nhk

Indoprix 2013, Teknologi Injeksi di Sentul, Hanya Satu Bikin Geger


ManiakMotor –  Ada dua macam injeksi yang jadi buah bibir di sela-sela putaran pertama Indoprix di Sirkuit Kecil Sentul, 16-17 Maret . Yang pertama di Yamaha yang berhadapan langsung dengan injeksi Honda. Macam kedua adalah injeksinya Helmy Sungkar. Lho!

Sudah banyak ulasan seputar injeksi di portal ini. Khususnya para engineer-nya yang didatangkan langsung dari Jepang untuk Yamaha. Tapi, baru hari inilah bro-bro dari Japan itu bisa diajak berkomunikasi. Maklum, proyek injeksi mereka sudah  merajalela di race-1 IP1 dan IP2. Sebelumnya, boro-boro ditanya soal injeksi, baru diajak ngobrol saja sudah ngeles dengan bahasa Jepang yang bikin bingung awak maniakmotor.com. Mereka memang seperti tertutup soal program injeksi yang baru disuntikkan di putaran pertama Indoprix ini.

Agak beda dengan Koji Kobayashi. Doski ini komandan regu ‘tim samuarai biru’ itu. Ia bawa tiga anggota, masing-masing Hinano, Yamamoto, dan Kaneko. Ketiganya punya spesialisasi masing-masing dalam menangani mesin Yamaha. Hanya saja, Koji tak sudi menjabarkan apa saja  tugas masing-masing. “Semuanya memang punya tugas beda-beda, tapi pada dasarnya kami ini satu tim. Dan, sesungguhnya bukan hanya kami, tapi juga melibatkan para mekanik andal Yamaha Indonesia,” katanya sembari bilang basis mesin korekan motor semuanya ditiru dari mekanik Indonesia.

Ia akui riset dan pengembangan sistem injeksi yang bikin geger Indoprix itu memang didevelop dan dikembangkan di Jepang. “Karena pada akhirnya sistem itu harus disesuaikan dengan kondisi teknis di Indonesia,” ujar Koji yang jadi satu-satunya yang bisa berbahasa Inggris. Untungnya, bahasa Inggrisnya sama kacaunya dengan reporter maniakmotor.com hehehhe. Tapi, lagi-lagi, ia ngeles ketika ditanya kondisi teknis seperti apa saja. “Ah, you sudah terlalu banyak tanya. You tanya ke Yamaha Indonesia saja dah!”

Kira-kira seperti itu katanya. Eh, tanya ke sohib-sohib di Yamaha Indonesia, iramanya seperti senada: soal informasi itu semuanya di tim Jepang tersebut. Mungkin penyesuaian itu pada cuaca, kondisi trek yang tak lagi muyus, dan tentunya dengan karakter karet hitam IRC yang jadi ban resmi Indoprix.

Belakangan, Koji mengakui dampak dari injeksi itu di Jupiter Z1 memang membawa banyak keuntungan dibandingkan yang pakai karbu. Ia jadi semacam booster yang menggebrak akselerasi, yang pada ujungnya berdampak pada speed, performa bodi sampai daya tahannya. Makanya pacuan Sudarmono cs terdengar lebih empuk dan terlihat lebih rapi. Maklum karakter Sudarmono yang jadi basis risset karakter injeksi dan karakter lain masih di lacak. “Tahun depan atau 2014, saya rasa semua akan lebih siap, tidak terburu-buru,” lanjut Koji.

Itu injeksi versi Yamaha. Versi Helmy Sungkar lain lagi. Promotor kondang ini harus menginjeksi dirinya sendiri di sela-sela kesibukan. Ya, sebanyak empat kali sehari ia memang harus menyuntikkan insulin ke dalam tubuh akibat sakit gula yang sudah lama diderita. “Gua masih mendingan lho. Ada yang sudah harus nyuntik sendiri selama 26 tahun,” katanya.

Kalau injeksi Yamaha bikin geger, injeksi yang satu ini bikin gerrrr karena jadi candaan Helmy sendiri dan kawan-kawan. Semoga cepat sembuh deh Bro! Andro

Berita Terkait

Hasil Semua Sesi IndoPrix 2013 Sentul, 16 – 17 Maret 2013

IndoPrix Sentul 2013; Race-1 IP125, Sudarmono Membuktikan Duluan Pakai Injeksi

IndoPrix Sentul 2013; Race-1 IP110, Injeksi Yang Podium

IndoPrix 2013, World Series Underbone

Indoprix 2013, Live TV Gaya MotoGP

 

 

 

BAGIKAN