nhk

IndoPrix 2013 Jelang Seri III Surabaya, Kawasaki Harus Pakai Fisik

 

ManiakMotor – Fisik pembalap lebih banyak digunakan membawa Kawasaki Edge di sirkuit Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur.  Tapi bukan karena pembalapnya harus mendorong motor. Sebabnya, Edge kurang diuntungkan bermain di sirkuit pendek-pendek. Bayangkan saja dengan jarak kurang dari 1 km pembalap harus ‘mendorong’ motornya di-10 belokan Kenjeran.

Langkah torak jauh lebih pendek dari musuh-musuhnya, harus ada usaha ekstra dari pembalap menjaga  putaran mesin. Tenaga tidak tersaji pada putaran rendah di mesin Edge ini. Maunya digas terus seperti bila mereka tampil di Sentul besar selalu dapat peluang. Di trek pendek, yang disajikan malah kue dan kopi, becanda.

Dari catatan waktu kualifikasi seri dua IP 2013 di Kenjeran April lalu, selisih waktu pole position Edge tunggangan Gupita Kresna dan Yudhistira tidak sampai 1 detik. “Dengan karakter Edge,  lambat keluar belokan, sebetulnya bisa diatasi  di trek lurus, namun  trek lurus Kenjeran pendek sekali,” kata Gupita yang seri 3 nanti 25 – 26 Mei kelemahan itu sudah mulai bisa diatasi.

Kualifikasi adalah balapan sendiri-sendiri dan diambil waktu terbaiknya. Dia balap sesungguhnya Gupita dan Yudhis yang membela Kawasaki KYT IRC Rextor Manual Tech kedododran dari hal fisik. Konsentrasi keduanya terbagi-bagi antara menahan putaran, lajur balap,  tekanan pembalap dan mengejar. Sungguh repot memang.

Mengenai fisik pembalap, diakui menghadapi seri ketiga ini mereka agak keteteran. Dua pekan berturut-turut mereka membalap dari Indospeed Race Series (IRS) dan Asia Road racing Championship (ARRC). Ditambah seri ketiga IP ini. “Jadwalnya sangat padat, maka saya benar-benar jaga kondisi agar bisa maksimal nanti,” kata keduanya.

Jika saja aturan dibebaskan, Ibnu Sambodo punggawa tim ini ingin permak langkah torak minimal dibuat square alias imbang dengan diameter piston. “Dengan aturan yang sekarang kan tidak boleh. Ya terpaksa dengan cara lain, yaitu memperkuat fisik pembalap agar tidak cepat terkuras staminanya,” tutur pria akrab disapa Pakde ini.

Lha, yang lain bisa Pakde, pakai mesin prototipe bebek. Adit

BERITA TERKAIT:

Klasemen IndoPrix 2013

IndoPrix 2013 Jelang Kenjeran Seri III, Jepang Dikurangi, Teknologi Jupiter Z1 Pindah Tangan

IndoPrix 2013 Jelang Seri III Kenjeran, Pembalap Honda Ditarget Santai Dan Fokus

Launching Pertamina Enduro 4-T Racing Team; Harlan Bikin Target, Pakai Injeksi Di IndoPrix

IndoPrix 2013 Jelang Kenjeran Seri 3; Jagalah Pergerakkan Badan

IndoPrix 2013; R7 – R10 Kenjeran, Tikungan Maut


 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353