nhk

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Sigit Sapu Bersih Semua Race, Ramuan Injeksi Dan Oktan 95

 

 

ManiakMotor – Kembali ke siaran langsung tv, race 2 IP125. Sudah jelas kan, mulus Yamaha Z1 Sigit PD, semulus ia menyapu bersih semua race di seri 2 IndoPrix 2013 di sirkuit Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, 14 April 2013. Katanya sih itu rekor, tapi portal ini tidak gegabah mau menulisnya karena tak punya data dari tahun ke tahun soal IP.

Era final region kesinambungan dari IP serkarang, itu pernah dilakukan Haji Ichal dari Sulawesi Selatan. Ketika itu, Ichal menggunakan motor Jupiter Z korekan Swedia milik Yamaha Star Motor pimpinan Benny Djatiutomo. Atau Yudhistira?  Juga portal ini masih lupa-lupa ingat, lagi-lagi karena soal data. Tapi, ingatan sejak portal ini hidup, bisa saja baru Sigit yang memperkuat Yamaha TDR NHK bisa mengantongi poin 100 di dua race dan kelas IP.

Maklum, mesin bebek sulit konsisten soal daya tahan dalam dua race. Baru Jupiter Z1 Sigit-lah yang mampu melakukannya. Berarti, fakta teknologi injeksi lebih stabil, lantaran set-up mesin boleh  presisi. Termasuk Pertamax Plus di dalamnya, karena bukan bahan bakar basi.

“Seri pertama lalu, saya hanya jadi penonton. Seri 2 ini saya terlibat langsung. Luar biasa, jika diandaikan penyanyi, Jupiter Z1 ini punya suara tinggi dengan power perut melengking halus,” jelas Heru Kete, mekanik Yonk Jaya semberi memperagakan suara menyanyi yang fals. Kalau reporter sih, pakai suara gugug

Macam  dibilang tadi, tidak semata pembalap dan semata-mata Jupiter Z1, keduanya saling terkait. Karakter Sigit yang rapi  ketemu injeksi yang halus cabut-cabutnya, lalu disetting lagi lebih halus oleh para mekaniknya. Halus bukan berarti pelan. Ini  motor ‘diam’ tapi kejam. “Rasio yang digunakan tepat dengan gaya balap saya. Juga settingan pada bahan bakar, pengapian dan suspensi,” tutur Sigit yang yang mengaku menjaga fisik rutin di gym dan lari. “Selain itu saya punya jam malam, tidak pernah larut tidurnya,” tambah Sigit.

Alih teknologi dari teknisi Jepang pada Heru Cs pada tim bermarkas di Bandung, Jawa Barat ini, memang muyus. “Rasio disediakan oleh divisi  Racing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Kebetulan kombinasi mata gir  yang dicari tersedia. Bahkan saya yang membongkar dan memasangnya bersama teman-teman. Tentu saja didampingi teknisi Jepang,” tukas Heru yang mulai fasih menggunakan YZ Z1 Power Tuner, alat yang disederhanakan oleh Jepang untuk memapping ECU Jupiter Z1.

Sementara pengguna Jupiter Z1 lain tidak secemerlang Sigit, karena menurut Rudy Hadinata, bos Yamaha Trijaya tempat Sudarmono membalap, semua soal reduksi. “Mesin sudah jaminan mutu. Rasio yang pas dengan karakter Momon (Sudarmono) belum ada hitungannya. Mungkin itu bedanya dengan Sigit, mereka menemukan perbandingan yang tersedia,” jelas Rudy yang mengaku untuk seri berikutnya hitungan rasio tersebut akan tersedia.

Bisa jadi, Koh Yonk bos Yamaha TDR NHK punya mimpi endah semalam dan Sigit punya mimpi memeluk bulan. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil IndoPrix 2013; Kenjeran Seri 2, Semua Sesi, 13 – 14 April 2013

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Jupiter Z1 Mulai Ditangani Mekanik Indonesia

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Gerry Salim Rookie From Honda

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Race 2 IP110 cc, Terbukti Di TV Sigit PD Rapi Jali

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Race-1 IP125, Tiga Yamaha Podium, Dua Injeksi

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri-2; Race-1 IP110, Jupiter Z1 Sigit PD Asapi Jauh Lawannya

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353