Articles

Tips Roller CVT Gepeng, Ganti Dong..!


ManiakMotor-Pada motor bertransmisi otomatis alias matik (CVT), ada komponen bernama roller (gbr-1). Roller ini harus tetap bulat, karena bekerja sesuai gaya sentrifugal alias menjauh dan mendekat. Kalau dia gepeng, ya, jadi gelandangan dan pengemis, bro. Becanda, cui...  

Roller gepeng atau penyok akibat umur, gaya sentrifugal yang terpengaruh. Saat matik digas, roller tidak menggelinding mantap memberi tekanan pada variator (puli penggerak) untuk membuka. Akibatnya motor jadi nyut-nyutan. Sebaliknya sama  saat mengurangi kecepatan, motor terasa tersendat-sendat.

Gara-gara si gepeng, sudah terganggu variator memberikan perubahan diameter  (membesar dan mengecil) sesuai kebutuh kecepatan dan tenaga (gbr-2). Ibarat pada motor non matik, roller seperti yang sproket, giginya pada rompal. Ompong.

Sama juga dengan sproket, roller ada beberapa macam yang membedakan berat dan bahan. Untuk top speed butuh roller yang lebih berat bobotnya (gbr-3). Pakai roller berat sifat sentrifugalnya maunya mejauh membuat puli lebih cepat membuka. Itu sama dengan megurangi mata gigi belakang membuat hasil pembagiannya lebih kecil. Sedang untuk daerah menanjak perlu yang lebih ringan (gbr-4), maka roller malas manjauh dari sumbunya sama dengan hasil perbandingan sproket yang hasilnya besar dari standar.

Roller yang baik tentu sering menyapa dan murah hati. Wei, wei, maksudnya hatinya tetap tulus sama dengan bundar dan bulat. “Kalau bundar mempermudah gerakkan puli. Kalau roller peot, tenaganya juga peot (gbr-5),” kata Ali Hussain, mekanik Shan Motor  Racing di Jln. S. Parman, Banjarnegara, Jateng.

Beliau mengajak untuk latihan mengganti roller sendiri dengan alat praktek CVT Yamaha Mio. Harga roller orisinal Mio Rp 13.000 sebiji (ada 6 biji). Silakan beli dulu, kalau sudah ayo kerja lagi.  Tips ini berlaku juga untuk matik merek lain. “Siapkan kunci T8 atau sok 8, langkah pertama lepas semua baut penutup CVT,”jelas mekanik murah senyum ini seraya menyebut jumlah bautnya ada 23 (Mio) (gbr-6) sembari bekerja dengan senyuman. Adem...

Lepas baut  rumah roller dengan kunci sok 17 (gbr-7) berikut ring-ring yang ada. Ingat baik-baik posisinya, agar memasangnya tidak terbalik-balik. “Setelah itu tinggal lepas rumah roller (gbr.8), ambil rollernya (gbr-9) dan bersihkan rumah roller dengan kompressor (gbr-10). Selanjutnya tinggal ganti baru,”urai Hussain yang masih jomblo itu. 

Butuh pasangan pak? Ada nih... Ardel


TIPS LAIN:

Tips; Kampas Kopling Jupiter MX, Pakai Milik Honda, Tocker

Tips Akali Sil As Sokbreker Teleskopik

Tips Bore-Up Honda Beat, Murah Dan Aman, Pakai Piston Kaze

Tips Cegah Stater Matik Macet

Tips Lubangi Kopling Ganda, Jangan Sampai Jadi Waria..!



Written by Admin