juga normal lantaran aspal Depok ini lumayan mulus. Bila senang dengan 16 psi, ya itu yang dipakai. “Sama dengan sokbreker, sirkulasi anginnya ditaruh pada klik yang keras,” tambah Chodox pada sokbreker  YSS pada motor –motor yang dipacunya.

Chodox nggak salah ngomong bro. Sokbrekr model klik seperti YSS, reboundnya tergantung kembang kempisnya ‘balon’ pengatur oli. Balon itu yang diisi angin nitrogen. Jadi, di dalam tabung ada oli dan angin. Ya, sirkulasi angin juga kan... Allan

BERITA TERKAIT:

Hasil DragBike VSC Jogja (Nite Race), 29 September 2012

Hasil DragBike Lampung, 30 September 2012

Drag Bike Lampung, Peserta Lokal Gagap, Dani Tilil Penguasa

Dragbike Klaten, Setting Gir dan Roller CVT...!

Modifikasi Ninja Drag Eko Chodox, Piston KDX 66 Mm

 


Written by Admin