nhk

IndoPrix 2013; R7 – R10 Kenjeran, Tikungan Maut

 

ManiakMotor – Tidak mengabaikan tikungan yang lain di sirkuit Kenjeran, Surabaya, Jatim yang dipakai seri 2 IndoPrix, 14 April 2013. Namanya trek semi permanen, ia masih sodara dengan trek dadakan, selalu teknikal. Tetapi tikungan R7 sampai R10 lebih teknik lagi. Setelan motor wajib dibikin  teknik bangat, pembalapnya, apalagi. Tikungan beruntun ini kalau di dunia disebut corkscrew.

Corkscrew adalah alat membuka tutup botol yang modelnya melintir seperti sekrup. Pembuka tutup botol anggur kelas mahal yang penutupnya dari material lunak tapi alot. Untuk membukanya ditusuk dulu baru diputar dan dicabut. Macam putaran itu konstruksi R7 sampai R10 Kenjeran.  Tetapi ini  kebalikan memutar corksrew, arah balapan Kenjeran berlawanan arah jarum jam (counter clockwise). Di jalanan umum mestinya di sini diberi lambang tengkorak, tikungan maut bro, hati-hati.

Sejak era underbone 2-tak dan sekarang  4-tak, setiap datang ke Kenjeran, konsentrasi tim dan joki di situ. Pasukan mencari settingan motor paling ‘diam’ di area ini. Di situ ketemu, niscaya motor akan mulus pada semua tikungan Kenjeran.  “Sekecil apa pun akibat dari motor dan pembalap di sini, sulit maksimal catatan waktu dalam 1 lap di Kenjeran,” jelas Hendriansyah, pembalap senior yang memperkuat Yamaha HRVRT Yamalube yang ke-3 dari total poin IP125.

Diawali masuk R7, di belokkan ini untuk ukuran bebek dalam kecepatan tinggi sembari menikung tanggung ke kanan. Ketika posisi miring pun, melakukan pengereman, sembari mengarahkan motor ke kiri, masuk R8. Kembali tanggung menikung kanan (R9) dengan gantung rpm dengan gigi tiga  dam berakhir di R10 yang rebah ke kanan menuju trek lurus.

Sigit PD bilang, Jupiter Z1-nya mudah masuk R7, karena suspensinya tetap anteng walau direm posisi menikung. “Dengan settingan Jupiter Z1 sekarang, di R8 bisa masuk di jalur dalam. Juga tak peduli kehilangan grip pada cat pembatas tikungan paling dalam R9. R10 bisa ambil racing line dengan kecepatan yang saya inginkan. Tinggal atur pindah tubuh setiap tikungan di sini,” jelas Sigit pembalap Yamaha TDR NHK Yonk Jaya yang menyapu empat race yang dilombakan di seri 2 IP 2013 di sirkuit tersebut

Lawan-lawan Sigit mengakui Jupiter Z1 Sigit unggul di trek lurus. Ada buktinya di TV, semua lawannya ‘dimakan’ masuk R1  atau di ujung trek lurus. Ya, iyalah  karena mulus dari R7 sampai 10, hasilnya  adalah kecepatan puncak. Sakingdiam’ seperti diberi rel Jupiter Z1 Sigit di situ, teknisinya berani pasang rasionya berat.  Ada buktinya juga, setiap start, ia selalu ketinggalan.

Itulah hebatnya rasio, suspensi Kayaba yang sepaket dari Jepang, dan terutama injeksi. Jupiter Z1  tidak peduli terhadap guncangan atau bumpy di wilayah antara R9-10. Kan sudah dibilang sebelumnya, salah satu kelebihan injeksi yang bahan bakarnya dikontrol elektronik, walau ada guncangan, nada mesin tidak akan turun-naik. Konstan tapi kontan, man… 

Beda dengan karbu, saat berguncang, jarum-jarum setan, sorry brother, becanda. Maksudnya jarum skep, jarum pelampung dan semprotan spuyer juga terpengaruh. Pembalap otomatis mengimbagi halusnya gas pada tangan. “Saya tidak melakukan kesalahan. Tapi terlalu hati-hati karena jalur R10 keriting. Itu bedanya dengan Z1 Sigit yang tetap halus di situ, walau kecepatannya tinggi. Padahal penempatan motornya sama,” tukas Wahyu Widodo, pembalap Honda Daya NHK IRC yang memecahkan rekor di superpole 2 di IP110 dengan Honda Blade.

Berlari sendiri dalam QTT atau telah memimpin jauh, epek R7-10 akan ke trek lurus, R1 dan bahkan sampai R2. Tidaklah heran, Sigit PD memecahkan rekor Kenjeran, karena motornya dan dia sendiri sakses mengatasi tikungan maut. Maut memang. Adit

BERITA TERKAIT

Hasil IndoPrix 2013; Kenjeran Seri 2, Semua Sesi, 13 – 14 April 2013

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Sigit Sapu Bersih Semua Race, Ramuan Injeksi Dan Oktan 95

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Race-1 IP125, Tiga Yamaha Podium, Dua Injeksi

IndoPrix 2013 Kenjeran Seri 2; Jupiter Z1 Mulai Ditangani Mekanik Indonesia

IndoPrix Kenjeran 2013, Superpole-2 Jupiter Z1 Sigit PD, Pertajam Rekor

BAGIKAN