nhk

IndoPrix 2013 Jelang Kenjeran Seri 3; Jagalah Pergerakkan Badan

 

 

ManiakMotor –  Motor yang ‘tenang’ dan pergerakkan badan yang halus, penyebab Sigit PD menguasai seri 2 IndoPrix (IP) 2013 di sirkuit Kenjeran, Suraba bulan lalu.  Seri 3 IP akan kembali ke Kenjeran, minggu ini  atau 25 – 26 Mei 2013. Seri 2 semua sesi didapat git PD yang memperkuat Yamaha Yonk Jaya NHK. Ia memacu Jupiter Z1 karya para insinyur racing dari Yamaha.

Penunggang Z1 injeksi racing bukan hanya Sigit, juga ada Rey Ratukore dan Sudarmono yang spesifikasi motornya sama saja. Tetapi hanya Sigit yang bisa menyapu bersih Kenjeran. Saat itu sih katanya, Sigit menemukan hitungan rasio yang tepat sesuai karakter dan bobotnya. “Sedang Sudarmono dan Ratukore sampai usai lomba tidak menemukan settingan tersebut,” jelas Rudi Hadinata, pemilik Yamaha Trijaya tempat Sudarmono membalap.

Dari beberapa kasus yang pernah juara di Kenjeran, kuncinya memang ketenangan bergerak. Masih ingat Juni AS atau Gandhi Santana pernah menguasai Kenjeran di level balap motor tertinggi ini. Padahal sebelumnya tidak diunggulkan. Keduanya memacu motor seperti tidak bersemangat. Cara mereka menggerakkan badan pun, tidak seperti membalap.

Nah ilmu ini yang terjadi pada Sigit di seri 2. Perhatikan saja, gaya membalapnya terlihat tenang. Menikung pun Sigit seperti naik motor harian. “Teknik itu mengendara seperti itu yang saat ini sedang dikoreksi pada Harlan Fadhillan,” jelas Tommy Huang, mentor Pertmanina Enduro BRT Cargloss tempat Harlan membalap.     

Ingat, faktor itu masih ditambah Jupiter Z1 yang dipacu Sigit, injeksi loh. Tareek-tareek mesinnya jelas berbeda dengan karbu. Z1 saat rpmnya naik, seperti suara penyanyi yang merdu yang naik teratur. “Tidak terpangaruh guncangan dan perubahan suhu sekitar, karena suplai bahan bakarnya elektronik,” sebut Irwan Ardiansyah, pembalap paling senior di IP 2013 saat mengamati kelebihan Z1 dari Jepang itu.   

Siplah. Ito

BERITA TERKAIT

IndoPrix 2013; R7 – R10 Kenjeran, Tikungan Maut

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Kejutan Harlan Tidak Terulang, Banyak ‘Belanja’

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Sigit Sapu Bersih Semua Race, Ramuan Injeksi Dan Oktan 95

 


BAGIKAN