nhk

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul; Pembalap Jepang Sebut IndoPrix Ganas

 

 

ManiakMotor – Ada dua pembalap Jepang yang ikut full series IndoPrix 2013. Yakni Yoshiharu Okada dari Suzuki Racing Indonesia dan Keisuke Maeda dari Yamaha Yamalube Nissin SMF KYT TJM. Keduanya di negara matahari terbit atau Jepang, pasti tidak kenal bebek. Mereka membalap dengan sport sesuai umur masing-masing di kelasnya.

Teori dan prakteknya, moge adalah motor mahal yang konstruksi motornya diperhitungkan sesuai fulus. Belum lagi setelah diberi onderdil racing, pastilah lebih nyaman di mana-mana dengan  motor bebek yang dibikin balap. Prakteknya juga, semakin besar kapasitas motor, ya motornya makin anteng, karena roda, sasis  dan selongsong suspensinya makin besar-besar. Redamannya lebih mantap.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Faktanya, Okada kesulitan mencari limit settingan yang dia mau. Aslinya Okada adalah tester motor gede produk-produk Yoshimura.  “Saya tidak menyangka, motor cub (underbone) punya nilai kesulitan soal set-up,” jelas Okada yang dalam tiga seri IP jarang start. Catatan waktunya tak mencapai target dari peserta yang diizinkan ikut berlomba. 

Pastilah bro, Okada pasti mencari-cari kenyamanan seperti moge yang ia test. Ya, nggak dapat-dapat coy, yang ada Okada yang harus menyesuikan. Sama dengan Maeda yang umurnya jauh lebih muda dari Okada yang di negaranya sudah menunggang GP3 atau kelas yang menuju Moto3.

Ya sama juga nyamannya untuk ukurannya yang berbasis full frame memang buat balap dan kapasitas lebih kecil. “Saya terhambat penyesuaian dengan motor. Ditambah persaingan sangat ketat. Jam terbang saya masih harus ditambah dengan bebek. IP benar-benar ganas,” begitu omongan Maeda pada Ade Taruna selaku manager tim tersebut.

Ketika pertama menunggang bebek mengaspal di Sentul International Karting & Motorcycle (SIKM), Bogor, Jawa Barat Maret silam, Maeda terlihat halus. Adaptasinya termasuk cepat. Tapi itu terjadi di latihan.  “Maka saya selalu memberinya masukan dan motivasi, dan setelah tiga seri berlalu, mentalnya sedikit demi sedikit mulai kuat,” tutup Ade pada pembalap berusia 15 tahun ini.

Lihat saja nanti di ronde 4 IP di Sentul Kecil, 22 – 23 Juni 2013.  Adit

BACA JUGA

Klasemen IndoPrix 2013

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul; Yang Pasti Ketat Di Sentul Kecil

IndoPrix 2013 Jelang Seri III Kenjeran; Suzuki Jangan Di Belakang Melulu Dong

IndoPrix Sentul 2013; Pembalap Jepang 57 Detik Bersih, Rapi Bawanya

BAGIKAN