nhk

IndoPrix 2013; Jupiter Z1, Injeksinya Masih Proses

 

 

ManiakMotor – September 2012, Sudarmono pernah mengetes Jupiter Z1 Injeksi di Jepang. Saat itu, Sudarmono sekalian ikut salah satu seri ARRC di negara yang podowae. Pengetasan itu hanya membandingkan kecepatannya dengan Jupiter Z versi karburator, ternyata masih jauh. Proyek pun dilanjutkan dengan laboratorium tetap di Jepang. Kan proyek bebek balap injeksi semuanya diserahkan pada insinyur Yamaha Jepang. Sedang mekanik Yamaha Indonesia tetap diinstruksikan pakai Jupiter Z1 yang diberi karbu, walau aslinya injeksi.

Tetapi menurut Rudy Hadinata, bos Yamaha Trijaya tempat Sudarmono membalap di IP 2013, itu motor belum selesai. Dia berhak bicara, karena Sudarmono yang akan diberi kepercayaan menggebernya sembari riset. “Masih jauh dari harapan, belum setara dengan Jupiter Z karbu. Jadi awal-awal seri IP 2013 masih pakai motor lama,” jelas Rudi yang mengabarkan pembalapnya tetap Sudarmono dan Anggi Permana di IP. Sedang di MotoPrix tim ini akan diperkuat M.Zaki (seeded) dan pemula Reza Danica bersama Agung Didu.  

Proyek Jepang ini mendesak, sebab di saat sama Jupiter Z yang rata-rata dipakai balapan adalah keluaran 2008. Motor ini pada 2014 akan kena peraturan penunggunaan produksi maksimum 5 tahun bisa dipakai di balap. Makanya proyek injeksi di Jepang adalah para meter bagi mekanik di Indonesia. Maksudnya bila itu berhasil, semua tim yang memakai Yamaha otomatis akan dapat teknologi yang sama. Tidak ada yang dibedakan, semua orang Indonesia sama warna kulitnya, kecuali yang brjemur setiap hari.  

Beberapa Jupiter Z1 yang injeksi diubah jadi karbu penyuplai bahan bakarnya, juga belum maksimal. Contoh yang diriset Yamaha Yonk Jaya sudah ada sejak 2013. Tetapi Yonk mengaku saat itu tersita dengan keadaan Sigit PD yang harus mengejar titel IndoPrix 2012. Jadi tidak punya kesempatan meriset lebih jauh. “Mudah-mudahan tahun ini sembari menunggu injeksi dari Jepang,” kata Koh Yonk dari markasnya di Bandung.

Okeh deh Koh, camsia, arigato dan terima kasih. Miolo   

BERITA TERKAIT:

Tim Dan Pembalap IndoPrix 2013

Sudarmono Jajal Jupiter Z1 Injeksi Di Jepang, Ya Buat IndoPrix..!

IndoPrix 2013; Suspensi Penske Akan Bersaing Dengan Ohlins Dan YSS

Ibnu Sambodo Buka Kursus Mekanik Road Race, Drag Bike, Grasstrack, Sampai Mahir..!

Terget Kawasaki Pertahankan Juara IndoPrix 2013, SuperSports 600 cc Peringkat Tiga ARRC

IndoPrix 2013; Yamaha Yonk Jaya NHK, Setia Dengan Roy Dan Sigit

IndoPrix 2013; Astra Motor Racing Dibela Muis Dan Triyugo

  

BAGIKAN