nhk

IndoPrix 2013 Seri-3 Surabaya Superpole IP125; Harlan Patahkan Dominasi Injeksi

 

 

ManiakMotor – Mengezutkan hasil yang ditorehkan Harlan Fadhillah dari tim Pertamina Enduro BRT Nissin Racing Team (PEBNRT) di superpole-2.  Di sesi awal qualifying, ia hanya tersembunyi di posisi 6. Lagian, melawan dominasi Jupiter Z1 yang nggak ada matinya, bukan perkara mudah dalam balapan sendiri-sendiri.

Sebelumnya, Harlan tenang-tenang saja sembari setting suspesi dan tekanan ban. “Biarkan saja yang injeksi di depan saat kualifikasi awal. Kan penentuan grid ada di superpole 2. Di situ harus ke depan, sebab settingan mesin dan suspensi Ohlins sudah saya dapat,kata Harlan di paddock PEBNRT usai sesi superple2 di sirkuit Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur pada 25 Mei.

Inilah grid pertama Harlan di IndoPrix 2013, juga sekaligus  mematahkan dominasi injeksi. Maklum dua seri sebelumnya grid pertama seperti sudah haknya Z1. Kali ini Harlan yang berhak start terdepan. “Silinder head dipasang yang baru. Porting-portingnya lebih kecil antara 0,5 mm sampai 1 mm dari yang biasanya,” sebut Slamet, mekanik PEBNRT.

Seperti laga pemenang, Slamet tanpa diminta bicara, terus bercerita soal kelebihan diameter yang lebih kecil itu. Katanya, flow benchnya lebih baik. Kira-kira seperti meniup pluit yang makin kecil, tapi tajam suaranya. Tetap harus bersamaan dengan durasi kem yang tidak teralu lama membukanya. Kali ini menggunakan durasi 260o dan sebelumnya 270o. “Ini pun harus diimbangi lift kem yang lebih tinggi,” lanjut Slamet yang bukan Raharjo atau nama bebek goreng. Tapi dia mekanik balap bebek. Dia orang kepercayaan Tommy Huang, sebagi pawang PEBNRT.

Speksfikasi yang down grade pada porting ini, untuk memompa tenaga didapat lebih awal. Hasilnya adalah motor yang lincah. Pengaruhnya banyak. Tenaga dan hendling seperti satu irama,” jelas Harlan  yang lebih cepat 0,014 detik dari Sigit PD yang jogaon dengan Jupiter Z1-nya.

Buktikan deh. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil IndoPrix 2013 Kenjeran Seri-3, Semua Sesi, 25-26 Mei 2013

IndoPrix 2013 Seri-3 Kenjeran Superpole 110; Setting Jupiter Z1 Sigit Semudah Pencet HP

IndoPrix 2013 Seri-3 Surabaya; QTT IP125 Sudarmono Temukan Settingan

IndoPrix 2013 Seri III Kenjeran QTT IP110: Sigit PD Tercepat, Jupiter Z1 Disetel Dua Step

IndoPrix 2013 Seri III Surabaya, Menunggu IRC Slick

 


 

 

BAGIKAN