nhk

IndoPrix 2013 Seri 4 Sentul; Race-1 IP110, Anggi Berhasil Mengawetkan Ban IRC

 

ManiakMotor – Manuver cerdik Anggi Permana di atas Yamaha Jupiter Z pada lap 22 terhadap  Wahyu Widodo dengan Honda Blade, membuatnya juara race-1 IP110. Anggi membalap atas nama Yamaha Yamalube FDR KYT  Trijayajura dalam angka seri 4 IndoPrix (IP) 2013 pada 23 Juni di Sentul International Karting And Motorcycle (SIKM), Bogor, Jawa Barat.

Anggi selama 20 lap dari 25 lap yang dijatah hanya membayangi Widodo. Ia sengaja untuk mengewetkan ban IRC Razo pada pacuannya supaya tetap tebal sampai finish. Ia baru melewati Widodo pada lap ke-22 tadi. “Faktanya 3 lap sesudahnya, ban saya lebih meyakinkan, walau ada kesalahan kecil bukan karena dari ban,” kata Anggi yang asli Tasik, Jabar itu.

Teknik slip streaming ini sebenarnya bukan hanya bikin irit karet hitam. Tetapi semuanya. Ya, stamina joki dan mesin. Stamina misalnya, Anggi tidak perlu mencari line sendiri, ia sudah dituntun Wahyu yang di depannnya. Berarti bisa menghemat pikiran dan konsentrasi.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Mesin juga lebih awet karena hambatan angin sudah dibelah lebih dulu yang di depannya, namanya juga slip streaming, curi angin. Mesin jadi enteng alias tidak bekerja keras. “Ban tidak terlalu panas, penyebab boros. Juga sering tidak memaksa jalur seperti melaju paling depan,” tambah Anggi akan taktiknya.

Hampir saja strategi Anggi buyar. Di lap terakhir, Wahyu yang membela Honda Daya Daytona NHK IRC nyaris curi posisinya. “Saya kurang cepat manfaatkan kesalahan Anggi. Di sisi lain, saya kelamaan memimpin di depan, tanpa tahu strategi Anggi. Namun saya puas dengan hasil ini,” cerita Wahyu sembari menyeka keringat, maklum begitu finish langsung wawancara bro.

Ke-3 ditempati Harlan Fadhillah yang sebenarnya di IP110 cc tidak diperhitungkan. Pembalap Pertamina Enduro BRT Nissin Racing Team bisa aman, karena hanya memanfaatkan konsistensi. “Sebenarnya di awal lomba sempat menempel Anggi, namun saya masih kalah rangka,” ujar Harlan.

Sigit PD yang di kelas ini punya peluang menutup juara IP 2013 ke-4 dengan Jupiter Z1-nya. Ia masih punya peluang yang sama, sementara belum dihitung, karena portal menggunakan cara menulis tanpa bayangan. Adit

BACA JUGA

Hasil IndoPrix Seri-4 Sentul, Semua Sesi, 22 – 23 Juni 2013

IndoPrix 2013 Seri IV Sentul; Sigit Tercepat (Lagi) Di Superpole IP 125

IndoPrix 2013 Sentul Seri 4; Superpole IP2 (110) Grid Pertama Blade Widodo

IndoPrix 2013 Seri 4 Sentul; QTT IP1 (125 cc) Sudarmono Dengan Z1 Racing

IndoPrix 2013 Seri IV Sentul; QTT IP2 (110) Z1 Racing Sigit PD Makin Racing

BAGIKAN