nhk

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul, Blade Injeksi Versi Jepang Muncul Juga

 

ManiakMotor – Bodi depan hitam polos, dua lubang penangkap angin alias air scoop mantap menggantikan lubang dudukan lampu sein pada sayapnya. “Ini Honda Blade injeksi Mas, saya yang pakai,” sambar Wawan Hermawan di Sentul International Karting & Motorcycle (SIKM), Bogor, Jawa Barat, Jumat 21 Juni, dalam latihan bebas menghadapi seri IV IndoPrix (IP) 2013, 22 – 23 Juni.

Wawan dikontrak Astra Motor Racing Team (AMRT) ini turun di IP 110 sebagai pembalap ketiga. Ia  semata-mata joki riset mesin olahan teknisi Jepang. “Sebetulnya sama saja dengan yang dipakai tahun lalu di Kenjeran dan Binuang, Kalimantan Selatan. Bedanya ada perbaikan sistem pada FI (fuel injection),” terang Anggono Iriawan, Manager Safety Riding And Motosports Astra Honda Motor (AHM).

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Tahun lalu injeksi pada Blade dirudung masalah kabel ECU (electronic control unit) yang masih acak-acakan, khas buatan lokal. Itu kabel berapa kali mengalami arus pendek. “Itu salah satu yang dibenahi di Jepang. Paling utama lagi,  harus rapi,” ujar Anggono yang menyebut kali ini ECU yang dipakai tetap sama, yang berbeda penataan jalur kabelnya dan mapping-nya.

Untuk throtlle body dan injektor semua menggunakan produk aftermarket bermerk Keihin. Honda kan memang identik dengan Keihin. Menurut Wawan, tenaganya padat   dan halus di SIKM. Karakter injeksinya sangat jelas, Wawan tidak perlu repot gantung rpm. Pengaruhnya di beberapa belokan ia  bisa melewati tanpa slidding namun tetap cepat.

Ditime menggunakan stopwacth milik portal ini, Wawan konsisten di 59 detik melibas satu putaran SIKM. Sementara pemain lainnya sanggup 58 detik bahkan Jupiter Z1 mencetak 57,9 detik lewat Sudarmono dari tim Yamaha Yamalube Trijaya pada kualifikasi seri I IP di sirkuit sama Maret lalu.

“Modal utama yang dimiliki Blade injeksi ini sudah istimewa, 23 daya kuda (dk) saat di dyno, tinggal tugas saya memberikan masukan yang baik untuk pengembangan selanjutnya,” tutup Wawan pada motor yang dikawal langsung para insiyur racing Jepang yang paham injeksi dan mesin kompetisi itu.

Makin seru nih.  Adit

BACA JUGA

IndoPrix 2013 Jelang Sentul Seri IV, Perolehan Poin Ketat

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul, Semangat Kawasaki Manual Tech

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul; Pertamina Racing Lewat Harlan

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul; Pembalap Jepang Sebut IndoPrix Ganas

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul; Yang Pasti Ketat Di Sentul Kecil

 

 

BAGIKAN