nhk

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Race-1 IP125, Tiga Yamaha Podium, Dua Injeksi

 


ManiakMotor – Waduh, Yamaha lagi, injeksi lagi dan Sigit PD lagi. Itulah yang terjadi di race-1 IP1 alias underbone 125 cc. Sigit PD yang di superpole 2 mencatat rekor di kelas ini, ia teruskan lagi kombinasi halusnya suplai injeksi dan dirinya mengatasi sirkuit Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, 14 April 2013 dalam rangka seri 2 IndoPrix 2013. Di race-1 ini pembalap Yamaha TDR NHK Yonk Jaya tersebut naik podium ditemani dua pembalap Yamaha Yamalube TJM KYT, yakni Fitriansyah Kete (Jupiter Z) dan Rey Ratukore (Jupiter Z1). Kedua joki itu tertinggal 1.650 detik dari Sigit dalam 30 lap balapan di Kenjeran.

Di belakang ketiganya  sampai 9 adalah Yamaha juga. Namun, selalu jadi bahan cerita yang juara dong. Seperti Sigit PD di seri dua ini yang menjadi hari baiknya. Paling tidak setelah performanya di race-1 IP110 dan race-1 IP125 yang berusan dilaksanakan. Dia buktikan, bahwa bahan bakar oktan 95 diperintah injeksi lewat elektronik, cabut-cabutnya konsisten dengan rpm rata. Injeksi tidak terpengaruh guncangan, belokkan dan campuran udara-bahan bakar yang sering berubah-ubah. Itu dibanding karbu yang diperintah oleh alat berupa jarum skep, jarum pelampung, dan spuyer.

Kelebihan itu  dikombinasikan dengan cara bawa Sigit yang memang rapi. Cerita rapi berarti tidak pecicilan, halus brosist. Apalagi Kenjeran memang butuh cara bawa dan motor seperti itu. Maklum sirkuit gokart yang dibikin jadi perhelatan balap bebek. Bukan hanya Kenjeran, semua balap motor harus rapi. Rapi pada satu racing line yang dianggap cepat. Tipis-tipis, tapi tidak setipis otak manusia. Maksud, kamu, hehe becanda.  

Tidak sekalipun motor ‘melawan’ gerakan saya, itu motor sudah saya pahami. Semoga berlanjut ke race-2,” ujar Sigit dengan bahasa Indonesia logat Jogja yang tertata, ya rapi seperti dia bawa motor. Eeeit, Git… Jupiter Z1 itu juga sudah memahami kamu. Itu gunanya riset dan setting, mekanik menuntun Jupiter Z1 agar sesuai  cara kamu bawa. Jadinya nggak saling salah paham. Sigit dan Jupter Z1 bernomor start 63 itu jadi sehati.

Sigit terlihat santai membawanya, tampa beban. Luwes.  “Itu juga dipengaruhi gir rasio yang sesuai sirkuit dan karakter Sigit. Juga tim sudah bisa setting sendiri menggunakan ZI Tunner untuk mapping,” tutur Koh Yonk, selaku pemilik tim tempat Sigit membalap.

Entalah, Koh Yonk jualan rasio atau Z1 Tunner (YZ Power Tunner for Z1)? Maklum Koh Yonk kan pdg. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil IndoPrix 2013; Kenjeran Seri 2, Semua Sesi, 13 – 14 April 2013

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri-2; Race-1 IP110, Jupiter Z1 Sigit PD Asapi Jauh Lawannya

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Jupiter Z1 Mulai Ditangani Mekanik Indonesia

IndoPrix Kenjeran 2013; Harlan Tetap Optimis Saat Lomba

IndoPrix Kenjeran 2013, Superpole-2 Jupiter Z1 Sigit PD, Pertajam Rekor

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353