nhk

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul, Semangat Kawasaki Manual Tech

 

 

 

ManiakMotor – Kawasaki Manual Tech IRC (KMTI) memang lagi tak beruntun 2013. Ini tim pemegang juara IndoPrix 2012 di IP1 atau underbone 125 cc lewat H Yudhistira. Sebagian besar poinnya didulang pada sirkuit permanen yang besar atau Sentul Besar (SB). Sayang, tahun ini  SB tak dapat jatah disinggahi seri IP 2013.

Seharunya seri 4 IP 2013 minggu ini atau 22 – 23 Juni 2013 menjadi tradisi balik ke SB. Tetapi, kali ini hanya kembali ke Sentul International Karting & Motor Cycle (SIKM) alias Sentul Kecil. Sirkuit ini anti  dengan Kawasaki Edge yang jadi andalan KMTI. “Bicara karakter bawaan mesin sulit untuk menanggulanginya. Sepandai-pandainya pembalap akan kesulitanan, karena Edge overbore yang kurang pas pada sirkuit pendek-pendek,” kata Ibnu Sambodo yang akrab disapa Pakde.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Tahun lalu, KMTI bisa berada juara, karena di SIKM mampu pelihara poin SIKM dan Kenjeran, terutama Yudhistira. Ia nggak banyak drop di luar lima besar. Tapi begitu sampai di SB, mereka mencuri poin sebanyaknya dan berlanjut ke Binuang yang treknya lumayan panjang-panjang dibanding Kenjeran dan SIKM.

Tetapi tahun ini, di SIKM seri pertama, Yudhistira jatuh dan Gupito Kresna kesulitan masuk lima besar. Di seri 2, kembali duet KMTI kurang cemerlang disusul cideranya Yudhis. Seri 3 juga sama saja. “Dengan langkah piston sangat pendek, pembalap lebih capek membawa motor mengikuti lincahnya Honda dan Yamaha,” tambah Ibnu.

Sebagai gambaran saja basis stroke Edge adalah 50 mm, Honda Blade 55 mm dan Jupiter Z atau Z1 57 mm. Dengan perbendaan ini, Edge sering ketinggalan pada putaran bawah. Itu putaran yang dibutuhkan di sirkuit mini. “Saya belajar berusaha menahan rpm lebih tinggi pada belokkan, tetap saja kalah cepat. Kalahnya saat fight yang mau tidak mau saya harus berpikir  jalur yang beda agar putaran mesin tetap tinggi. Cara ini dimasukki lawan,” kata Yudhis.

Menurut catatan dari hasil lomba seri pertama IP 2013 pada Maret lalu, Gupita di IP2 (bebek tune up 110 cc) ke-6 di race pertama, sementara di race dua ketujuh dan IP1 (bebek tune up 125 cc) Yudisthira mencatatkan hasil terbaik finish ke-7 di race kedua. “Tim tidak tinggal diam, semua dilakukan agar bisa bersaing, moga seri IV besok ada perubahan,” tutup Pakde yang tetap semangat.

Ya semangatlah, balap kok. Adit

BACA JUGA

Klasemen IndoPrix 2013

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul; Pertamina Racing Lewat Harlan

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul; Pembalap Jepang Sebut IndoPrix Ganas

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul; Yang Pasti Ketat Di Sentul Kecil

 

BAGIKAN