nhk

IndoPrix 2013 Seri IV Sentul; QTT IP2 (110) Z1 Racing Sigit PD Makin Racing

 

ManiakMotor – Yamaha Jupiter Z1 Racing Sigit PD meninggalkan 0,3 detik lawan ke-2-nya  saat QTT IP2 atau bebek 110 cc. Sigit yang memperkuat Yamaha Yamalube TDR FDR NHK Yonk Jaya, sendirian bermain 57,845 detik. Ini dicetaknya di sesi yang barlangsung di Sentul International Karting & Motorcycle (SIKM), Bogor, Jawa Barat, 22 Juni 2013.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Settingan Z1 Racing Sigit diubah dari seri pertama lalu. Maklum, di seri awal saat munculnya Z1 Racing pertama kali, Sigit masih kerepotan. Ia kalah dari abangnya di SIKM. “Saat itu rasio dibuat ringan, sekarang lebih berat,” ujar Sigit yang kali ini sudah tak ragu alias pede  sesauai namanya berpose di depan kamera.

Pengaruh Rasio bisa bikin Z1 Sigit tidak memaksa masuk-keluar tikungan. Belok panjang seperti R-7 motornya diam. Itu beda dengan seri pertama yang goyang terus, lantaran cepat kehabisan nafas, dorongan roda belakannya berkurang. Rasio berat juga bikin trek lurusnya asyik. Sigit di QTT ini menggunakan final gear 13/48. Dari sproket ini bisa dideteksi penggunaan rasio. Jupiter Z biasa rata-rata pakai 13/42, loh?

Suspensi juga seimbang dengan tekanan ban 17 psi depan dan belakang 18 psi pada ban IRC-nya. “Beberapa bagian sirkuit memang kurang bagus aspalnya, namun bisa diredam dengan baik oleh setting suspensi dan tekanan ban tadi,” tukas Sigit.

Catatan terbaik Sigit yang diukir pada awal sesi qtt coba didekati oleh Anggi Permana dari tim Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya dengan beberap settingan yang telah dicoba pada hari sebelumnya. “Saya coba dua mesin dengan karakter berbeda, jika di seri satu lalu lebih fokus pada putaran bawah-tengah, kali ini dipakai yang tengah-atasnya,” tutup Anggi.

Lha, kan Sentul Kecil memang putaran mesinnya menengah ke atas, bro. Adit



BACA JUGA

Hasil IndoPrix Seri-4 Sentul, Semua Sesi, 22 – 23 Juni 2013

IndoPrix 2013 Seri IV Sentul; Setting Suspensi Sentul Kecil

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul, Blade Injeksi Versi Jepang Muncul Juga

IndoPrix 2013 Jelang Sentul Seri IV, Perolehan Poin Ketat

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul, Semangat Kawasaki Manual Tech


BAGIKAN