nhk

India Hebat, Siapkan Dua Model Motor Nol Emisi, Meluncur April 2020

BS-VI, HeroMotor, India

ManiakMotor – Soal industri roda dua alias sepeda motor, India jauh lebih maju dari Indonesia. Buktinya, Hero MotoCorp, pabrikan roda dua terkemuka di negeri bollywood itu sudah pasang target akan meluncurkan kendaraan listrik. Batas waktunya April 2020.

Calon kendaraannya dinamakan BS-VI dan masih berupa konsep. Untuk memenuhi target dan ambisi itu, HMC sudah menggelontorkan investasi sebesar Rp 410 miliar untuk membangun pabrik pendukung Ather Energy di Bangalore. Selain itu, HMC juga lagi mengerjakan motor nol emisi.

BS-VI ini bukan yang pertama. Pada 2014 dan 2016, HMC pernah memamerkan skuter listrik Duet-E. Kendaraan ini dilengkapi motor DC bertanaga 5kWh.

Kemudian ada Leap merupakan skutik pertama di India. tenaga pengggeraknya kombinasi listrik 8 kWh didukung baterai lithium-ion dan mesin bensin berkapasitas 124 cc. Skutik ini akan disebarkan ke-50 negara pada 2020.

Jadi, BS-VI dan skutik Leap oleh HMC direncanakan untuk mengalahkan kompetitor. Terutama solusi praktis untuk lingkungan perkotaan. Maliq

BAGIKAN