nhk

IndoPrix 2013 Seri III Kenjeran QTT IP110: Sigit PD Tercepat, Jupiter Z1 Disetel Dua Step

 

ManiakMotor – Lewat perintah FI Power Tuner, asupan bahan bakar di Yamaha Jupiter Z1 tunggangan Sigit PD dari tim Yamaha Yamalube TDR NHK Yon Jaya diperbanyak 2 step dari setelan aslinya. Itu ketika ia tampil tercepat di Qualifying Practice sebelum superpole yang berlangsung di sirkuit Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, 25 Mei 2013 ini.  

“Saat sesi latihan tadi pagi, mappingnya 0 atau standar. Atas permintaan Sigit ditambah 2 step agar bahan bakar lebih kaya. Ya, udaranya akan menyesuaikan sendiri lewat ECU, injeksi gitu loh,” kata Heru Kate, mekanik tim bermarkas di Bandung, Jawa Barat saat ditemui selesai sesi kualifikasi.

Dalam rangkaian KYT IndoPrix 2013 yang sudah ronde ketiga ini, Sigit tidak banyak ubah settingan dari seri sebelumnya. Maklum sirkuitnya tetap sama. “Sesuai perintah yang diajarkan insinyur Jepang, bahwa perubahan setting Z1 harus bertahap tidak boleh langsung drastis. Maksudnya, agar pembalap juga merasakan perubahan yang didapat,” kata Sigit dengan kalem.

Sementara Sudarmono yang juga memakai Z1 mendapatkan setelan yang sama dengan Sigit. Disebut mendapatkan, karena Momon – sapaan akrab Sudarmono – dan timnya dari Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya mencoba beberapa setelan. Ternyata saat dibandingkan hasilnya sama, yaitu minya +2.

Untuk saat ini tim yang pegang Jupiter Z1, baru diizinkan merekayasa asupan bahan bakar. “Pengapian belum boleh diutak-atik,” kata Hari Sakti Wibowo alias Mlentis, kepala mekanik tim yang juga asal Bandung, Jawa Barat ini. Setelan di FI Power Tuner ini bisa ditambah (+) dan dikurangi (-) masing-masing 5 step. Malah jumlah mata di gir belakan sama-sama 44 mata. Nggak tahu deh isi rasionya, belum ditanya.

Pemain Honda tercepat di pegang oleh Wahyu Widodo yang seri lalu mencetak rekor tercepat di kelas ini. “Ada beberapa part baru yang dipasang meliputi komponen mesin dan suspensi,” kata Suhartanto alias Kupret. “Saya masih meraba-raba, semohga makin baik di superpole,” timpal Wahyu yang membela Honda Daya Daytona NHK IRC.

Kita tunggu seperti apa superpole nanti sore, karena pemain Yamaha, Honda dan Kawasaki berhasil lolos ke-12 besar yang berhak ikut superpole 1. Sementara pembalap Suzuki hanya satu yang lolos qtt, tapi tidak tembus superpole, Ivon Nanda yang asli Indonesia. Sementara Yoshiharu Okada tidak lolos kualifikasi alias nggak ikut lomba juga. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil IndoPrix 2013 Kenjeran Seri-3, Semua Sesi, 25-26 Mei 2013

IndoPrix 2013 Jelang Kenjeran Seri III, Jepang Dikurangi, Teknologi Jupiter Z1 Pindah Tangan

IndoPrix 2013 Seri III Surabaya, Menunggu IRC Slick

IndoPrix 2013 Jelang Seri III Kenjeran; Suzuki Jangan Di Belakang Melulu Dong

IndoPrix 2013 Jelang Seri III Surabaya, Kawasaki Harus Pakai Fisik

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353