nhk

IndoPrix 2013 Seri-3 Surabaya; Scrutineering Ditutup Spanduk, Ada Apa Gerangan..?

 

 

ManiakMotor – Yang ditutup-tutupi tentu bikin penasaran. Seperti di parc ferme alias area tertutup tempat scrutineering Seri 3 IndoPrix (IP) 2013, Sirkuit Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur pada 26 Mei. Tidak biasanya pemeriksaan teknik motor sampai dikasih kerudung. Portal ini termasuk yang penasaran, eh, larangan malah dilontarkan petugas scrut, “Maaf tidak boleh dilihat, apalagi difoto,” tegasnya. Makanya yang terekam cuma spanduknya, tidak yang di dalamnya.

Yang ditutupi Yamaha Jupiter Z1 pacuan Sigit PD usai ke-2 di race-2 IP110 cc.  Petugas scrut meminta motor tersebut harus dibongkar atau diurai isi dalamnya. Di seri-seri sebelumnya hanya pengecekan venturi throttle body, diameter silinder dan  langkah torak.

“Makanya kami tutupi karena area ini kan harusnya clean. Ini malah banyak sekali manusia,” ungkap salah seorang dari divisi racing Yamaha pada motor yang ‘dititipkan’ di tim Yamaha Yamalube TDR FDR NHK Yonk Jaya itu.

Maklum, barang baru coy. Toh, mengacu pada lampiran C di Peraturan Dasar Olahraga Nasional yang membahas Peraturan Umum Balap Sepeda Motor salah satu poinnya menyebutkan; tidak seorang pun diijinkan memasuki daerah ini terkecuali: 1. Untuk menggeser/mendorong motornya sendiri setelah mendapat ijin tertulis dari Pimpinan Pelombaan. 2. Dewan Juri, Pimpinan Perlombaan dan Anggota Panitia/Petugas yangn memang bertugas di sini, merupakan perkecualian dalam peraturan ini.

Siapa sih yang tidak ingin melihat canggihanya Z1 karya para insiyur racing Jepang? Ya pasti semua. Mendapati makin banyak yang menonton, bukan hanya motor yang ditutupi, tapi area scrut tersebut dengan spanduk. Kabar yang beredar ada protes yang dilayangkan peserta lain yang menuntut dibongkarnya mesin Z1. “Tidak ada itu, ini hanya pengecekan biasa,” kata petugas scrut yang bernama Reymond Gunawan.

Petugas memang berhak membongkar motor yang dicurigai.  Itu untuk memastikan mesin Z1 sesuai dengan aturan IP. Tetapi kenapa terjadi perdebatan antara beberapa peserta dan petugas scrut? Terus pakai saksi yang dipanggil menyaksikan jeroan Z1 segala? Nah, kan. “Dari segi aturan, Z1 memenuhi syarat,” tambah Reymond yang diiringi raut para saksi seperti plong.

Ya mudah-mudahan saksinya dapat elmu dari intip-intipan itu, hehe.  “Kalau memang ada protes ya ditunjukkan suratnya. Kalaupun harus dibongkar ya jangan seperti tadi kondisinya, semua orang bisa masuk ke area scrut, harusnya ada tempat khusus di mana hanya teknisi dan petugas yang berada di situ,” tukas M. Abidin selaku GM Service And Motosport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Pemeriksaan menyeluruh ini dianggap wajar oleh praktisi balap IP. “Masalah bongkar-membongkar itu kan wewenang petugas scrut. Tidak ada patokan bahwa seri sebelumnya tidak dilaksanakan, selanjutnya juga akan tidak ada. Petugas sewatu-waktu bisa membongkarnya, seperti sekarang,” kata Benny Djati Utomo, pimpinan Astra Motor Racing Team.

Kembali pada Peraturan Dasar Olahraga Nasional di lampiran E bagian Peraturan Tentang Teknik Balap Sepeda Motor halaman 187 disebutkan; ‘Pemeriksaan akhir meliputi : a. Berat kendaraan. b. Karburator/sistem injeksi bahan bakar (lengkap). c. Kapasitas/isi silinder. d. Pemeriksaan mesin, dilakukan terhadap 1 (satu) atau lebih (maksimum 3) sepeda motor secara acak atau berdasarkan keputusan Dewan juri.’  

Sama dengan Ibnu Sambodo, punggawa Kawasaki KYT IRC Rextor Manual Tech. “Namanya pemeriksaan di balapan memang harus. Asal ada alasan yang jelas tujuan dilakukannya pembongkaran menyeluruh tersebut. Harus sama-sama enak antara peserta dan petugas,” katanya kalem.

Ya semoga onderdil di Jupiter Z1 bisa bertelur. Maklum, menjiplak lebih mudah. Masih ingat kan, kem atau chamshaft Swedia yang akhirnya beranak ke mana-mana membuat balap bebek pada kencang-kencang saat ini.  Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil IndoPrix 2013 Kenjeran Seri-3, Semua Sesi, 25-26 Mei 2013

IndoPrix Kenjeran 2013 Seri-3; Race-2 IP125 Tetap Jupiter Z1 Racing

IndoPrix 2013 Seri-3 Kenjeran Race-2 IP110; Kembali Triyugo Dengan Blade Karbu

IndoPrix 2013 Seri-3 Surabaya Race-1 IP125; Pembalasan Karburator 1-5

IndoPrix 2013 Seri-3 Kenjeran Race-1 IP110; Blade (Karbu) Vs Z1 Injeksi, Triyugo Juaranya


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353