nhk

IndoPrix 2013 Seri IV Sentul; Setting Suspensi Sentul Kecil

 

ManiakMotor – Sesi latihan bebas 21 Juni dan 22 Juni sebelum QTT dipakai mencari set-up suspensi.  Walau data lengkap di sirkuit Sentul International Karting & Motorcycle (SIKM), Bogor, Jawa Barat, tetap saja yang namanya suspensi ini selalu mengikuti perkembangan mesin, suhu, dan aspal. Belum lagi suspensi harus dikeembalikan performa aslinya akibat peguapan oli, kakunya sil dan tekanan pegasnya.

Bila mesin motor ketemu settingan kejamnya, kembali lagi ke suspensi yang berfungsi meredamnya. Jangan lupa, justru di kaki-kaki ini penentu konsistennya pembalap mengitari SIKM.  “Pembalap minta setting suspensi depan dibuat lebih halus re-bound. Sebab mesin saat ini berubah cepat sampai di depan tikungan,” buka Suhartanto alias Kupret, kepala mekanik Honda Daya Daytona NHK IRC tempatnya Wahyu Widodo membalap.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Tak hanya Wahyu, pembalap lain masih cari-cari komposisi redaman yang enak. Mereka meminta tim mekaniknya untuk mendapat maunya mereka. Apalagi di beberapa sudut SIKM ada aspal yang mengelupas. “Ini butuh suspensi lebih aktif untuk menahan guncangan roda. Aspal  keriting ini pun kebanyakan di depan tikungan,” kata H. Yudhistira yang membela Kawasaki Manual Tech IRC.

Sudarmono menyebut beberapa bagian sirkuit malah  ditambal semen, bila motor direm tiba-tiba, sokbreker seperti tidak aktif.   Maka ia memilih menghidar dari line semen, licin Mas. Tetapi itu harus diimbangi menaikkan tinggi sokbreker jadi 2 mm. Maksud Sudarmono yang memperkuat  Yamaha Yamalube FDR Trijaya itu, agar radius beloknya lebih cepat, karena ia harus melebar akibat semen.

Yang juga fokus pada suspensi adalah Harlan Fadhilah dari Pertamina Enduro BRT Nissin. Sejak seri satu lalu ia belum dapat settingan yang benar-benar stabil di SIKM. “Terutama pada R-12, saat keluar belokan pantatnya pasti belanja-belanja,” ujar Harlan yang terpantau keluar-masuk pit untuk minta diubah settingan suspensi Ohlins-nya.

SIKM berkarakter teknikal yang sokbrekernya wajib pas. Saking wajibnya  di beberapa paddock terdapat teknisi dari produsen suspensi, macam Kayaba, Daytona sampai Ohlins.  Adit

BACA JUGA

Hasil IndoPrix Seri-4 Sentul, Semua Sesi, 22 – 23 Juni 2013

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul, Blade Injeksi Versi Jepang Muncul Juga

IndoPrix 2013 Jelang Sentul Seri IV, Perolehan Poin Ketat

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul, Semangat Kawasaki Manual Tech

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul; Pertamina Racing Lewat Harlan

IndoPrix 2013 Jelang Seri IV Sentul; Pembalap Jepang Sebut IndoPrix Ganas

 

BAGIKAN