nhk

IndoPrix 2013 Jelang Kenjeran Seri III, Jepang Dikurangi, Teknologi Jupiter Z1 Pindah Tangan

 

ManiakMotor –  Riset Yamaha Jupiter Z1 mencapai puncaknya dan tinggal maintenance. Telah tebukti cepat dan daya tahan alot. Alih teknologi pun telah diterima mekanik lokal. Dari 3 tim yang diserahi Jupiter Z1, semuanya bisa menangani. Bukan hanya itu, Jupiter Z1 nyatanya menghemat tenaga mekanik. Tidak perlu keroyokan untuk mengurai mesin dari race ke race.  Lha itu motor ganti oli saja dalam satu seri IP, nggak pernah kok, apalagi bongkar mesin.

Di seri tiga IP 2013 di sirkuit Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur akhir pekan ini, 25-26 Mei yang tersisa hanya tiga teknisi asal Jepang, “Ketiganya pun hanya mencatat data.  Sejak seri dua lalu, Z1 telah diserahkan penanganannya ke mekanik lokal. Teknisi asal Jepang ini akan mengawasi tim, satu Jepang 1 tim,” tukas M. Abidin, selaku General manager Service And Motosport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Seri dua April lalu di Kenjeran, Jupiter Z1 pacuan Sigit PD yang membalap untuk Yamaha Yamalube TDR NHK Yonk Jaya digdaya di dua kelas. Semua race IP 110 dan IP 125 disapu bersih sampai tak tersisa oleh Sigit. Sigit dengan tenang mengeksekusi podium saat itu, taaaanpa perlawanan, brosist.

Lho ke mana Jupiter Z1 yang lain? “Belajar dari seri lalu yang hanya Z1 Sigit yang kencang, semata kesalahan setting pada dua Z1 lainnya. Terutama pada mapping ECU (electronic control unit) dan susunan rasionya. Itu sudah kami tanggulangi agar di seri tiga nanti ketiga  Z1 bisa kompetitif,” kata Abidin.

Diakui Reynaldo C Ratukore yang membawa bendera Yamaha Yamalube Nissin SMF TJM. Ia salah satu pembalap yang pakai Z1, namun dalam dua seri masih kurang.  “Saya paham motor ini harus halus memainkannya. Karena dasarnya  halus. Namun saya masih terbawa gaya lama, seri mendatang pasti diubah caranya sembari perbaikan setting ECU dan rasio,” ujar Rey yang sudah mulai menunggang SuperSport 600 cc ini.

Bekurangnya teknisi Jepang diakui beberapa mekanik bukan masalah. Sejak awal Z1 dipakai di IP, mereka sudah dilibatkan. Tadinya hanya suruh lihat-lihat, lama-lama disuruh megang. Ke sininya ya suruh bongkar sendiri. Kan begitu tingakatan jadi mekanik. “Kami telah kuasai ilmu insinyur Jepang. Tidak masalah  karena sejak seri dua lalu mereka hanya memcatat data saja pekerjaan kami lakukan semua,” ujar Hari Sakti Wibowo alias Mlentis, kepala mekanik dari tim Yamaha Yamalube FDR Trijaya, tempat Sudarmono membalap.

Iya, tinggal menunggu duplikasi atau kloning oderdilnya yang nantinya dijual bolt-on. Pastilah balapan murah, karena tim-tim tidak perlu riset panjang yang kadang dananya lebih besar dari ongkos tim itu sendiri. Jupiter Z1 kan banter, buat apa lagi riset. Daya tahannya juga sudah oke. Pendeknya, balap bebek ke depan dengan halus mengusir tukang korek, hehehe.  Adit

BERITA TERKAIT:

Klasemen IndoPrix 2013

Indoprix 2013, Teknologi Injeksi di Sentul, Hanya Satu Bikin Geger

IndoPrix 2013 Jelang Seri III Kenjeran, Pembalap Honda Ditarget Santai Dan Fokus

Launching Pertamina Enduro 4-T Racing Team; Harlan Bikin Target, Pakai Injeksi Di IndoPrix

IndoPrix 2013 Jelang Kenjeran Seri 3; Jagalah Pergerakkan Badan

 


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353